Wujudkan Medan Terang, Pemko Medan Hadirkan APK & Smart Roadway Monitoring System Melalui KPBU

4 Agustus 2023 20:25 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (APK) Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan di Balai Kota Medan, Jum'at (4/8) petang.
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (APK) Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan di Balai Kota Medan, Jum'at (4/8) petang. ( Pemko Medan)


Medan, Sonora.ID - Penerangan jalan umum menjadi fasilitas yang harus diberikan dan dihadirkan kepada masyarakat serta bisa dirasakan secara luas.

Oleh karenanya, di samping dilakukan secara internal, menghadirkan penerangan jalan guna mewujudkan Medan Terang juga dilakukan dengan membangun kolaborasi bersama stakeholder terkait lainnya melalui sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (APK) Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan di Balai Kota Medan, Jum'at (4/8) petang.

Baca Juga: Terima PSU dari 10 Perumahan, Bobby Nasution: KKOP Ditarik, Dibolehkan Bangun Gedung di Atas 50 Meter

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan berita acara Konsultasi Publik dan Market Sounding yang dilakukan Bobby Nasution didampingi Kepala Bappeda Kota Medan sekaligus Ketua Tim KPBU APJ Kota Medan Benny Iskandar beserta unsur terkait di antaranya KADIN Kota Medan, anggota Asosiasi Listrik dan Mekanikal Indonesia, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdako Medan serta akademisi.

Bobby Nasution mengatakan,  keterbatasan anggaran menjadi salah satu alasan sehingga dirasa perlu untuk melakukan sejumlah hal dan kolaborasi dalam menghadirkan APJ, termasuk melalui sistem KPBU. Terkait itu, Bobby Nasution berharap agar semua hal terkait dapat berjalan lancar.

"KPBU ini menjadi yang pertama di Kota Medan. Kami tentu berharap semuanya dapat berjalan lancar dalam pelaksanaanya dan bermanfaat bagi masyarakat. Adapun yang harus kita junjung dalam pelaksanaannya adalah transparansi dan niat percepatan di dalam kegiatannya, " kata Bobby Nasution.

Menantu Presiden RI Joko Widodo ini selanjutnya menuturkan,  saat ini baru ada 90 ribu-an penerangan jalan di Kota Medan. Sementara, dibutuhkan sekitar 124.000 penerangan jalan untuk menerangi seluruh wilayah ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Dukung Aktifkan Kembali DKM, Bobby Nasution Minta Perwal No. 10 Tahun 2014 Direvisi

"Artinya, baru sekitar 70 persen jumlah penerangan jalan yang ada dari yang kita butuhkan. Termasuk, kita butuh kehadiran lebih lampu LED yang saat ini persentasenya masih berada di angka 15 persen, " imbuhnya di hadapan sejumlah pimpinan perangkat daerah yang hadir.

Dalam Konsultasi Publik dan Market Sounding yang juga diikuti perwakilan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen-PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI beserta Tim KPBU melalui sambungan zoom meeting tersebut, Bobby Nasution mengucapkan Terima kasih atas atensi Pemerintah Pusat kepada Pemko Medan.

Bobby Nasution berharap KPBU ini tidak hanya berhenti di penerangan jalan saja, namun bisa juga merambah ke sektor kesehatan yang masuk dalam salah satu program prioritas Pemko Medan, termasuk mendukung upaya duckting di Kota Medan dan program-program lainnya. (R.a/snr-rls)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm