Tahap Uji Coba Pencocokan Data Subsidi Tepat LPG di Sulawesi Berlanjut

27 Juni 2023 22:15 WIB
Ilustrasi pendataan subsidi tepat LPG 3Kg
Ilustrasi pendataan subsidi tepat LPG 3Kg ( Dok Pertamina)

Makassar, Sonora.ID - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melanjutkan tahapan pendataan dan pencocokan data subsidi tepat LPG di wilayah Propinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Program ini bertujuan agar penyaluran lpg subsidi 3 kilogram tepat sasaran.

Di Propinsi Gorontalo, pendataan dan pencocokan data dipusatkan di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwatu. Di Sulawesi Tengah dilakukan pencatatan dan pencocokan data di Morowali, Morowali Utara, Buol, Poso, Tolitoli, Sigi dan Tojo Una-una.

Di Sulawesi Tenggara, pencocokan data dilakukan di Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Bombana dan Kendari. Di Sulawesi Barat, dilakukan pendataan dan pencocokan data di Mamasa, Mamuju Tengah dan Majene. Khusus di Sulawesi Selatan, pendataan subsidi tepat LPG dilakukan hampir di seluruh Kabupaten/Kota.

Baca Juga: 30.014 Pangkalan LPG 3Kg Jangkau Masyarakat Pedesaan di Sulawesi

Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyampaikan, terdapat beberapa tahapan untuk menuju transformasi subsidi tepat LPG. Pertama yakni validasi data pangkalan melalui website Monitoring Agen. Kedua yaitu proses on boarding pangkalan pada website Merchant Apps MyPertamina. Ketiga adalah Tahap Implementasi yaitu pangkalan melakukan pencatatan transaksi pembelian melalui website Merchant Apps MyPertamina.

“Saat ini masuk dalam tahapan pertama dan kedua yaitu Agen mendaftarkan Pangkalan LPG 3 Kg di website Monitoring Agen dan tahap kedua paralel pangkalan proses on boarding pada website Merchant Apps MyPertamina. Selanjutnya menyusul Kab/Kota lain di wilayah Sulawesi akan kita sampaikan progressnya”, ucap Fahrougi dalam keterangannya, Selasa (27/6/2023).

Sebelumnya, pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan pada sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg tanpa perlu melalui smartphone. Pencocokan data disinergikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Jika NIK (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, konsumen bisa langsung bertransaksi pembelian LPG 3 Kg di sub penyalur atau pangkalan resmi. Namun jika belum terdata, konsumen dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali,” tambahnya.

Baca Juga: Sulawesi Selatan Mulai Terapkan Pembelian BBM Subsidi Lewat Aplikasi MyPertamina

Program ini sudah berjalan pada gelombang pertama per tanggal 1 April 2023 di Pulau Jawa, Bali dan NTB. Secara bertahap, program ini akan berjalan di wilayah kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia. “Diharapkan dengan adanya program ini, LPG subsidi 3 kg bisa disalurkan dengan lebih tepat sasaran. Kami mengimbau masyarakat yang mampu untuk menggunakan LPG nonsubsidi, seperti Bright Gas 5,5 kg dan Bright Gas 12 kg,” tutup Fahrougi

Untuk diketahui, Pertamina Patra Niaga melanjutkan program uji coba pendataan dan pencocokan data subsidi tepat LPG 3 Kg ini dilandasi oleh Keputusan Menteri ESDM No. 37. 37.K/MG.05/MEM.M/2023 tanggal 27 Februari 2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran dan Keputusan Dirjen Migas Nomor 99.K/MG.05/DJM/2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran. 

 Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm