Gibran Hadiri Bazaar UMKM Indonesia di Seoul

7 Juni 2023 10:30 WIB
( )

Sonora.ID - Pasca Pandemi Covid-19, Kedutaan Besar RI di Seoul Korea Selatan Kembali mengadakan bazzar. Penyelenggaraan Bazaar UMKM ini merupakan pertama kalinya dilakukan di era pasca pandemi.

Secara khusus seluruh produk kuliner yang disajikan telah dikurasi tim KBRI, setiap UMKM menyediakan aneka jenis kuliner khas Nusantara dari Bakso Solo ke Nasi Pecel. Secara berkelanjutan,

“Baik di Indonesia maupun di Korea Selatan, UMKM memainkan peran integral sebagai motor penggerak ekonomi nasional. Dalam rangka Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan, bazaar ini menjadi semakin istimewa dengan kehadiran Walikota Surakarta, mas Gibran Rakabuming Raka. Masyarakat Indonesia datang berbondong-bondong untuk bertemu Mas Wali Gibran. Antrian panjang pada setiap booth menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tidak heran ratusan pengunjung turut hadir, melebihi estimasi kami”, tandas Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia di Seoul pada Pembukaan Bazaar UMKM Indonesia di KBRI Seoul.

Dubes Sulis didampingi istri, Susi A. Sulistiyanto, beserta Gibran Rakabuming Raka, Walikota Surakarta, dan istri, Selvie Ananda, kemudian meninjau setiap gerai peserta Bazaar.

Baca Juga: Wacana Duet Prabowo-Gibran Pilpres 2024, Jokowi: yang Logis Sajalah!

Sepuluh gerai terdiri dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center, BNI Seoul dan Garuda Indonesia, Warung Mbok Mumun, Cak Gundul, Warung Indonesia Sacheon, RM Sederhana, RM Rinjani, Royal Restaurant, Ulubelu Coffee, Foreign Country Mart.

Gibran pun menyampaikan kekagumannya kepada masyarakat Indonesia di Korsel yang bekerja keras mempromosikan produk kulinernya. Dikenal sebagai penggerak UMKM, pada tahun 2022 Walikota Surakarta mempromosikan karya UMKM di Paris melalui pagelaran bertajuk Java in Paris.

Di samping masyarakat Indonesia, turut hadir masyarakat Korea Selatan yang tampak antusias menikmati sajian otentik dari berbagai provinsi di Indonesia. Di samping makanan, tersedia minuman khas dari Tanah Air seperti Jamu dan Es Cendol.

Sebelum Bazaar berakhir, dipilih gerai favorit yang menyediakan sajian yang khas yaitu Warung Mbok Mumun. Pemenang mendapatkan voucher belanja dari Shopee selaku sponsor acara.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm