Kenapa Lemak Begitu Penting Bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasannya

14 Juli 2023 16:41 WIB
Kenapa Lemak Begitu Penting Bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasannya
Kenapa Lemak Begitu Penting Bagi Tubuh Manusia? Ini Penjelasannya ( Freepik)

Semarang, Sonora.ID - Hai Sahabat Sonora, di antara kamu pernah gak sih merasa kalau memiliki lemak sangat berbahaya bagi tubuh?

Sebagaian dari kamu menginginkan lemak pada tubuh berkurang atau tidak ada sama sekali. Lemak sering dianggap sebagai musuh dalam upaya menjaga kesehatan tubuh.

Namun, lemak sebenarnya memiliki peran penting dalam fungsi tubuh manusia. Maka dari itu lemak sangat penting bagi tubuh kita, termasuk perannya dalam nutrisi, perlindungan organ, regulasi suhu tubuh, dan kesehatan jangka panjang.

Lemak adalah sumber energi yang penting bagi tubuh manusia. Satu gram lemak mengandung lebih banyak kalori daripada karbohidrat atau protein, yang menjadikannya penyimpanan energi yang efisien.

Lemak juga berfungsi sebagai cadangan energi yang dapat digunakan saat tubuh membutuhkannya, seperti saat puasa atau aktivitas fisik yang intens.

Selain sebagai sumber energi, lemak juga diperlukan untuk penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Lemak membantu mengangkut vitamin-vitamin ini ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya, memastikan penyerapan nutrisi yang optimal.

Lemak juga berfungsi sebagai pelindung bagi organ-organ vital dalam tubuh. Lemak subkutan, yang terdapat di bawah kulit, bertindak sebagai lapisan isolasi yang membantu menjaga suhu tubuh stabil.

Selain itu, lemak visceral, yang terdapat di sekitar organ-organ dalam tubuh, berfungsi sebagai bantalan yang melindungi organ-organ dari benturan dan cedera.

Lemak memiliki peran dalam meregulasi hormon dalam tubuh dan menjadi tempat penyimpanan hormon-hormon seks, seperti estrogen pada wanita dan testosteron pada pria.

Keseimbangan hormon yang sehat sangat penting untuk reproduksi, perkembangan seksual, dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Kemudian ada fungsi asam lemak esensial, tubuh manusia tidak dapat memproduksi beberapa jenis asam lemak esensial, yang merupakan komponen penting dari lemak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm