Wapres Hadiri Pertemuan Tokoh Agama dan Masyarakat di Fakfak, Mereka Minta Peningkatan Kualitas Pendidikan

14 Juli 2023 16:20 WIB
Wapres Ma'ruf Amin hadiri pertemuan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Fakfak, Papua Barat, Jumat (14/07/2023)
Wapres Ma'ruf Amin hadiri pertemuan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Fakfak, Papua Barat, Jumat (14/07/2023) ( BPMI Setwapres)

Sonora.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Jum'at (14/07/2023). Pada kesempatan itu, Wapres memberikan apresiasi kepada masyarakat Fakfak atas upayanya dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. 

Hal tersebut ditunjukkan dari Kabupaten Fakfak yang dikenal memiliki toleransi umat beragama yang tinggi, serta dikenal dengan falsafah “Satu Tungku Tiga Batu”. 
 
Ketiga batu yang memiliki ukuran sama sangat kokoh, kuat, dan tahan panas, kemudian disusun membentuk lingkaran, sehingga mampu menopang kuali atau belanga yang akan digunakan untuk memasak.
 
Analogi ini dimaknai sebagai prinsip masyarakat Fakfak yang mampu menyatukan adat, agama, dan pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat. 
 
“Filosofi ‘Satu Tungku Tiga Batu’ ini saya kira sesuatu yang harus, bukan hanya dilestarikan tapi diberikan nilai-nilai yang bisa menjadi pola hidup. Bukan hanya slogan, tapi dalam bentuk tatanan kehidupan kita bermasyarakat,” ucap Wapres.
 
Ia juga mengapresiasi masyarakat Kabupaten Fakfak yang dapat menjaga kerukunan antarumat beragama dengan memegang teguh filosofi ‘Satu Tungku Tiga Batu’ 
 
“Saya gembira karena di Fakfak ini semuanya bisa hidup rukun dan saling membantu sesuai dengan falsafah ‘Satu Tungku Tiga Batu’,” ujarnya. 
 
Menurut Wapres, filosofi yang sudah sejak lama dipegang oleh masyarakat Fakfak ini menjadi kunci terwujudnya kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Fakfak yang menjadi jembatan terwujudnya kerukunan di tingkat nasional. 
 
“Kerukunan umat beragama adalah unsur utama daripada kerukunan nasional, sebab kalau umat beragama tidak rukun, ini kerukunan nasional akan terganggu,” kata Wapres mengingatkan. 
 
 
“Kerukunan ini saya kira penting ya, sebab kerukunan nasional itu tidak akan terwujud [apabila] tidak ada kerukunan antar-agama,” imbuhnya. 
 
Salah satu tokoh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Fakfak Ali Hindom meminta adanya pendidikan bagi para pemuka agama di Kabupaten Fakfak. 
 
“Kami menjaga kerukunan, di sini sangat baik komunikasi seluruh umat beragama. Kalau bisa tolong dibangun pesantren, pendeta katolik butuh sekolah. Kalau bisa ada sekolah agama untuk mendidik jadi imam, jadi pendeta,” ujar Ali. 
 
Sejalan dengan hal tersebut, Tokoh Agama Katolik Kabupaten Fakfak Diakon Didimus Temongmere juga menyebutkan pentingnya peningkatan kualitas bagi tenaga terampil di bidang agama dan menuturkan perlu adanya perhatian terhadap kesejahteraan para pemuka agama yang aktif di rumah ibadah, baik masjid dan gereja. 
 
“Kami butuh tenaga pelayanan dari seluruh agama di Fakfak. Karena tenaga terampil yang saleh dan salehah dapat membimbing dan menjaga umat beragama dengan baik. Kami butuh pembinaan-pembinaan yang dilangsungkan pihak gereja dan agama lain,” tutur Didimus. 
 
“Tokoh-tokoh agama, terutama mereka yang di masjid dan gereja yang sudah bekerja tanpa pamrih perlu diperhatikan kesejahteraannya,” tambahnya. 
 
Hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan Bupati Fakfak Untung Tamsil, beserta jajaran tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Fakfak. 
 
Sementara, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Johan Tedja Surya, serta Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional Moh. Mahdum.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Dorong Peningkatan Ekspor Pala

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm