Ribuan Siswa SMP Ikuti Program Duta Literasi Bahasa Inggris dari Solve Education! Foundation

11 Juli 2023 17:02 WIB
RIBUAN SISWA SMP IKUTI PROGRAM DUTA LITERASI BAHASA INGGRIS DARI SOLVE EDUCATION ! FOUNDATION
RIBUAN SISWA SMP IKUTI PROGRAM DUTA LITERASI BAHASA INGGRIS DARI SOLVE EDUCATION ! FOUNDATION ( Solve Education ! Foundation)
Bandung, Sonora.ID – Sejak Januari hingga Juni 2023, ada 4.883 murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Semarang mengikuti program Duta Literasi Bahasa Inggris yang digelar Solve Education! Foundation.
 
Dalam siaran pers yang diterkma Sonora Bandung, Selasa (11/7/2023), diinfokan bahwa Solve Education! Foundation menyediakan teknologi pendukung pembelajaran bahasa Inggris berupa aplikasi berbasis game yaitu Dawn of Civilization serta platform pemantauan belajar murid yaitu Learnalytics untuk membantu guru memantau kegiatan belajar di dalam dan di luar kelas.
 
Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., mengatakan program penghargaan atau kompetisi semacam ini, yang menitikberatkan terhadap kompetensi, harus terus dipertahankan. 
 
“Kita harus mulai berpindah dari kompetisi-kompetisi kecil yang sekali jalan, ke kompetisi-kompetisi yang menitikberatkan kompetensi dan pembinaan karakter yang mempersiapkan anak-anak kita untuk siap di era globalisasi dan tentu menjadi berdaya," kata Hevearita.
 
Sementara itu, Direktur Operasional Solve Education! Foundation, Talitha Amalia menyebutkan program ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Teknologi untuk Indonesia (Solve Education! Foundation) dan Pemerintah Kota Semarang, yang diluncurkan dengan tujuan meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di kalangan murid SMP di Kota Semarang.
 
 
“Program ini bertujuan mengembangkan kemampuan literasi Bahasa Inggris generasi muda melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, menggunakan aplikasi digital berbasis game bernama Dawn of Civilization,” sebut Talitha.
 
Melalui program ini, lanjut Talitha, murid SMP di Kota Semarang dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka melalui game interaktif yang dapat diakses kapanpun, dimanapun, baik di kelas maupun di rumah. 
 
Selain itu, program ini juga menghadirkan lokakarya Bahasa Inggris yang mengundang penutur bahasa Inggris internasional dari berbagai negara. 
 
"Murid yang berhasil meningkatkan level belajarnya diundang untuk mengikuti lokakarya bahasa Inggris untuk latihan berbicara dengan penutur bahasa Inggris Internasional secara virtual melalui Zoom," terang Talitha.
 
Menurutnya, tujuan diadakan lokakarya ini adalah agar murid dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.
 
Diketahui, ada sebanyak 11 penutur bahasa Inggris dari 6 negara seperti Singapura, Jepang, Ceko, India dan lainnya hadir sebagai mentor belajar.
 
Puncak program ini adalah pemilihan Duta Literasi Bahasa Inggris Tingkat SMP di Kota Semarang dengan sejumlah apresiasi yang diberikan Solve Education! Foundation, Lenovo Foundation, dan Work Together Foundation. 
 
Disebutkan juga, para Duta Literasi Bahasa Inggris yang terpilih ini akan menjadi representasi murid SMP di Kota Semarang dalam menyosialisasikan pentingnya literasi Bahasa Inggris kepada murid lainnya, serta berkontribusi dalam mempromosikan program belajar berkelanjutan untuk lebih banyak peserta didik di Kota Semarang.
 
Program Duta Literasi Bahasa Inggris Tingkat SMP di Kota Semarang ini diharapkan dapat memberikan pendidikan Bahasa Inggris berkualitas kepada murid di Kota Semarang, membuka potensi penuh mereka, dan membantu mereka berperan dalam memajukan Kota Semarang secara global.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Kalimat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm