Gubernur Lepas Keberangkatan Pertama Calon Jemaah Haji Kalbar

14 Juni 2023 13:35 WIB
Gubernur Sutarmidji Melepas Keberangkatan Pertama Calon Jemaah Haji Kalbar ke Embarkasi Batam.
Gubernur Sutarmidji Melepas Keberangkatan Pertama Calon Jemaah Haji Kalbar ke Embarkasi Batam. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Semenjak subuh, para calon jemaah haji asal Kalimantan Barat dan para pengantar telah memadati di sekitar kawasan Hotel Orchardz Perdana pada Rabu (14/6/2023). Sejumlah panitia juga tampak sigap mengatur dan mempersiapkan keberangkatan para calon jemaah haji tersebut.

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. melepas keberangkatan calon jemaah haji menuju embarkasi Batam. Rencananya, mereka akan diberangkatkan dari Batam menuju Jeddah (Arab Saudi) keesokan harinya.

Gubernur Kalbar meminta kepada seluruh calon jemaah Haji untuk fokus beribadah mengingat tujuan awal pelaksanaan haji kloter kalimantan Barat menuju jeddah terlebih dahulu.

"Semuanya fokus pada ibadah, karena langsung ke mekkah, petugas lebih mudah. Kalau dari madinah nanti banyak jamaah yang sibuk belanja dulu. Nanti kalau mau belanja waktu pulang aja. Perbanyak ibadah di Masjidil Haram", ucap Sutarmidji sembari tersenyum saat diwawancarai.

Baca Juga: Pemprov Kalbar Mendapatkan Bantuan 2 Helikopter Patroli Karhutla

Ia juga meminta kepada para jamaah untuk taat dan patuh pada aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia pendamping haji, hal ini agar situasi kondusif dan tak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, mengingat jumlah jamaah haji dari seluruh dunia yang cukup besar.

"Harus banyak bersabar. Ikuti aturan panitia / pembimbing. Jangan lakukan hal - hal aneh, Jaga kesehatan. Jalin komunikasi yang baik satu dengan yang lainnya. Kemudian petugas haji juga harus cekatan", pesan orang nomor satu di Kalbar ini.

Terkait suhu yang cukup panas di Arab Saudi saat ini, dirinya meminta jemaah Kalbar untuk menjaga kondisi tubuh serta mengatur waktu yang tepat dalam pelaksanaan ibadah.

"Saat ini memang panas, pandai - pandai atur waktu untuk ibadah ke masjidil haram. Jangan banyak ziarah ini itu, sebelum prosesi haji selesai. Walaupun sudah biasa pergi / mendampingi umroh, ini momennya beda", tegasnya.

Kemudian di tempat yang sama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I., menyebutkan bahwa jumlah keberangkatan calon jemaah haji tahun ini sejumlah 2.568 org yang terdiri dari seluruh kab/kota yang ada kalbar. 

"Jemaah paling tua berusia 97 tahun, dan yang paling muda 18 tahun, untuk yang menggunakan kursi roda 66 orang. Keberangkatan hari ini kloter 25 sebanyak 2 flight. Total ada 8 kloter dengan Embarkasi ke batam", terangnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm