Arti Nilai-Nilai Pancasila Bersifat Subjektif, Ini Penjelasannya

30 Mei 2023 12:10 WIB
Arti nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif.
Arti nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif. ( Pixabay/Mufid Manjun)

Sonora.ID - Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif. Apa arti nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif?

Kaelan (2012: 182) dalam Hairul Amren Samosir (2023), dijelaskan, "Pancasila bersifat subjektif, artinya bahwa nilai-nilai Pancasila itu terletak pada pembawa dan pendukung nilai Pancasila itu sendiri yaitu, masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia terutama pada aspek moral."

Nilai-nilai Pancasila muncul dari bangsa Indonesia sendiri yang merupakan hasil dari pemikiran, penilaian, dan refleksi filosofis bangsa Indonesia.

Oleh karenanya, bangsa Indonesia dapat dianggap sebagai kausa materialis atau penyebab munculnya nilai tersebut.

Baca Juga: 20 Contoh Pengamalan Sila Ke-3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika dibandingkan atau disandingkan dengan ideologi lainnya, terlihat perbedaan antara Pancasila dan ideologi-ideologi tersebut.

Nilai-nilai Pancasila mencerminkan identitas nasional dan diyakini sebagai sumber nilai mengenai kebenaran, kebaikan, keadilan, dan kebijaksanaan dalam kehidupan berkelompok, berbangsa, dan bernegara.

DIlansir dari buku PPKn oleh Edi Rohani, Pancasila memiliki sifat subjektif yang berarti nilai-nilai tersebut bergantung pada bangsa Indonesia itu sendiri.

Hal ini dapat dijelaskan dengan tiga alasan, yakni:

  • Pertama, nilai-nilai Pancasila muncul dari bangsa Indonesia, sehingga bangsa Indonesia menjadi penyebab keberadaan nilai-nilai tersebut.
  • Kedua, nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga mencerminkan identitas nasional dan dianggap sebagai sumber nilai mengenai kebenaran, kebaikan, keadilan, dan kebijaksanaan dalam kehidupan berkelompok, berbangsa, dan bernegara.
  • Ketiga, dalam Pancasila terkandung nilai-nilai kerohanian, kebenaran, keadilan, kebaikan, kebijaksanaan, etika, estetika, dan nilai-nilai religius yang sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia karena berasal dari kepribadian bangsa.

Baca Juga: 2 Teks Doa Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa arti nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif adalah nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila tersebut bersumber dari kepribadian bangsa dan memiliki makna yang berbeda dibandingkan dengan ideologi-ideologi lainnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm