HAN 2023, Terobosan LPKA Kalbar Lewat CDK

25 Juli 2023 07:55 WIB
Press Conference Kegiatan Perkemahan Anak Binaan dan Keluarga
Press Conference Kegiatan Perkemahan Anak Binaan dan Keluarga ( William)

Pontianak, Sonora.ID - Tahun ini Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini sangat berbeda. Karena sejumlah anak yang berasal dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Kalimantan Barat mendapat hak Cuti Dikunjungi Keluarga (CDK) dalam kegiatan Perkemahan Anak Binaan dan Keluarga "Stars Of Tomorrow Camp, Community - Based Juvenile Care" di LPKA Kelas II Sungai Raya bersama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Pemerintah Provinsi Kalbar dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dalam rangka Peringatan dan Pemberian Remisi HAN 2023. 

"Anak berada di LPKA ini dilindungi hak - haknya dan mereka harus dilindungi dan diperlakukan sebagai mana anak - anak lain di luar LPKA. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian peringatan HAN tahun 2023 yang puncaknya dilaksanakan pada Minggu (23 Juli 2023), " ujar Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Pujo Harinto. 

Selain mempertemukan Anak dan orang tuanya, berbagai aktivitas juga dilaksanakan seperti untuk memperkuat hubungan Anak dan sosialnya seperti "Tumpuhan Salok" (temu kangen), memasak makanan kesuakaan Anak, class meeting dan diakusi Anak/orang tua, ramah tamah, siraman rohani, hingga tausiyah dan sungkeman.

"Dalam kegiatan ini, keluarga Anak dihadirkan dan dipertwmukan. Anak diajak untuk belajar, berekreasi dan berasimilasi dengan keluarga dalam kegiatan perkemahan di alam terbuka dengan harapan mereka menjadi insan penerus bangsa yang lebih baik, " tambah Pujo. 

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat, Pria Wibawa menerangkan sebelumnya terdapat hak Cuti Mengunjungi Keluarga dimana Anak dibolehkan keluar LPKA dan mengunjungi keluarganya.

Baca Juga: 60 Ucapan Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang Sesuai Tema

Namun sekarang juga terdapat Cuti Dikunjungi Keluarga. Untuk CDK ini orang tua Binaan akan datang ke LPKA dan diperbolehkan menginap.

"Ini merupakan wujud upaya Pemasyarakatan untuk memenuhi Hak Anak yang tentu sangat bagus untuk tumbuh kembang Anak Binaan, " kata Pria. 

Ketua Pengurus PKBI Nasional, Ichsan Malik, mennambahkan bahwa PKBI telah sejak lama mendukung pemenuhan hak Anak di LPKA.

"Melalui program INKLUSI, PKBI telah bekerjasama dengan 12 LPKA di Indonesia. Kami percaya bahwa Anak yang berada di LPKA tetap berhak atas tumbuh kembang yang optimal dengan memastikan mereka mendapat akses pendidikan serta pola asuh bersama yang positif dan bertanggungjawab, " ucap Ichsan. 

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm