7 Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Amal Penting untuk Umat Muslim!

20 Juni 2023 09:50 WIB
Ilustrasi keutamaan puasa dzulhijjah
Ilustrasi keutamaan puasa dzulhijjah ( )

Sonora.ID - Puasa dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dijalankan selama 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Allah S.W.T membuat Bulan Dzulhijjah menjadi salah satu bulan istimewa sesuai dengan sabda Rasulullah S.A.W dalam HR. Bukhari Muslim, yaitu:

إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ. ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: "Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan haram (bulan mulia). Tiga berturut-turut, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan al-Muharram, lalu Rajab (yang selalu diagungkan) Bani Mudhar, yaitu antara Jumadil Akhir dan Sya'ban," (HR Bukhari Muslim).

Sebagai bulan yang mulia, sudah tentu umat muslin akan mendapatkan keutamaan puasa dzulhijjah jika turut melakukan sunnah muakkad.

Keutamaan menjalankan puasa ini pun turut menjadi amalan penting yang bisa didapatkan oleh umat muslim selama Bulan Dzulhijjah berlangsung.

Baca Juga: 11 Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Datangkan Banyak Pahala, Puasa Yuk!

Maka dari itu, simak penjelasan tentang 7 keutamaan puasa Dzulhijjah berikut ini yang bisa menggerakan hatimu untuk melaksanakan sunnah muakkad tersebut.

1. Umat muslim akan mendapatkan ampunan dari Allah S.W.T atas segala kesalahan serta dosa yang sudah dilakukan. Hal ini disebutkan dalam sabda Rasulullah S.A.W, "Barang siapa yang berpuasa di hari pertama di bulan Dzulhijjah maka Allah akan memaafkan dosa-dosanya sebagaimana yang terjadi kepada Nabi Adam,"

2. Mendapatkan keutamaan besar selama beramal dan puasa di sepuluh hari pertama selama Bulan Dzulhijjah berlangsung

3. Umat muslim yang melaksanakan puasa di hari kedua Bulan Dzulhijjah akan mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah selama satu tahun penuh sebagaimana Rasulullah S.A.W bersabda, ""Barang siapa beribadah di hari kedua bulan Dzulhijjah baginya pahala yang menyerupai ibadah satu tahun tanpa ada maksiat."

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm