Kerja Bareng Forum Genre & BKKBN Kalsel, Datangi Sekolah Edukasi Gizi & Cegah Anemia

5 Juni 2023 08:45 WIB
Gerakan Pengentasan Stunting (GENTING) BKKBN Kalsel
Gerakan Pengentasan Stunting (GENTING) BKKBN Kalsel ( Smart Banjarmasin/Razie)

Banjar, Sonora.ID – SMK Negeri 1, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, dipilih menjadi lokasi sosialisasi pemahaman tentang gizi dan pencegahan anemia oleh Forum Generasi Berencana (genre) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada Rabu (31/05).

Ketua Forum Genre Kalsel, Muhammad Firdaus, menyampaikan, saat ini terdapat 12 lokus yang menjadi sasaran program Gerakan Pengentasan Stunting (GENTING), salah satunya Kalsel.

Menurut Firdaus, setiap lokus diberikan target untuk memaparkan materi dan infomasi program ini genting kepada pelajar mulai usia 15 sampai 19 tahun, dengan harapan para pelajar paham terhadap kebutuhan gizi untuk dirinya, sebagai langkah preventif pencegahan stunting.

“Harapannya remaja disini paham bagaimana caranya untuk mencegah anemia, dimulai dari diri sendiri, lalu lingkungan sekitar, sekolah dan lain sebagainya,” kata Firdaus.

Dijelaskan Firdaus, untuk Forum Genre Kalsel mendapatkan target 35.500 pelajar lebih, agar terpapar program INI GENTING tersebut.

Baca Juga: MUSDA IV Digelar, MUI Kota Banjarbaru Resmi Pilih Pengurus Baru

Selain program INI GENTING, bersama dengan BKKBN, Forum Genre, juga mensosialisasikan program Tentang Kita, yaitu program untuk memberikan pemahaman keterampilan hidup (Life Skill) dan juga pemahaman tentang kekerasan seksual, dengan harapan kasus kekerasan seksual terhadap pelajar dapat di tekan.

“Program tentang kita itu adalah sebuah modul, sebuah bahan ajar untuk di ajarkan kepada remaja di Indonesia, untuk dapat memberikan pemahaman tentang life skill atau keterampilan hidup, yang sangat berguna bagi remaja dalam menyongsong masa depan,” Kata Firdaus.

Sementara itu, Farisa dan Ayu Pratiwi, pelajar SMK Negeri 1 Sungai Tabuk menyampaikan, adanya sosialisasi tentang anemia, stunting dan gizi tersebut, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

Merekapun berharap kedepannya bisa membagikan informasi yang mereka dapatkan kepada pelajar lainnya.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah wawasan, sangat luar biasa bagus sekali dan kami berharap kedepannya bisa bagi informasi kepada yang lainnya dan kami juga bisa mempelajarinya gitu lo,” tandas mereka.

PenulisFakhrurazi
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm