Pemprov DKI Jakarta dan Kemenhub Optimalkan Integrasi Transportasi Ke Bandara Soetta

29 Mei 2023 12:30 WIB
Foto: Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sarana dan prasarana perkeretaapian Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta
Foto: Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sarana dan prasarana perkeretaapian Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta ( )

Sonora.ID - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat lakukan peninjauan sarana dan prasarana (sarpras) perkeretaapian daerah lingkup Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten
 
Pada kegiatan tersebut, Pj. Gubernur bersama Menhub beserta jajarannya naik kereta api dari Stasiun KA Bandara Manggarai menuju Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta (Soetta), kemudian berakhir di Stasiun KA Bandara BNI City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (28/05/2023).
 
Keduanya membahas integrasi berbagai moda transportasi dalam memudahkan mobilitas masyarakat menuju ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya.
 
Mereka menerima masukan, misalnya dari Angkasa Pura yang memberi saran agar Transjakarta bisa beroperasi masuk ke Bandara Soekarno-Hatta pada jam tertentu untuk kemudahan para karyawan yang ada di sana.
 
 
"Kemudian, untuk mempermudah akses masyarakat yang akan menggunakan Kereta Bandara. Secara prinsip, kami tentunya dukung untuk kesuksesan ini dan harapannya masyarakat Jakarta maupun Jabotabek dapat merasakan manfaatnya," Ucap Heru.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sedang berupaya mengoptimalkan berbagai moda transportasi umum untuk memudahkan masyarakat mengaksesnya, salah satunya adalah kereta. Ia menilai, angkutan tersebut adalah salah satu angkutan massal yang dapat diandalkan publik karena tepat waktu dan praktis.
 
"Kami diskusikan berbagai upaya dalam meningkatkan kapasitas, jangkauan yang lebih luas, dan kemudahan akses mobilitas warga. Selain itu, terkait tarif diharapkan bisa relatif lebih murah atau lebih terjangkau untuk masyarakat," ujar Budi.
 
Ia berharap sinergi bersama Pemprov DKI membuat integrasi transportasi ke bandara semakin optimal. Budi mencontohkan, penumpang KA Bandara yang membawa banyak barang untuk penerbangan, sedang dikaji agar mempermudah akses check in pesawat cukup dilakukan di stasiun KA Bandara.
 
"Ini contohnya, penumpang yang harus membawa banyak barang itu sedang dibahas agar chek in itu tidak dilakukan di bandara, tetapi bisa dilakukan di stasiun KA, baik itu di stasiun KA Manggarai maupun di stasiun lain"
 
"Jika kemudahan ini sudah terlaksana, maka akan dilakukan tidak terbatas di situ. Kami juga berdiskusi agar transportasi umum yang ada di Jakarta jangkauannya semakin luas dan semakin efektif," pungkasnya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm