Lewat Coaching Clinic, Kualitas Laporan Penanganan Stunting di Kalsel Ditarget Meningkat

23 Juni 2023 11:10 WIB
Choaching Clinic BKKBN Kalsel
Choaching Clinic BKKBN Kalsel ( Smart Banjarmasin/Razie)

Banjarmasin, Sonora.ID – Untuk meningkatkan kualitas pelaporan Tim Penyusun Laporan Percepatan Penurunan Stunting (PPS), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel menggelar Coaching Clinic pada Kamis (22/06).

Nara sumber dalam Coaching Clinic kali ini melibatkan tenaga ahli dari Bappeda dan Dinas Kesehatan Kalsel, dengan peserta dari Satgas penanganan stunting dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan menjelaskan bahwa kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 yang salah satunya menjelaskan terkait tugas Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Desa melakukan peningkatan kualitas pemantauan evaluasi dan pelaporan.

Diakui Ramlan, berdasarkan evaluasi laporan PPS tahun lalu, masih terdapat pengumpulan laporan yang melewati tenggat waktu yang telah ditentukan.

“Mengacu pada hasil evaluasi laporan PPS tahun lalu, masih ada yang mengumpulkan di bulan November, padahal kan maksimal tanggal 15 Juli,” sebut Ramlan.

Baca Juga: DILAN Goes To Campus! Banjarmasin Menuju Kota Cerdas

Di sisi lain, data yang diminta untuk kelengkapan penyusunan laporan Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) terkadang belum tersedia, ataupun terjadi perbedaan misalnya harus spesifik ke keluarga beresiko stunting dan kendala lainnya.

“Oleh karenanya, melalui kegiatan coaching clinic penyusunan Laporan Percepatan Penurunan Stunting ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas TPPS baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam penyusunan laporan PPS,” harapnya.

Ramlan juga berharap, melalui Coaching Clinic ini, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan sinergitas TPPS di tingkat provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota khususnya dalam optimalisasi penyusunan laporan capaian program percepatan penurunan stunting di Kalimantan Selatan.

“Mudahan penyusunan laporan capaian program percepatan penurunan stunting kita menjadi lebih baik lagi dengan adanya Coaching Clinic ini,” sebutnya lagi.

Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada Narasumber dan seluruh peserta pertemuan yang sudah hadir dan mendukung kegiatan ini, dengan harapan tetap semangat dan terus mengoptimalkan pelaksanaan program percepatan penurunan stunting.

“Kita sama-sama berharap penanganan stunting di Kalsel menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm