34 peserta Calon Praja IPDN Sumsel Mengikuti Tahapan Seleksi tes Psikologi

19 Juli 2023 16:50 WIB
( )

Palembang, Sonora.ID - Sebanyak 34 peserta mengiikuti tes Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN Provinsi Sumsel  mengikuti tahapan seleksi tes Psikologi.

34 peserta yang terdiri dari 24 orang peserta pria dan 10 orang peserta wanita mengikuti tes psikologi di aula SMKN 2 Palembang. Selasa 18 Juli 2023.

Puluhan calon praja IPDN ini menjalani ujian materi tes kecerdasan, kepribadian, sikap kerja, tes integritas dan kejujuran.

Pada Kegiatan tes Psikologi sistem tes/penilaian menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) atau tes seleksi yang berbasis komputer yang hasilnya bisa langsung dipantau.

Sistem penilaian bersifat kuantitaf yang artinya keputusan mengenai memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah hal yang akan disampaikan pihak IPDN melalui website Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP).

Baca Juga: Hari ke-4, IPDN-Kemendagri Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

Pelaksanaan tes dipantau Karopsi SSDM Polri Brigjen Pol. Kristiyono, S.I.K., M.Si.Kabagpsi Rosdm Polda Sumsel Kompol Suparyono, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Ketua Tim Psikologi) Kasubbagdiapers Bagdalpers Rosdm Polda Sumsel Kompol Candra Kirana Putra, S.I.K., S.H., M.Si., CPHR.PS. Kasubbagpsipol Bagpsi Rosdm Polda Sumsel Iptu Eka Marwati, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Administrator) PS. Kasubbagpsipers Bagpsi Rosdm Polda Sumsel Iptu Avy Tiasa Febrina, S.Psi.PS. Paur Subbagpsipers Bagpsi Rosdm Polda Sumsel Iptu Cely Febrida, S.Psi.Pamin 4 Subbagrenmin Rosdm Polda Sumsel Ipda Romi Afriyadi, S.Psi.

Kaurtoring Subbagdumasanwas Itwasda Polda Sumsel Iptu Selda Audina, S.Tr.K. (Pengawas Internal)Personel  Subbidprovos Bidpropam Polda Sumsel Bripka Catur Windarti (Pengawas Internal) PS. Pamin VII Subbagrenmin Bidtik Polda Sumsel Aipda Wilson Prusnab, S.Kom.(Tim Audit);

panitia CAT Psikologi seleksi penerimaan calon IPDN T.A. 2023;

dan peserta CAT Psikologi seleksi penerimaan calon IPDN T.A. 2023..

Tes ini pun dimonitoring langsung oleh perwakilan dari Rektorat IPDN bidang akademik, Penata Muda TK I Henri Ihsan Anugrah,S.STP.M.Tr.I.P.

Pelaksanaan hingga siang hari berjalan dengan lancar dan seluruh peserta menunjukkan antusiasme dan semangat untuk mengikuti test Psikologi  sistem CAT.

Untuk memudahkan peserta mengikuti tes ini maka sebelum pelaksanaan test, arahan Karo Psi SSDM Polri yang diwakilkan Kabagpsipol Ropsi SSDM Polri   bagi seluruh peserta dan panitia.

Panitia juga memastikan kesiapan sarana prasarana penunjang termasuk jaringan internet dan listrik sebagai hal utama dalam pelaksanaan tes.

"Diharapkan dari pelaksanaan pemeriksaan/tes psikologi ini bisa memperoleh calon-calon praja yang memiliki kondisi psikologis yang baik serta mampu mengembangkan potensi diri yang dimiliki secara produktif," ujar Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI melalui Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sumsel Kompol Suparyono,S.Psi,M.Psi,Psikolog  selaku penanggung jawab pelaksanaan pemeriksaan/tes psikologi ,

"Menurut Suparyono  mata ujian yang dilaksanakan tes kecerdasan 100 soal/90 menit,tes kepribadian 90 pernyataan/35 menit; sikap kerja 10 kolom/10 menit; dan tes integritas dan kejujuran 140 soal/60 menit dan hasilnya nilai Tertinggi 73 dan nilai Terendah  38 tandasnya.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda Dari IPDN

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm