Perpusnas: Butuh Sinergi Dengan Lembaga Lain Wujudkan Budaya Literasi.

2 Agustus 2023 16:28 WIB
Dra Ofy Sofianty Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Dra Ofy Sofianty Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( Dok Perpusnas)

Kendari, Sonora.Id-Perpustakaan di Indonesia, termasuk perpustakaan di Sulawesi Tenggara memiliki kewajiban untuk memfasilitasi berbagai kewajiban yang bisa meningkatkan softskill dan hardskill masyarakat sehingga secara mandiri mampu meningkatkan kesejahteraannya. Oleh karena itu, perpustakaan perlu bermitra dengan pemerintah, filantropi, pengusaha, pakar, dan akademisi, agar tercipta budaya literasi yang ideal.

Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI (Sestama) Ofy Sofiana mengaku bangga atas dibangunnya perpustakaan modern dan bertaraf internasional di Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mendukung visi pemerintah setempat, yakni Sulawesi Tenggara Cerdas.

Design pengelolaan perpustakaan bukan hanya menjadi ruang menyimpan dan meminjam buku saja, tetapi banyak space yang akan menjadi wadah diskusi, berkegiatan masyarakat, pengembangan keilmuan serta wisata edukasi.

“Apa yang sudah dilakukan Provinsi Sulawesi Tenggara sungguh luar biasa. Semuanya murni dibiayai oleh APBD. Ini bentuk komitmen hebat dari pemerintah daerah. Perpustakaan yang timbul dari keinginan masyarakat akan menjadikan kegiatan perpustakaan akan ramai dan bermanfaat,” ucap Sestama Ofy pada talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) yang dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan dan penandatanganan MoU di Kendari, Rabu, (2/8/2023).

Kompas teknologi dan peradaban menuntut perpustakaan harus bertransformasi menyesuaikan. Paradigma baru perpustakaan pun mengarahkan sumber daya dan upaya perpustakaan dengan proporsi lebih besar melakukan transfer pengetahuan (transfer knowledge). Hanya sebagian kecil porsi untuk manajemen koleksi.

“Manusia selalu berubah, tidak ada yang pasif. Pun demikian dengan perpustakaan. Inilah yang kami sebut perpustakaan menjangkau masyarakat,” tambah Ofy.

Asisten III Provinsi Sulawesi Tenggara, Sukanto, menambahkan keberadaan dan peran perpustakaan dalam masyarakat sangat strategis karena disitulah penyebaran pengetahuan dan ikhtiar meningkatkan literasi dilakukan. Perpustakaan menjadi tempat belajar mandiri dalam mendukung tumbuhnya keterampilan masyarakat sehingga mampu berkontribusi pada pembangunan ekomoni daerah.

“Perpustakaan adalah pusat pengetahuan dan inovasi. Di mana manfaat investasi ini baru akan dirasakan dalam jangka panjang bagi masyarakat,” terang Sukanto.

Sinergi mengukuhkan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat masuk ke dalam bagian program Sultra cerdas. Kami berharap literasi masyarakat menuju Sultra Cerdas mendorong penyelesaian pekerjaan rumah pemprov Sultra dalam mengejar ketertinggalan dalam literasi.

Ini bukan kerja parsial. Di butuhkan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas, tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh mengungkapkan dukungan legislatif pada peningkatan literasi masyarakat diwujudkan dengan penyusunan Perda penyelenggaraan budaya literasi. Menurutnya, Sultra mempunyai sumber daya alam laut yang begitu banyak, namun mengapa di daerah pesisir masih ditemukan masyarakat yang kurang tingkat literasinya?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm