25 Contoh Pembukaan Pidato Islami

7 Juli 2023 14:31 WIB
ilustrasi, 25 Contoh Pembukaan Pidato Islami
ilustrasi, 25 Contoh Pembukaan Pidato Islami ( Freepik)

Sonora.ID - Artikel ini akan mengulas beberapa contoh pembukaan pidato islami yang bisa dijadikan referensi.

Dalam KBBI, pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada khalayak umum.

Penyampai pidato bisa mengangkat berbagai tema dalam pidatonya, mulai dari pendidikan, sosial, hingga agama.

Pidato yang berkaitan tentang agama biasanya disampaikan dalam kegiatan ceramah, pengajian hingga khotbah dan acara keagamaan.

Sebagai referensi, berikut contohnya.

Baca Juga: Pidato: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur dan Contoh

Contoh Pembukaan Pidato Islami

  1. Contoh I

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Alhamdulillah, hari ini kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menjalani sebagian dari aktivitas kita.

    Dan masyaallah dari sekian hamba Allah yang beraktivitas hari ini, ternyata bapak/ibu, teman-teman sekalian yang terpilih oleh Allah SWT untuk bisa diringankan langkahnya, dilembutkan hatinya, hadir di sini untuk mempelajari sebagian dari tuntunan agama kita.

    Semoga yang hadir saat ini mendapatkan karunia Allah, seperti yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW sehingga keluar dari sini mendapatkan petunjuk dan kebaikan dari Allah SWT.

  2. Contoh II

    Alhamdulillahilladzi an’amana bini’matil iimaani wal islam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin. Wa’alaa alihi wasohbihi ajma ‘iina imaa.

    Sebelum menyampaikan pesan singkat pada majelis ini, saya mengucapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kepada Allah SWT dan teman-teman sekalian.

    Karena saya dapat memenuhi permintaan panitia mengenai ceramah tentang istidraj di hadapan hadirin yang dimuliakan.

  3. Contoh III

    Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syurururi anfusinaa wamin sayyiati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu.

    Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

    Sebagai umat beragama, rasanya tak ada yang lebih baik kita ucapkan dalam kesempatan ini selain puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberi nikmat sehat pada kita semua,

    Sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul pada acara CSR untuk bakti sosial di panti asuhan Al-Anwar.

  4. Contoh IV

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Segala puji hanya milik Allahu Rabbi.

    Segala zat yang Maha Ghafur, zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur.

    Nikmat iman, nikmat islam, sampai nikmat sehat wal afiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang insya allah diberkahi Allah SWT.

    Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi akhiruzzaman, seorang Nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah SWT, yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini.

    Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad SAW.

    Semoga keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunnah-sunnahnya semoga mendapatkan syafaatnya.

  5. Contoh V

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

    Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, yang telah melimpahkan rahmat-Nya pada kita, sehingga pada pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan (nama acara).

  6. Contoh VI

    Alhamdulillahilladzi an’amana bini’matil iimaani wal islam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajmain imaa.

    Sebelum menyampaikan apa yang akan saya sampaikan, tidak lupa dalam kesempatan ini lebih dahulu saya sampaikan rasa syukur yang sedalam-dalamnya, karena saya dapat memenuhi permintaan panitia untuk berbicara tentang (topik pidato) di hadapan hadirin yang terhormat ini.

  7. Contoh VII

    Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

    Sebagai umat beragama, rasanya tak ada yang lebih baik kita ucapkan dalam kesempatan ini selain puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi nikmat berupa kesehatan pada kita semua, sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul di ruang baca perpustakaan ini untuk (nama acara).

  8. Contoh VIII

    Alhamdulillahi robbil alamin hamdan yuawfi niamahu wa yukafiu mazidahu wa shollallahu wasallam ala imamil muhsinina sayyidana muhammadin sholawatu robbihi wa salamuhu alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallim tasliman kairo.

    Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, aku memuji orang-orang yang bersyukur, pujian orang yang berzikir, pujian orang yang memperoleh nikmat, pujian yang cukup untuk segala nikmat-Nya, dan cukup untuk mencukupi tambahan nikmat-Nya.

    Shalawat serta salam dipanjatkan pada pemimpin muhsinin Nabiyullah Muhammad SAW.. Semoga kedamaian dan berkah terus tercurah pada keluarga dan sahabatnya.

    Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm