15 Contoh Teks Berita Bahasa Indonesia yang Pendek Untuk Tugas Sekolah

19 Juli 2023 15:21 WIB
Contoh teks berita bahasa Indonesia yang pendek untuk tugas sekolah.
Contoh teks berita bahasa Indonesia yang pendek untuk tugas sekolah. ( freepik.com)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, dijelaskan bahwa teks berita merupakan sebuah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi.

Penyampaian berita ini bisa dilakukan secara lisan seperti yang sering kita dengar dan lihat di televisi dan secara tulisan seperti di media cetak.

Sama seperti halnya dengan jenis teks lainnya, teks berita juga memiliki struktur tersendiri untuk membangun sebuah teks berita yang utuh.

Apa saja struktur teks berita itu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca Juga: 20 Contoh Teks Laporan Percobaan Sederhana yang Sesuai Struktur

Struktur Teks Berita

(1) Judul (Headline)

Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Biasanya memuat tentang kejadian yang dibahas atau disampaikan.

(2) Teras (Lead)

Bagian yang merangkum inti dari keseluruhan berita. Setiap lead ditulis untuk menarik pembaca supaya tertarik melihat lebih lanjut isi berita.

(3) Tubuh (Body)

Bagian inti atau bagian yang berisi kelanjutan isi berita yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan perististiwa, informasi yang diberitakan.

Setelah mengetahui apa saja struktur teks berita itu, di bawah ini kami sajikan kumpulan contoh teks berita bahasa Indonesia yang pendek atau singkat dan dapat Anda jadikan sebagai referensi saat mengerjakan tugas sekolah, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Teks Berita Bahasa Indonesia

Contoh 1

Sebulan Berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado

Banjir bandang yang menerjang Manado telah berlalu hampir sebulan. Namun tumpukan sampah dan lumpur masih saja terlihat di beberapa wilayah. Bahkan di beberapa ruas jalan dan lorong, air sisa banjir masih terlihat tergenang.

Seperti yang terpantau Kompas.com, Senin (10/2/2014), air setinggi 20 sentimeter terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.

Salah satu warga, Yudi yang terlihat masih berusaha membersihkan lumpur dari rumah miliknya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.

Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu. "Air di sini tidak mau surut, tetap tergenang. Kalau hujan datang, air langsung masuk di dalam rumah, karena selokan tersumbat," ujar Yudi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm