40 Contoh Variabel Bebas dan Terikat dalam Berbagai Macam Penelitian

26 Juli 2023 10:00 WIB
Contoh variabel bebas dan terikat.
Contoh variabel bebas dan terikat. ( Pixabay/StockSnap)

Sonora.ID - Dalam sebuah penelitian yang dimaksud dengan variabel merupakan objek atau konsep yang akan diteliti yang bentuknya bisa abstrak maupun real. 

Mengenai pengertian variabel ini S. Margono menjelaskannya secara lebih jelas. Menurut S. Margono variabel adalah sebuah konsep yang memiliki variasi nilai. 

Artinya, variabel ini sudah pasti memiliki sifat yang beragam dan merujuk pada karakteristik yang berbeda antara satu variabel dengan yang lainnya.

Misalnya, penelitian dengan judul Dampak Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa/i SMA Negeri 1 Bandung

Dalam penelitian ini, variabelnya adalah Ekstrakurikuler dan Prestasi Belajar Siswa. Jenis-jenis ekstrakurikuler dan prestasi belajar siswa pasti akan bervariasi antarsiswa.

Baca Juga: 12 Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif yang Wajib Dicatat

Jenis Variabel

Berdasarkan posisinya variabel dibedakan menjadi tiga macam, yakni variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

(a) Variabel bebas (independent variable): variabel yang dapat memengaruhi perubahan pada variabel lainnya. Dengan kata lain, jika terjadi perubahan pada suatu variabel, perubahan tersebut disebabkan oleh variabel bebas ini.

(b) Variabel terikat (dependent variable): variabel yang bisa dipengaruhi oleh variabel yang lainnya. Oleh karena itu, keberadaannya dianggap sebagai akibat dari kehadiran variabel bebas.

(c) Variabel kontrol: variabel yang bisa peneliti kendalikan dengan tujuan supaya pengaruh variabel bebas pada variabel terikat tidak diganggu oleh faktor-faktor lain yang tidak peneliti teliti.

Berikut ini secara khusus kami sajikan paparan mengenai contoh variabel bebas dan terikat terlebih dahulu, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Variabel Bebas dan Terikat

Contoh 1

Penelitian Dampak Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa/i SMA Negeri 1 Bandung.

  • Variabel bebas: ekstrakurikuler
  • Variabel terikat: prestasi belajar siswa

Contoh 2

Penelitian mengenai Efektivitas Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Visual dan Audio Kepada Klien Terhadap Pengetahuan Pengobatan yang Diberikan.

  • Variabel bebas: metode visual dan audio
  • Variabel terikat: pengetahuan pengobatan

Contoh 3

Penelitian Pengaruh Intensitas Cahaya terhadap Pertumbuhan Tanaman.

  • Variabel bebas: cahaya
  • Variabel terikat: pertumbuhan tanaman

Contoh 4

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm