WJIM 2023, Perkuat Industri Pengolahan dan Integrasi IKM

14 Juli 2023 11:15 WIB
Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwab Kamil (kedua dari kanan) bersama Deputi Kepala BI Bambang Pramono (paling kanan) usai acara WJIM di Kota Baru KBB, Kamis (13/7/2023)
Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwab Kamil (kedua dari kanan) bersama Deputi Kepala BI Bambang Pramono (paling kanan) usai acara WJIM di Kota Baru KBB, Kamis (13/7/2023) ( Sonora.ID)

Bandung, Sonora.ID - Guna mendorong hilirisasi industri pengolahan melalui penguatan local value chain di Jawa Barat (Jabar).

Bank Indonesia Jawa Barat (BI Jabar) bersinergi dengan Kamar Dadang dan Industri Indonesia (KADIN) Jabar menyelenggarakan West Java Industrial Meeting (WJIM) 2023 dengan tema "Optimalisasi Peran dan Fungsi Kawasan Industri dan IKM dalam Penguatan Local Value Chain dan Hilirisasi Industri Pengolahan di Jawa Barat", di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Event hari ini merupakan rangkaian kegiatan Road to West Java Investment Summit (WJIS) yang akan diselenggarakan pada Agustus 2023 mendatang," ucap Deputi Kepala Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono kepada media di Mason Pine, Kamis (13/7/2023).

"WJIM ini pun sejalan dengan strategi pembangunan industri menuju Indonesia Maju 2045, yang difokuskan pada industri pengolahan sumber daya alam (SDA) berbasis kawasan dan sentra industri dengan integrasi rantai pasok dan rantai nilai dari hulu ke hilir," terang Bambang.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, peran Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam urutan rantai industri pengolahan perlu untuk semakin dioptimalkan agar mampu berdaya saing dan menjadi local value chain industri nasional.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Integrasi antara industri kecil dan menengah terutama dalam menjawab kebutuhan kawasan industri masih perlu diperbaiki.

Baca Juga: TPP Bandung Belajar Best Practice Tata Kelola Pemerintah & Pengelolaan BUMD dengan Pemko Medan

Langkah itu diharapkan bisa membantu pelaku usaha yang ada di bawah bisa naik kelas.

Untuk itu, pihaknya berharap forum yang dihadiri unsur KADIN, Himpunan Kawasan Industri (HKI), dan perbankan tersebut bisa menghasilkan formulasi yang tepat, dan IKM tak ditinggalkan begitu saja.

"Kita maksimalkan sehingga industri kecil juga bisa naik kelas. Karena kawasan industri ini luar biasa sebagai mesin pertumbuhan ekonomi. Tapi saya juga mengingatkan agar industri kecil menengah atau IKM itu juga mendapatkan fasilitasi yang memadai," kata Ridwan Kamil.


Menurutnya, gelaran WJIM 2023 ini merupakan hal yang penting dalam rangka menghasilkan rekomendasi dan strategi penguatan pelaksanaan local value chain dan hilirisasi industri pengolahan di Jawa Barat.

"WJIM 2023 juga diharapkan dapat menciptakan strategi integrasi IKM dalam kawasan industri dalam bentuk penguatan regulasi serta hal-hal teknis, sebagai input kebijakan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah," kata Ridwan Kamil.

Diketahui beberapa peran pengembangan model bisnis pembiayaan sangat dibutuhkan dalam mendukung perusahaan di level IKM.

Dengan terlaksananya kegiatan WJIM 2023, diharapkan akan tercipta solusi teknis dan praktis dalam mengoptimalkan kemitraan kawasan industri dan IKM serta penguatan local value chain dan hilirisasi di Jabar guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jabar yang berkelanjutan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Tahun Ini BPJS Kesehatan Cabang Bandung Fokus Tingkatkan Perbaikan Mutu Layanan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm