UMKM Binaan BI Sulawesi Selatan Tembus Pasar Dunia

23 Juli 2023 12:35 WIB
Causa Iman Karana, Kepala kantor perwakilan BI Sulsel
Causa Iman Karana, Kepala kantor perwakilan BI Sulsel ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan terus berupaya mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu menembus pasar dunia. 

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengungkap upaya yang dilakukan berupa pendampingan. Misalnya memberikan pelatihan, bantuan usaha, bantuan pemasaran dan bantuan akses keuangan.

Seperti dengan rencana menjalin kerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel. Dimana melibatkan hotel dibawah naungannya untuk menyuplai produk dari pelaku UMKM Sulsel. Mulai dari produk cemilian, kuliner dan lainnya.

“Dalam pendampingan ini kita berharap dapat menghasilkan UMKM yang unggul. Sehingga kedepannya pelaku UMKM ini dapat juga melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM lainnya yang belum unggul," katanya.

Dia menjelaskan pendampingan tersebut berhasil sukses lantaran ada produk yang menembus pasar dunia atau global. Saat ini disebutkan ada ratusan lebih UMKM binaan BI Sulsel yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota.

Baca Juga: Dukung Kemajuan UMKM, Pemko Medan Fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis

Hal ini disampaikan saar memberikan arahan pada Pelatihan Wartawan Sulawesi Selatan, di Gumaya Tower Hotel, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (21/07/2023).

"Ini tentunya karena upaya kami yang konsisten melakukan pembinaan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk mengawal produk-produk dari UMKM binaan kita dapat masuk pasar internasional atau global," jelasnya.

Causa menyebutkan negara pemasaran dari produk UMKM Binaan BI Sulsel ini yakni Timur Tengah, seperti di Kota Jedah, Arab Saudi, HongKong, Cina, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Sementara untuk produk unggulan yang berhasil dipasarkan pada jenis produk kuliner, seperti kacang tanah, kacang mete', dan gula semut.

"Selain produk kuliner juga ada wastra atau kain tradisional yang sudah tembus ke pasar Malaysia. Ini dapat masuk karena produk wastra ini cocok dengan selera masyarakat disana," lanjut CIK sapaan akrab Causa Iman Karana.

Ia mengaku, pelaku UMKM Binaan yang telah didampingi BI Sulsel hingga saat ini telah memiliki berbagai produk unggulan yang dihasilkan. Mulai dari produk pangan, wastra, kriya dan produk kerajinan lainnya.

"Kami dari Bank Indonesia secara terstruktur memang telah melakukan kegiatan pendampingan kepada pelaku UMKM dari beberapa aspek. Seperti dari sisi digitalisasinya, maupun dari sisi pasar globalnya untuk terus mendorong pengembangan UMKM yang kami telah bina ini," kata Causa Iman.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm