Jurnalis Perempuan Meriahkan Istana Berkebaya 2023

8 Agustus 2023 19:46 WIB
Pemerintah pusat dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Istana Berkebaya di Istana Merdeka Jakarta pada hari Minggu (06/08/2023).
Pemerintah pusat dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Istana Berkebaya di Istana Merdeka Jakarta pada hari Minggu (06/08/2023). ( )

Sonora.id - Ada yang sedikit berbeda pada rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun ini.

Bila tahun-tahun sebelumnya tidak ada acara pagelaran busana kebaya di istana, maka tahun ini Pemerintah pusat dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Istana Berkebaya di Istana Merdeka Jakarta pada hari Minggu (06/08/2023).

Istana Berkebaya ini melibatkan Ibu Negara, Ibu Wapres, Ibu-ibu OASE-KIM, para menteri dan wakil menteri perempuan termasuk juga para duta besar perempuan dan istri duta besar serta para jurnalis/pemred perempuan media nasional.

Dalam sambutannya setelah membuka secara resmi, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Istana Berkebaya ini digelar dengan tujuan untuk mengenalkan kembali kebaya, agar kita kembali kepada karakter dan kepribadian Indonesia.

“Sekali lagi karena kebaya adalah karakter masyarakat Indonesia khususnya wanita Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja," kata Jokowi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dalam peragaan busana ini turut berjalan di catwalk sepanjang 200 meter, antara lain, para menteri perempuan Kabinet Indonesia Maju, istri para menteri Kabinet Indonesia maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), hingga istri para duta besar.

Tak ketinggalan, para Jurnalis dan Pemred perempuan dari media nasional juga ikut memeriahkan Istana Berkebaya 2023 ini. Mereka yang biasanya berkutat dengan pemberitaan, sekarang harus berjalan layaknya peragawati di panggung.

Terlihat beberapa Jurnalis perempuan seperti Ninuk Pambudy, Najwa Shihab, Desi Anwar, Kania Sutisnawinata, Rosiana Silalahi, Uni Z Lubis dan Viliny Lesmana Jurnalis Radio Sonora berjalan di atas panggung cat walk dan langsung diberi tepuk tangan oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jurnalis perempuan media nasional ini mengenakan kebaya encim betawi yang berwarna warni meriah. Penampilan jurnalis perempuan ini diapresiasi oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tak berhenti bertepuk tangan dan memberikan standing applause ketika para jurnalis perempuan ini melintas di panggung catwalk dengan diiringi alunan suara artis ibukota Bintang Citra Lestari atau BCL.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara terlihat memakai baju koko sadariah berwarna hitam dilengkapi dengan peci hitam dan sarung hijau yang terbalut di leher. Sedangkan, Ibu Negara terlihat memakai kebaya encim berwarna merah dan kain Betawi dengan warna senada.
Layaknya acara Betawi umumnya, gelaran Istana Kebaya juga dimulai dengan pantun yang disampaikan oleh Ibu Iriana Jokowi.

“Sebelum acara dimulai, izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga menur, bunga raflesia. Mekar sekuntum, merah merona. Citra luhur wanita Indonesia. Pribadi anggun dengan kebaya,” kata Ibu Iriana yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

Kegiatan ini akan disaksikan oleh 30.339 tamu undangan dan masyarakat umum, sehingga sejumlah rute jalan dialihkan saat kegiatan berlangsung.

Penulis: Viliny Lesmana

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm