Indonesia Halal Vending Machine Pertama di Jepang Resmi Diluncurkan

14 Juni 2023 11:20 WIB
Indonesia Halal Vending Machine Pertama di Jepang Resmi Diluncurkan
Indonesia Halal Vending Machine Pertama di Jepang Resmi Diluncurkan ( Bagian Media KBRI di Tokyo)
Sonora.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina serta ASEAN Japan Centre meresmikan peluncuran Indonesia Halal Vending Machine di KBRI Tokyo pada Senin 12 Juni 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung.

Wakil Duta Besar Repulik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami dalam sambutannya menjelaskan peresmian Indonesia Halal Vending Machine di Jepang merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia  agar semakin dikenal luas di masyarakat Jepang.

“Ini merupakan vending machine pertama di Jepang yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Sejak masa pandemi, kami bersama seluruh pihak mulai merencanakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang. Kami berharap inovasi ini dapat menginspirasi diaspora Indonesia di Jepang lainnya,” ujar Wakil Duta Besar John Boestami yang didampingi Atase Perdagangan KBRI Tokyo Arief Wibisono.

“Hingga minggu lalu, kami sudah mendapatkan setidaknya 4 inquiry dari diaspora Indonesia di Jepang yang tertarik untuk memasarkan produk halal Indonesia melalui Indonesia Halal Vending Machine ini. Nantinya akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat ibadah, serta pusat perbelanjaan di seluruh Jepang,” tambahnya.

 
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menekankan pemasaran produk makanan dan minuman Halal Indonesia di Jepang melalui Indonesia Halal Vending Machine ini adalah bagian dari nation branding Indonesia sebagai pusat halal dunia di 2024.

“Pemerintah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024. Sehingga perlu dilakukan langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia. Saat ini difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi dan kosmetik. Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan langkah inovatif, kolaboratif dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” kata Didi Sumedi.

Berbagai produk kemasan makanan minuman khas Indonesia muncul dalam etalase Indonesia Halal Vending Machine. Terdapat pula masakan tradisional dalam kemasan seperti Rendang Daging, Cumi Balado, Sambal Teri, Ayam Goreng, Nasi Goreng dan Paru Balado.

Turut hadir dalam peluncuran Indonesia Halal Vending Machine ini Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan, General Manager Bank BNI Tokyo Yudhi Zufrial, CEO Regional Garuda Indonesia Tokyo Sony Syahlan, Kepala Pertamina Tokyo Fuadi Arif Nasution dan Perwakilan dari ASEAN Japan Centre di Tokyo.

Peluncuran  Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo merupakan rangkaian kegiatan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang dalam menjaga momentum hubungan baik kedua negara di berbagai sektor.

Ekspor Indonesia ke Jepang pada 2022 lalu merupakan tertinggi sepanjang sejarah dengan capaian lebih dari USD 24 miliar. Tahun 2022 lalu berdasarkan data BPS yang diolah Atase Perdagangan KBRI Tokyo, khusus ekspor makanan ringan (snack) ke Jepang, Indonesia mencatatkan nilai sebesar USD 44,17 juta. Angka ini naik cukup signifikan dibandingkan 2021 sebesar USD 34,34 juta.

Periode Triwulan pertama 2023 juga membukukan hasil positif dengan nilai sebesar USD 10,19 juta atau naik sekitar 0,71% dibandingkan periode sebelumnya.

 
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm