Toraja Kini Miliki Gedung Perpustakaan Baru

15 Juni 2023 12:24 WIB
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando,MM saat meresmikan Gedung Perpusda Toraja
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando,MM saat meresmikan Gedung Perpusda Toraja ( Humas Perpusnas)

Toraja Utara, Sonora.Id -Gedung berkelir biru beraksen khas Tongkonan berdiri gagah di pusat kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Bangunan setinggi tiga lantai tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lain, seperti ruang baca, ruang multimedia, ruang literasi, galeri, dan berbagai fasilitas lain.

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang yang hadir secara virtual mengaku senang atas dibangunnya gedung layanan perpustakaan di wilayahnya. Secara gamblang, Yohanis siap mendayagunakan perpustakaan untuk membantu proses belajar dan kegiatan penumbuhkembangkan kebiasaan membaca, khususnya anak-anak pelajar.

“Kehadiran gedung perpustakaan yang mewah tentu akan menambah semangat membaca masyarakat untuk lebih memajukan pembangunan sumber daya manusia di Toraja Utara,” imbuhnya pada kesempatan peresmian gedung perpustakaan yang dibarengi dengan pengukuhan Bunda Literasi dan kegiatan sosialisasi Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Toraja Utara, Kamis, (15/6/2023).

Senada dengan Bupati, Sekretaris Daerah Torut Salvius Pasang juga bangga dengan dibangunnya gedung perpustakaan atas bantuan pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022. Menurutnya, perpustakaan punya peran penting dalam pembangunan SDM. Lewat membaca, siapapun dapat berkembang pengetahuannya.

“Anak-anak pelajar nanti akan kita atur jadwal kunjungan ke perpustakaan. Kita harus mulai membiasakan sehingga akhirnya terbiasa,” ucapnya.

Wilayah Toraja sudah lama dikenal sebagai penghasil kopi yamg mendunia. Bahkan, 20 tahun lalu, produksi kopi di Toraja sanggup mencapai satu ton per hektar. Kini, hanya mampu menghasilkan 200 kilogram saja per hektar.

“Itu akibat kita kurang membaca sehingga kita tidak mengetahui dan memahami apa yang menjadi potensi wilayah sendiri,” tambah Salvius.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menegaskan pembangunan perpustakaan merupakan bukti kehadiran pemerintah dalam membantu mencerdaskan anak bangsa yang telah menjadi komitmen bersama semua pihak.

“Kita sadar, setelah ratusan tahun dijajah, dampak psikologis yang dirasakan masyarakat cukup besar. Penjajahan membentuk para kapitalis berkuasa, paham imperialisme berkembang dan menghasilkan kebodohan yang menjadi pangkal kemiskinan,” ujar Syarif Bando

Imbas dari kemiskinan, tambah Syarif, mengakibatkan efek domino ke banyak hal, seperti akses masyarakat ke pengetahuan tidak terjangkau, skill yang tidak terasah, pemodalan yang kurang, yang dan turut dipengaruhi culture budaya yang malas yang masih dominan.

“Dunia berubah sesuai arah pengetahuan yang kita miliki. Dan pengetahuan yang kita miliki sesuai tingkatan akses kepada bahan bacaan,” lanjut Syarif.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm