Bacaan Doa Iftitah dan Artinya Saat Sholat

4 Agustus 2023 16:25 WIB
Ilustrasi bacaan doa iftitah saat sholat.
Ilustrasi bacaan doa iftitah saat sholat. ( )

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai berbagai bacaan doa iftitah saat sholat yang bisa dibaca oleh umat Muslim.

Doa iftitah merupakan doa pembuka yang dibaca pada awal sholat sebelum membaca Surat Al-Fatihah.

Doa ini memiliki makna dan keutamaan tersendiri bagi umat Muslim. Saat melaksanakan ibadah sholat, doa iftitah menjadi momen berharga untuk menghadap Allah dengan penuh kesadaran dan kerendahan hati.

Bukan hanya sekadar rangkaian kata, doa iftitah juga menggambarkan ungkapan permohonan dan penyerahan diri kepada Allah sebagai bentuk pengakuan bahwa segala kekuatan dan keberhasilan hanya berasal dari-Nya.

Dalam doa ini, umat Muslim mengungkapkan rasa syukur, memohon ampunan, dan meminta petunjuk agar sholat yang akan dilaksanakan menjadi ibadah yang diterima.

Adapun dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih jauh soal bacaan doa iftitah sebagai doa pembuka dalam setiap sholat, berikut artinya dalam bahasa Indonesia.

Lewat artikel ini, pembaca Muslim diharap dapat semakin meningkatkan kualitas ibadah sholat dan mendekatkan diri kepada Allah. Selamat membaca!

Maka, untuk tahu lebih jauh, simak paparan mengenai bacaan doa iftitah dan artinya sebagaimana yang Sonora kutip dari Bola.com berikut ini.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Awal Tahun Baru Islam

Bacaan Doa Iftitah dan Artinya

1. Bacaan doa iftitah pendek yang pertama berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa'adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod.

Artinya:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm