9 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan dan Strukturnya

2 Juni 2023 12:00 WIB
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan dan Strukturnya
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan dan Strukturnya ( Sonora.ID)

Sonora.ID - Berikut akan diulas beberapa contoh teks deskripsi tentang hewan dan strukturnya.

Salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan adalah teks deskripsi.

Teks deskripsi adalah suatu jenis teks yang menggambarkan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium serta merasakan apa yang digambarkan tersebut sesuai dengan gambaran penulisnya.

Ada banyak sekali jenis teks deskripsi yang bisa dibuat.

Salah satunya membuat teks deskripsi tentang hewan.

Bagaimana contohnya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Berita Lengkap dengan Pengertian dan Strukturnya

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan dan Strukturnya 

1. Hamster

Identifikasi:

Hamster adalah sejenis hewan pengerat yang terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang mini membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya. Termasuk ke dalam subfamili cri-cetinae. Subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus.

Deskripsi Bagian:

Hewan ini memiliki badan yang gemuk, dengan ekor yang lebih pendek daripada badannya dan memiliki telinga yang berbulu, kaki yang lebar, pendek dan pendek gemuk. Memiliki bulu yang tebal dan panjang, dan bulunya memiliki berbagai warna tergantung spesies hewan tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah. Bagian bawah hewan ini berwarna putih sampai abu-abu dan hitam.

Kesimpulan atau Kesan:

Hewan ini makhluk omnivora. Makanan mereka biasanya hutir padi, tetapi juga termasuk buah segar, akar, bagian hijau tumbuhan invertebrata dan beberapa binatang kecil lainnya (serangga seperti belalang). Hewan ini biasa mem- bawa makanan mereka di pipi di mana di dalamnya terdapat kantung untuk dimasukkan ke dalam lubang makanan mereka. Namun, tidak semua makanan cocok untuk ham- ster. Beberapa makanan, seperti daun beracun dari tomat. bawang putih menjadi makanan yang paling berbahaya untuk kesehatannya.

2. Kelinci

Identifikasi:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm