Perbedaan Qada dan Qadar yang Harus Diketahui Setiap Umat Islam

12 Juni 2023 16:20 WIB
Perbedaan Qada dan Qadar.
Perbedaan Qada dan Qadar. ( Pixabay/Abdel Azeez Maleek)

 

Sonora.ID - Meski saling berkesinambungan, perbedaan qada dan qadar adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh setiap orang Islam.

Kita harus mengetahui hal tersebut sebab percaya pada qada dan qadar juga merupakan kewajiban Muslim yang tertera dalam rukun iman yang ke-6.

Perbedaan ini dapat dibedakan berdasarkan pengertian, bahasa, isi dan tujuan, serta contohnya.

Baca Juga: Berikut Ini 11 Dalil tentang Qada dan Qadar dan Penjelasannya 

Untuk itu, mari kita bahas bersama-sama apa perbedaan qada dan qadar.

Berdasarkan Pengertian:

Qada merujuk pada ketetapan atau keputusan Allah yang sudah dituliskan sebelum manusia diciptakan. Ini mencakup segala hal, mulai dari kehidupan, kebaikan, hingga kematian.

Sementara itu, Qadar artinya pada penentuan atau ketentuan yang pasti yang telah ditetapkan oleh Allah. Ini termasuk hal-hal yang sedang terjadi atau yang akan terjadi di masa depan.

Berdasarkan Bahasa

Secara bahasa, qada berarti ketetapan. Adapun qadar secara bahasa berarti ketentuan atau kepastian.

Berdasarkan Isi dan Tujuan

Qada merupakan catatan ketetapan yang ada dalam kitab Lauh Mahfudz sejak sebelum manusia diciptakan.

Tujuannya adalah untuk mengingatkan manusia bahwa hidup ini sementara, dan mereka harus mempersiapkan diri melalui ibadah dan mengikuti perintah Allah.

Sedangkan qadar adalah penentuan yang pasti dan telah ditetapkan oleh Allah.

Tujuannya untuk mengingatkan manusia bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini telah ditentukan oleh Allah, baik itu takdir yang tidak bisa diubah (takdir mubram) maupun takdir yang dapat diubah melalui usaha dan ikhtiar (takdir muallaq).

Baca Juga: Fungsi Beriman Kepada Qada dan Qadar dalam Ajaran Islam

Berdasarkan Contoh

Contoh qada adalah kematian dan kelahiran seseorang. Waktu kelahiran dan kematian setiap individu tidak diketahui oleh manusia, namun semua orang diharapkan untuk selalu beribadah dan mengharapkan ridha Allah.

Contoh qadar adalah kecerdasan seseorang. Keberhasilan seseorang dalam mencapai kecerdasan dapat dipengaruhi oleh usaha dan ikhtiar yang dilakukan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm