Perpusnas: Kualitas SDM Tergantung Pemahaman Literasi

20 Juli 2023 15:48 WIB
Dra Mariana Ginting
Dra Mariana Ginting ( Humas Perpusnas)

Dumai, Sonora.Id - Kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi (literasi) menjadi hal esensial untuk pemajuan bangsa melalui pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini disampaikan Wali Kota Dumai Paisal pada talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) bersamaan pembukaan Expo Literasi Dumai, pencanangan Gemurai (Gerakan Membaca untuk Dumai), Kamis, (20/7/2023).

Baca telah menjadi aktivitas wajib yang diperintahkan untuk dilakukan sejak zaman dahulu. Namun, pesatnya perkembangan teknologi dan digital berhasil menginterupsi kebiasaan generasi muda untuk membaca.

"Kita memerlukan kolaborasi dan inovasi yang kreatif untuk bisa memotivasi aktivitas membaca masyarakat, terutama anak-anak. Jika mereka rajin membaca pasti ilmu dan wawasannya akan bertambah,” ujarnya.

Saat ini, diakui Paisal, pihaknya tengah berupaya keras meningkatkan kegemaran membaca anak-anak pelajar dengan meluncurkan sebuah buku yang berisikan teks sederhana dan gambar yang menarik untuk dibaca seluruh anak sekolah pada tingkat SD dan SMP.

Semakin membaiknya kondisi perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19 sudah pasti disambut sukacita oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Kota Dumai.

Iklim konsumsi pun berdampak hebat akibat pandemi tersebut. Namun, semangat bangkit masyarakat melalui aktivitas UMKM dan pelaku bisnis/industri nyata ditunjukkan guna menata kembali roda perekonomian nasional.

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang digagas Perpusnas berkontribusi aktif dalam membantu memulihkan kondisi perekonomian masyarakat pasca-pandemi.

“Program TPBIS yang sudah dijalankan sejak tahun 2018 di berbagai perpustakaan umum daerah dinilai efektif dalam memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya masyarakat marjinal,” ucap Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Mariana Ginting.

Program TPBIS mendidik masyarakat yang kurang memiliki kemampuan atau keterbatasan akses digital untuk mendapatkan pengetahuan/informasi dan meningkatkan taraf hidup.

Senada dengan Deputi Perpusnas, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kota Dumai, R. Dona Fitri Illahi, mengatakan bahwa kini perpustakaan telah bertransformasi. Tidak lagi identik dengan gudang buku, melainkan menjadi pusat informasi pembelajaran berbasis inklusi sosial.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm