Gubernur Ingin Perbankan dan BUMDes Bekerjasama Percepat Inklusi

11 Juni 2023 15:38 WIB
Kegiatan Halal Bi Halal dan Silahturahmi Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Provinsi Kalbar dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Kalbar di Ruang Keriang Bandong Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Jum'at (9/6/2023).
Kegiatan Halal Bi Halal dan Silahturahmi Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Provinsi Kalbar dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Kalbar di Ruang Keriang Bandong Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Jum'at (9/6/2023). ( Adpim Prov. Kalbar)

Pontianak, Sonora.ID - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menghadiri Halal Bi Halal dan Silahturahmi Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) Provinsi Kalbar dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Kalbar di Ruang Keriang Bandong Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Jum'at (9/6/2023).

Dalam kesempatan ini, Gubernur mengajak kepada OJK terkait kredit macet (peminjam gagal bayar) yang memakai jaminan perbankan harus diverifikasi oleh OJK terlebih dahulu.

"Ketika Appraisal menilai (jaminan pinjaman) tinggi sekali ketika eksekusi jomplang, sehingga ada ketakutan nasabah ketika gagal bayar. Khusus untuk jaminan perbankan harus ada verifikasi OJK supaya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan," saran Gubernur memulai sambutannya.

Terkait peran perbankan di level desa, Gubernur meminta agar perbankan dapat bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mempercepat inklusi dan literasi keuangan di desa.

"Saya lihat harusnya perbankan melirik BUMdes, terutama BUMdes di desa mandiri jika disuntik permodalan, BUMDes bisa memotong mata rantai dari pasok pemasaran. Contohnya jika tidak ada BUMdes harga elpiji 3 kg lebih mahal, jadi tidak akan ada penyimpangan, pengencernya BUMdes semua. Maka perekonomian masyarakat akan lebih cepat tumbuh," ujarnya.

Dirinya menambahkan kerjasama antara perbankan dan BUMDes tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian melainkan memperkecil ketimpangan kredit konsumtif dan produktif.

"BUMDes pasti kredit produktif karena digunakan untuk modal, sehingga jangan sampai rentenir itu menguasai para pelaku usaha," ucapnya menutup sambutan.

Usai memberikan sambutan, Gubernur beserta para undangan yang hadir menyaksikan pertunjukan musik demi memeriahkan silaturahmi tersebut. 

Silaturahmi ini turut dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Nur Asyura Anggini Sari selaku Ketua BPMD Kalbar, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalbar, Maulana Yasin selaku Pembina FKIJK Kalbar dan Jajaran Forkopimda Kalbar.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Malam Syukuran HUT ke-23 APEKSI di Palembang

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm