Masyarakat Pesisir Bantaeng Bisa Nikmati Air Minum Aman dan Layak

4 Juli 2023 18:20 WIB
Penyerahan Arsinum kepada masyarakat pesisir Bantaeng
Penyerahan Arsinum kepada masyarakat pesisir Bantaeng ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Masyarakat di Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng akhirnya bisa menikmati manfaat hadirnya PSU air siap minum (arsinum) yang dihadirkan Pemprov Sulsel.

Diketahui, sarana arsinum menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Dalam menghadirkan fasilitas tersebut, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Teknologi Arsinum dinilai menjadi solusi atas kebutuhan air siap minum untuk masyarakat. Arsinum merupakan produk inovasi yang telah teruji melalui serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, sasaran pembangunan PSU arsinun ini adalah masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah yang kesulitan mendapat air minum layak dan aman. “Alhamdulillah, masyarakat Desa Bonto Jai di Kabupaten Bantaeng telah merasakan manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat dengan hadirnya teknologi Arsinum,” ujar Andi Sudirman, belum lama ini.

Ia berharap, teknologi arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat di kepulauan maupun di pesisir. Dengan demikian, mereka dapat menikmati air minum layak dan aman.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Tambah 4 Unit Arsinum di Kabupaten Selayar Tahun Ini

Hadirnya fasilitas Arsinum disambut suka cita masyarakat setempat. Seperti diungkapkan salah seorang warga Desa Bonto Jai bernama Jabal Nur. "Kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas bantuan pengolahan arsinum di Desa kami. Semoga tetap bermanfaat untuk masyarakat di sini dan bernilai ibadah di sisi Allah,” katanya.

Senada diungkapkan oleh Ilham, “terima kasih kepada bapak Gubernur atas kontribusinya kepada desa kami, ini sangat luar biasa. Semoga bermanfaat untuk masyarakat disini,” bebernya.

Untuk diketahui, pada 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah merealisasikan 10 unit Arsinum. Sementara di tahun 2023, sebanyak 11 unit.

Empat diantaranya di Kabupaten Kepulauan Selayar yakni di Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Pulau Karumpa, Desa Karumpa Kecamatan Pasilambena, Pulau Latondu, Desa Latondu, Kec. Takabonerate, Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Baca Juga: Studi Kelayakan Kawasan Industri Bantaeng Datangkan Investasi Rp135 T

Adapun dua unit akan dibangun di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Tuppabiring Utara, dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kecamatan Tuppabiring Utara.

Arsinum lainnya akan dibangun di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kec. Pulau Sembilan, Kab. Sinjai; Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kec. Bisappu, Kab. Bantaeng; Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kel. Kalumeme, Kec. Ujungbulu, Kab. Bulukumba; Kawasan Pesisir di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros; dan Kawasan Pesisir Kel. Langnga, Kec. Mattiro Sompe, Kab. Pinrang.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm