Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai, PLN Gandeng DLHK Prov. Kalbar

11 Juni 2023 15:45 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gandeng DLHK Provinsi Kalbar Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai dan Menanam Pohon.
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gandeng DLHK Provinsi Kalbar Gelar Aksi Bersih-Bersih Sungai dan Menanam Pohon. ( PLN UIP KLB)

Kubu Raya, Sonora.ID – Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dan menerapkan prinsip Enivronmental, Social and Governance (ESG), PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB) bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan aksi penanaman pohon dan bersih-bersih sungai di Kabupaten Kubu Raya.

Pelaksanaan aksi ini dilakukan di dua tempat berbeda, untuk penanaman pohon berada di Pondok Pesantren Tani Munzalan Kec. Sungai Raya, sementara untuk aksi bersih-bersih sungai dilakukan di daerah Sungai Raya Dalam.

Turut hadir didalam acara adalah Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani dan Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP KLB, John Yuddy Steven Rembet.

Pada kesempatan lain, General Manager PLN UIP KLB Muhammad Dahlan Djamaluddin menjelaskan aksi ini sebagai komitmen PLN dalam melestarikan lingkungan hidup.

“Luas area yang akan kita tanamkan adalah sebesar 1 hektare di area Pondok Pesantren Tani Munzalan. Area ini akan kita tanam sebanyak 275 pohon dengan berbagai jenis tumbuhan. Biarlah ini menjadi komitmen kita untuk terus menjunjung tinggi kelestarian lingkungan di kehidupan sehari-hari kita.” Jelasnya

Aksi penanaman pohon dan bersih-bersih sungai ini juga dimeriahkan oleh pegawai-pegawai PLN UIP KLB dan juga DLHK yang terjun langsung ikut melaksanakan kegiatan.

“Kami juga turut mengajak pegawai-pegawai kami untuk ikut andil dalam acara ini, membersihkan sungai dan menanam pohon sebagai komitmen kami semua kepada keberlangsungan lingkungan hidup,” pungkas Dahlan.

Kepala Dinas Kehuatan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Bagian Barat, Adi Yani mengungkapkan bagaimana sampah plastik menjadi masalah yang cukup besar di Indonesia.

“Di saat yang bersamaan ada anggota kami bersama dengan anggota dari PLN yang sedang melaksanakan aksi bersih-bersih di parit Sungai Raya Dalam karena berkenaan dengan Hari Lingkungan Hidup yang memiliki tema Kurangi Polusi Sampah Plastik Untuk Bumi yang Lebih Hijau. Tentunya sampah plastik ini merupakan sampah yang sulit untuk dimusnahkan dan ternyata Indonesia ini penyumbang sampah plastik terbesar nomor 3 di Dunia” ungkapnya.

“Disini kita melakukan penanaman pohon di area Ponpes Munzalan. Sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Barat, beliau meminta alangkah baiknya jika kita menanam dilokasi yang bisa dipelihara. Dengan menanam disini, seyogianya kawan-kawan di ponpes dapat menjaganya,” Lanjut Adi.

Perwakilan Pimpinan Ponpes Tani Munzalan, Ust. GUN Mahyudi memberikan apresiasinya kepada PLN dan DLHK Provinsi Kalimantan Barat atas pelaksanaan acara di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-ibu semua yang telah tergabung dan mensukseskan acara ini, khususnya juga telah memilih kawasan pondok pesantren kami sebagai lokasi penanaman pohon. Semoga kawasan ini bermanfaat untuk lingkungan dan tentunya bagi masyarakat,” katanya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Polres Kubu Raya Ungkap Kasus Yang Menonjol, Termasuk Kasus Bunuh Diri 

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm