20 Contoh Kata Pengantar Makalah, Lengkap dengan Cara Membuatnya

9 Agustus 2023 13:20 WIB
Ilustrasi contoh kata pengantar makalah
Ilustrasi contoh kata pengantar makalah ( unsplash.com)

Sonora.ID - Berikut adalah 20 contoh kata pengantar makalah yang sudah dilengkapi dengan cara membuatnya.

Kata pengantar adalah salah satu bagian pendahuluan yang wajib dituliskan dalam laporan karya ilmiah atau makalah.

Ada beberapa contoh kata pengantar makalah yang dapat kamu jadikan sebaga referensi dalam menuliskannya di makalah yang sudah dibuat.

Sebelum mengetahui contoh dari kata pengantar, kamu bisa menyimak cara membuatnya berikut ini, yaitu:

  1. Dituliskan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kata pengantar menjelaskan tujuan dari suatu karya tulis tertentu, seperti makalah, skripsi, proposal, karya ilmiah, dan masih banyak lagi
  3. Menjelaskan adanya bantuan atau arahan yang diperoleh dari suatu pihak
  4. Menjelaskan pelaksanaan terkait penulisan karya tulis
  5. Memberikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang sudah memberikan bantuan serta peran dalam penyelesaian karya tulis
  6. Menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun, nama lengkap, dan tanda tangan penulis secara jelas
  7. Kata pengantar berisikan harapan untuk pengembangan karya tulis
  8. Menampilkan manfaat dari karya tulis yang dibuat dan memberikan ruang bagi pembaca untuk memberikan kritik serta saran

Apabila kamu sudah memahami cara membuat kata ini, kamu dapat menyimak 20 contoh kata pengantar makalah berikut yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

1. Kata Pengantar Makalah I

Baca Juga: Mengenal Pengertian Teks Prosedur: Struktur, Jenis, Ciri, dan Contoh

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum biologi ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai "Kandungan Listrik pada Buah Jeruk"'.

Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Nurul, M.Sc selaku dosen mata kuliah Biologi Murni, Bapak Juna, M.Sc selaku kepala lab Biologi Murni dan Kak Harith selaku asisten lab. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan pikirannya yang telah diberikan.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna.

Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Surabaya, September 2022

Penyusun

2. Kata Pengantar Makalah II

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul "Teknik Komunikasi Manusia Prasejarah" dengan tepat waktu.

Makalah disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Sejarah. Selain itu, makalah ini bertujuan menambah wawasan tentang manusia prasejarah bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nina selaku guru Mata Pelajaran Sejarah. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu diselesaikannya makalah ini.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Surabaya, 6 Maret 2021

Penulis

3. Kata Pengantar Makalah III

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah saya haturkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas karunia dan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun akhirnya dapat menyelesaikan modul yang dibuat ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatihan dalam rangka sertifikasi guru profesional mata pelajaran Biologi. Sesuai dengan segmentasi peserta, modul ini disusun dengan kualifikasi yang tidak diragukan.

Teknik pembukaan yang diangkat secara terpadu dilakukan tanpa adanya pemilihan jenjang pendidikan. Langkah ini diambil dengan harapan dapat meminimalisasi adanya pengulangan topik dari sesuai jenjang pendidikan.

Pembahasan modul ini dimulai dengan memberi penjelasan terkait tujuan yang akan dicapai, sementara kelebihan yang dimiliki oleh modul ini dapat dilihat dalam keterpaduan dengan ilmu pengetahuan alam.

Pembahasan yang disampaikan juga disertai bentuk soal yang beragam, tujuannya untuk mengukur tingkat yang dicapai dan kesuksesan dalam menjawab.

Penyusun menyadari jika pembuatan modul ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran sangat terbuka untuk diterima dengan sifat yang membangun. Diharapkan semoga modul ini bisa memberi manfaat dengan baik.

Jakarta, September 2022

Penulis

4. Kata Pengantar Makalah IV

Puji syukur diucapkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, 20 Februari 2021

Penyusun

5. Kata Pengantar Makalah V

KATA PENGANTAR

Rasa syukur senantiasa kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman serta kesehatan, sehingga penulis diberi waktu dalam menyelesaikan karya tulis dengan judul "Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja".

Tidak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini penulis sampaikan kepada:

  1. Bapak Drs. Achmad Zuliani M.B.A., Ph.D. selaku dosen yang mempercayakan penulisan topik karya tulis tersebut.
  2. Bapak Suriyatno Handoko B.Eng selaku narasumber pada karya tulis tersebut.
  3. Tidak lupa, kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doa yang tidak henti-hentinya kepada penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini.
  4. Rekan kerja yang membantu terlaksananya penelitian dari karya tulis ini.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan juga masih banyak kesalahan yang penulis yakini ada di luar batas kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima kritik serta saran dari para pembaca.

Jakarta, 8 Agustus 2017

Penulis

6. Kata Pengantar Makalah VI

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul ‘’…….’’.

Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Rangga, M.E., selaku kepala sekolah SMA 1 yang telah memberikan bimbingan, saran, ide dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk menunjang pembuatan makalah.
  2. Ibu Kina, M.E., selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Sarah, M.E., selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Tangerang, 29 Maret 2023

Penulis

7. Kata Pengantar Makalah VII

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan YME atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul 'Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca'.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Aidin Arham yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Efek Rumah Kaca' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Fenomena ini merupakan sebuah fenomena yang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia karena dampaknya yang luar biasa.

Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Jakarta, 4 Maret 2022

Penulis

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm