Kepala Perpusnas Resmikan Perpustakaan Nawaksara di Bali

23 Juni 2023 12:59 WIB
Kepala Perpustakaan Muhamad Syarif Bando resmikan Perpustakaan Nawaksara di Bali
Kepala Perpustakaan Muhamad Syarif Bando resmikan Perpustakaan Nawaksara di Bali ( Humas Perpusnas)

Gianyar,Sonora.Id - Perpustakaan Nawaksara. Demikian nama yang disematkan Bupati Gianyar ketika meresmikan perpustakaan umum daerah Gianyar bersama Kepala Perpustakaan Nasional, Jumat, (23/6/2023).

Nawa berarti sembilan, dan aksara artinya huruf (aksara). Nawa jika dikaitkan dengan sejarah, adalah sikap penegasan dan tanggung jawab Bung Karno di hadapan sidang MPRS atas pembangunan yang telah dilakukan.

"Perpustakaan umum Nawaksara saya yakinkan akan menjadi tonggak kemajuan pembangunan daerah," ujar Bupati Gianyar I Made Mahayastra.

Keseriusan Bupati bukan tanpa alasan disampaikan karena sedari awal perencanaan hingga proses pembangunan perpustakaan, ia mengaku terus terlibat.

"Saya serius ingin membangun sumber daya manusia Gianyar, tambah Made.

Made kembali mengisahkan ketika di masa tahun 90-an, perpustakaan yang ia datangi selalu dalam kondisi sepi dengan koleksi buku yang apa adanya. Seiring waktu, kini Gianyar tumbuh dengan perekonomian yang bagus, infrastruktur membaik.

Bupati menegaskan sektor pendidikan dan kesehatan memang sudah menjadi fokus pembangunan para pemimpin pusat dan daerah, namun jangan sampai melewatkan pembangunan SDM.

Perpustakaan Nawaksara berdiri diatas lahan seluas 883 meter persegi. Dibangun setinggi tiga lantai menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2022 senilai Rp8,3 miliar, sejumlah fasilitas mumpuni melekat didalamnya, seperti fasilitas ruang baca anak, ruang baca difabel dan lansia, alat peraga, area internet, ruang deposit, serta ruang pameran. Bahkan, Nawaksara digadang-gadang juga sebagai tempat baca lontar, naskah sejarah masyarakat Bali.

"Masyarakat harus tahu sejarah. Masyarakat harus tahu pengetahuan karena kita tidak bisa lepas dari pengetahuan," pesan Bupati.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengakui Gianyar beruntung punya pemimpin peduli dengan masyarakat. Sosok yang mau kerja kerja keras mendorong kemajuan masyarakatnya.

"Komitmen bupati telah melahirkan perpustakaan umum. Karena upaya mencerdaskan anak bangsa sesuai yang tertulis undang-undang telah menjadi tugas kolektif," imbuh Syarif Bando.

Sementara itu, pada kesempatan talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), Bunda Literasi Gianyar yang baru dikukuhkan, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani, mengatakan literasi merupakan proses pembelajaran bagi semua kalangan. Di negara-negara maju, membaca justru dijadikan budaya. Sedangkan, di Indonesia belum nampak jelas terlihat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm