48 Ribu Masyarakat Jatim Meriahkan Jalan Sehat 1 Muharram 1445 H, Gubernur Khofifah: Momentum Penguat Persaudaraan dan Persatuan

19 Juli 2023 15:43 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa dalam acara peringatan 1 Muharam 1445H
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa dalam acara peringatan 1 Muharam 1445H ( Humas Jatim)

Surabaya, Sonora.Id - Jalan Sehat 1 Muharram 1445 H bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (19/7), berlangsung semarak dan meriah.

Tak kurang sebanyak 48 ribu masyarakat dari berbagai daerah dan komunitas begitu antusias berbondong-bondong mengikuti kegiatan ini.

Sembari membawa Bendera Merah Putih di tangan, para peserta jalan sehat menyusuri rute sejauh 3,6 km. Mulai dari Menara Masjid Al Akbar - Jl. Masjid Al Akbar Utara - Jl. masjid Al Akbar Barat - Jl. Raya Wisma Pagesangan - Jl. Gayungsari Barat - Jl. Gayungsari Barat X - Jl. Menanggal VII - Jl. Gayungsari I - Jl Gayungsari Barat II - Jl. Pagesangan Baru V - Jl. Pagesangan Baru VI - Jl. Pagesangan Baru VIII - Jl. Masjid Al Akbar Timur - Pintu Utama Timur MAS.

Menariknya, sebelum memulai jalan sehat, Gubernur Khofifah mengajak para peserta menyanyikan lagu Bendera yang dipopulerkan group band Cokelat, sembari mengibarkan Bendera Merah Putih.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menyerahkan Bendera Merah Putih kepada perwakilan ormas yakni pada Ketua DPW LDII Jatim, Pembina Pramuka, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Prov. Jatim, Ketua Fatayat NU Jatim, Ketua PWNU Jatim, Wakil Sekretaris Muslimat NU Jatim, Ketua PW Muhammdiyah Jatim, Ketua Nasyiatul Aisiyah Jatim sebagai bentuk peningkatan nasionalisme dan kebangsaan.

Usai melepas bendera start, Gubernur Khofifah yang hadir bersama jajaran Forkopimda Jatim, Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, pimpinan BUMD Jatim, jajaran FORKOPIMDA , jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, turut mengikuti jalan sehat melewati rute yang disiapkan hingga finish.

Gubernur Khofifah menyebut jalan sehat dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H ini merupakan momentum menguatkan persaudaraan, persatuan dan energi positif yang dimiliki.

“Alhamdulillah Jalan sehat ini menjadi bentuk wujud syukur dan nikmat kita memasuki 1 Muharram 1445 H. Jalan sehat ini juga untuk menguatkan persaudaraan, persatuan, dan menguatkan energi positif yang kita miliki. Dalam sebuah konfigurasi kebhinekaan yang bisa memberikan referensi positif di Indonesia,” katanya.

Khofifah mengatakan, jalan sehat dengan membawa Bendera Merah Putih ini sekaligus menjadi upaya untuk memperkuat rasa cinta tanah air. Apalagi sebentar lagi memasuki Bulan Agustus, yakni bulan memperingati Kemerdekaan RI.

Ditambah, dalam jalan sehat ini sekaligus dilakukan pembagian Bendera Merah Putih sebanyak 45 ribu bendera. Dimana, hal ini selaras dengan SE Dirjen Polpum Kemendagri untuk mengantisipasi gesekan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa jelang Pemilu Serentak 2024, diimbau untuk menggiatkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih secara masif sejak tanggal 1 Juni - 31 Agustus 2023.

“Kibarkan Bendera Merah Putih setinggi-tingginya. Semoga apa yang menjadi komitmen kita pagi ini akan menjadi pembuka pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kasih sayangnya Allah dan pintu-pintu keberkahan Allah yang akan diturunkan kepada kita semua,” katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm