16 Fungsi Air Bagi Tumbuhan: Apa Sajakah Itu?

7 Juni 2023 15:29 WIB
Peran atau fungsi air bagi tumbuhan.
Peran atau fungsi air bagi tumbuhan. ( Pixabay)

Sonora.ID - Air menjadi salah satu keperluan pokok bagi semua makhluk hidup di dunia ini. Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air.

Seperti halnya tumbuhan yang sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Kekurangan air bahkan dapat menyebabkan tumbuhan menjadi kerdil dan perkembangannya menjadi tidak normal.

Kondisi akan menjadi lebih parah jika kekurangan air pada tumbuhan terjadi secara terus menerus selama periode pertumbuhannya. Akibatnya, tumbuhan pun dapat mati.

Berikut ini pun kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa peran atau fungsi air bagi tumbuhan, dikutip dari laman Gramedia dan berbagai sumber lainnya.

Baca Juga: Kingdom Plantae Lengkap dari Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasinya

Fungsi Air Bagi Tumbuhan

  1. Air menjadi sumber energi dalam proses fotosintesis. Ada banyak energi yang kemudian digunakan pada proses fotosintesis yang menyebabkan kebutuhan tumbuhan pada air menjadi lebih tinggi.
  2. Air juga mengandung senyawa yang berfungsi dalam pembentukan protoplasma.
  3. Sebagai pelarut zat hara dalam proses masuknya mineral dari tanah ke dalam tanaman dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
  4. Sebagai senyawa yang dapat digunakan untuk mengatur mekanisme pergerakan membuka atau menutup stomata pada tumbuhan. Air juga dapat bekerja sebagai sistem hidrolik yang dapat menimbulkan turgor pada dinding sel karena memberikan tekanan pada sel tanaman.
  5. Merupakan 90-95% penyusunan tubuh tanaman.
  6. Air berfungsi untuk memperpanjang sel tumbuhan dan sebagai bahan untuk berbagai kegiatan tumbuh serta berkembangnya tumbuhan.
  7. Air berfungsi dalam membantu proses respirasi pada tumbuhan.
  8. Sebagai tempat hidup. Ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup di air, misalnya, eceng gondok, teratai, dan pandan air.
  9. Air juga berfungsi sebagai media pengangkut yang akan memindahkan hasil proses fotosintesis.
  10. Air digunakan sebagai media dalam proses berlangsungnya biokimia, karena air juga merupakan zat pelarut yang sangat baik dalam proses biokimia.
  11. Air berfungsi dalam mengatur suhu pada tumbuhan agar tetap stabil, karena memiliki panas yang tinggi dan dapat mengatur panas pada tumbuhan.
  12. Air berfungsi sebagai senyawa yang digunakan untuk proses reaksi metabolik tumbuhan.
  13. Air sebagai media kerja enzim.
  14. Air dapat bekerja sebagai reaktan yang berpengaruh terhadap berbagai reaksi pada proses metabolisme.
  15. Air juga bekerja sebagai penghasil tenaga mekanik dalam proses pembesaran serta pembelahan sel.
  16. Air akan menjaga turgiditas sel dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa setiap tumbuhan sesungguhnya memiliki kebutuhan kadar air yang berbeda-beda.

Ada tumbuhan yang memerlukan air dalam jumlah yang banyak, seperti tumbuhan air. Sementara ada juga tumbuhan yang hanya memerlukan sedikit air sehingga jika mendapatkan kandungan air yang terlalu banyak tumbuhan tersebut dapat mudah membusuk atau merusak sel dalam tumbuhan tersebut.

Oleh karenanya, tumbuhan dapat mengontrol sendiri kadar air yang diperlukan oleh dirinya sendiri agar kemudian dapat bertahan hidup.

Baca Juga: 5 Fungsi Hormon Asam Absisat pada Tumbuhan: Penghambat Pembelahan Sel

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm