50 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2023 Literasi dan Numerasi Disertai Jawabannya

4 Juli 2023 17:01 WIB
Contoh soal tes substantif PPG Prajabatan 2023 bagian literasi dan numerasi lengkap dengan jawabannya.
Contoh soal tes substantif PPG Prajabatan 2023 bagian literasi dan numerasi lengkap dengan jawabannya. ( PPG Kemdikbud)

Sonora.ID - Sesuai dengan jadwal yang telah diedarkan pada laman PPG Kemdikbud diketahui bahwa mulai tanggal 5 Juli 2023 hingga 11 Juli 2023 akan digelar tes substantif PPG Prajabatan tahun 2023.

Tes substantif PPG Prajabatan ini wajib diikuti oleh para peserta yang mengikuti Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023.

Tes substantif PPG Prajabatan di tahun 2023 ini diketahui terdiri atas beberapa materi seperti uji kemampuan literasi, numerasi pedagogik hingga wawancara.

Berikut ini pun secara khusus kami sajikan kumpulan contoh soal tes substantif ppg prajabatan 2023 bagian literasi dan numerasi disertai jawabannya.

Baca Juga: Contoh Soal Esai PPG Prajabatan Bagian F-G Tahun 2023 dan Jawabannya

Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2023 Bagian Literasi dan Numerasi serta Jawabannya

Literasi

Soal 1

Contoh kalimat dengan pemakaian huruf kapital yang benar adalah...

Jawaban: Pegunungan yang membentang di daratan Sumatera itu bernama Bukit Barisan

Soal 2

Contoh kalimat dengan penggunaan tanda baca yang benar adalah...

Jawaban: A. Nasution merupakan murid yang rajin.

Soal 3

Urutkanlah kalimat – kalimat berikut, kemudian susunlah menjadi paragraf yang baik!

(1) Gigitannya pun bikin gatal

(2) Bunyinya saat terbang mengganggu telinga

(3) Aku paling tidak suka pada nyamuk

(4) Binatang kecil itu sungguh menjengkelkan

Urutkanlah kalimat di atas menjadi paragraf yang padu...

Jawaban: 3 – 4 – 2 – 1

Soal 4

Berlaku curang pada saat mengikuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.

Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut...

Jawaban: Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian

Soal 15

Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah...

Jawaban: Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon dan madu

Soal 16

Ramin Tak Kunjung Pulang

Ramin nyaris menjerit, tangannya tertumbuk dahan hanyut saat buru-buru sembunyi di dalam pelukan akar, untung ia segera melihat dahan itu. Hampir ia mengira dahan itu adalah mulut buaya yang siap menelan lengannya. Teringat lagi ia pada Aco, sejak semusim lalu ia ikut Dadan karena hasil cengkehnya tak bagus, sementara tengkulaknya minta selalu dibayar. Aco tertangkap petugas saat adu mulut di warung nasi lemak lantaran ia mengumpat pada preman yang menutupi jalan.

Hari itu memang perpaduan nasib sial jatuh di hadapan Aco. Umpatannya didengar preman, adu mulut terjadi, dan petugas sedang lewat. Apes, Aco lalu dibawa petugas, digiring bagai ternak ke tengah lapangan, dipukuli dengan bengis saat mencoba kabur, ditanyai macam-macam, didenda hingga ia tak sanggup bayar, diambil hasil kerjanya satu musim, dideportasi, pulang ke rumah dengan tangan hampa, ditunggu tengkulak pula. Bah! Hilang sudah satu kebun cengkeh dirundung sial.

Gara-gara Aco juga, petugas kini memburu Ramin dan Dadan. Ternyata Dadan memang sudah dicari-cari petugas karena beberapa kali memasukkan tenaga kerja tanpa izin. Ramin memang tak berpikir panjang saat berangkat kerja dengan Dadan, yang penting ia bisa membawa pulang uang untuk menikahkan anaknya, buat pengobatan sakit gula ayahnya, dan sisanya bisa ia belikan mesin cuci yang saban hari diminta istrinya. Ramin tak mau nasib nahas Aco terjadi pada dirinya. Wajah sumringah anak gadisnya sudah terbayang girang menyambutnya dengan ransel penuh uang.

Bunyi langkah mendekat, pelan, Ramin membeku, sekuat-kuatnya menahan napas. Baginya lebih baik tak bernapas daripada tertangkap petugas-petugas berwajah garang itu. Bisik-bisik makin kencang. Ramin memutar otak. Kalau mereka melihat rumput-rumput rebah itu, atau kalau ada satu dua orang cukup jitu tebakannya, mungkin mereka bisa yakin

kalau pelarian yang mereka kejar bersembunyi di antara akar pohon.

(Karya: Lina PW, Kompas, 8 Desember 2019)

Mengapa Ramin dikejar-kejar oleh petugas?

Jawaban: Ramin menjadi tenaga kerja ilegal

Soal 7

Di masa pandemi Covid-19, semua sekolah menyelenggarakan pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring sangat mengandalkan peran teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Diantaranya yang digunakan adalah YouTube dan Google, hal ini menunjukkan bahwa TIK dapat digunakan sebagai…..

Jawaban: Media untuk kemandirian dan pembelajaran 

Soal 8

"Jadi pionir berat, karena mereka menghela sejarah ke depan." Kalimat itu berulang-ulang terngiang di telinga Yusuf, sebuah pendapat yang keluar dari mulut perempuan Tionghoa.”

Yusuf amat terkagum pada Liam Min, berani mengajukan pendapat seperti itu, padahal Yusuf yakin bahwa kaum Tionghoa tidak pernah setuju terjadinya asimilasi antara masyarakat minoritas itu terhadap masyarakat Indonesia.

Konflik yang terjadi pada penggalan novel tersebut adalah....

Jawaban: Ide

Soal 9

Contoh kalimat yang menggunakan majas ironi adalah...

Jawaban: Betapa bagusnya tulisanmu sehingga membacanya pun aku tak bias

Soal 10

Kamu pernah punya pengalaman seperti Adinda, nggak? Sewaktu dia bermain di sawah bersama teman-temannya, dia berdiri di atas pematang yang ukurannya kecil. Akibatnya, dia terpeleset dan byuur... badannya basah karena jatuh ke sawah yang saat itu sedang diairi. Wah, sepertinya seru sekali, ya, bermain di sawah. Eh, teman-teman tahu, nggak,

kenapa harus ada pematang di sawah? Simak penjelasannya ini, ya....

Ragam bahasa yang digunakan pada paragraf diatas adalah...

Jawaban: Tidak Baku

Soal 11

Di Negeri Amplop

  1. Mustofa Bisri (Gus Mus)

Di negeri amplop

Aladin menyembunyikan lampu wasiatnya, malu

samson tersipu-sipu, rambut keramatnya ditutupi topi rapi-rapi

David Copperfield dan Houdini bersembunyi rendah diri

Entah andaikata Nabi Musa bersedia datang membawa tongkatnya

Amplop-amplop di negeri amplop

mengatur dengan teratur

hal-hal yang tak teratur menjadi teratur

hal-hal yang teratur menjadi tak teratur

memutuskan putusan yang tak putus

membatalkan putusan yang sudah putus

Amplop-amplop menguasai penguasa

dan mengendalikan orang-orang biasa

Amplop-amplop membeberkan dan menyembunyikan

mencairkan dan membekukan

mengganjal dan melicinkan

orang bicara bisa bisu

Orang alim bisa napsu

Orang sakti bisa mati

Di negeri amplop

amplop-amplop mengamplopi

apa saja dan siapa saja

Setelah membaca puisi Di negeri Amplop, bagaimana suasana hati yang digambarkan oleh penulis?

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm