Pengertian Lompat Jauh: Sejarah, Teknis Dasar dan Gayanya, Lengkap!

27 Mei 2023 10:41 WIB
Ilustrasi Pengertian Lompat Jauh: Sejarah, Teknis Dasar dan Gayanya, Lengkap!
Ilustrasi Pengertian Lompat Jauh: Sejarah, Teknis Dasar dan Gayanya, Lengkap! ( Kompas.com)

Sonora.ID – Berikut pembahasan mengenai pengertian lompat jauh, beserta sejarah, teknis dasar dan gayanya, akan dibahas secara lengkap.

Lompat jauh merupakan salah satu cabang atletik yang menggabungkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan dalam upaya untuk mendarat sejauh mungkin dari titik lepas landas.

Sebelum melakukan sebuah pelompatan biasanya atletik akan mengambil ancang-ancang sejauh 30 meter dari titil garis lompat, kemudian akan mempercepat langkah kakinya sampai dengan kecepatan maksimum.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai lompat jauh, mari simak pengertian, sejarah lompat jauh, teknis dasar dan gayanya.

Pengertian Lompat Jauh

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah istilah olahraga melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau.

Baca Juga: 9 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Ampuh Bikin Perut Rata!

Lompat jauh bertujuan untuk melompat dan mencapai jarak sejauh mungkin, yang sangat dipengaruhi oleh kecepatan lari, awalan yang dilakukan, dan kekuatan dalam menolak.

Oleh karena itu, selain mampu berlari cepat, seorang atlet lompat jauh juga harus memiliki kaki yang kuat untuk menolak.

Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

Sejarah Lompat Jauh

Sebelum membahas tentang macam-macam gaya lompat jauh, ada baiknya kita membahas tentang sejarah lompat jauh terlebih dahulu.

Sejarah lompat jauh ini sendiri diperkiarakan sudah ada sejak 13 abad yang lalu.

Olahraga yang telah ada sejak tahun 708 Masehi ini sudah ada saat Olimpiade Kuno di Yunani.

Lompat jauh sendiri bukanlah satu-satunya kejuaraan lompat yang kemudian dikutsertakan dalam Olimpiade Kuno.

Semua lomba yang diadakan pada Olimpiade Kuno ini ditujukan dimaksudkan sebagai latihan militer perang.

Kemudian, munculnya olahraga lompat jauh ini dipercaya untuk melatih ketangkasan para prajurit perang dalam menerobos rintangan yang ada, seperti jurang ataupun parit.

Pada waktu itu, para pelompat jauh diwajibkan untuk berlari dengan membawa sebuah beban. Beban yang dibawa itu diletakkan di kedua tangannya.

Adapun berat beban itu sekitar 1-4,5 kg dan semua kegiatan itu dikenal dengan sebutan halteres.

Kemudian diwajibkan berlari dengan membawa sebuah beban pada kedua tangan yang dikenal dengan sebutan halteres dengan berat 1 hingga 4,5 kg.

Olahraga lompat jauh juga pernah dilakukan oleh para pelompat dari Sparta dengan rekor lompatan sejauh 7,05 meter.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm