Perpusnas Minta Tingkatkan Pustakawan DiEra Digital

9 Agustus 2023 21:57 WIB
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando,MM
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando,MM ( Istimewa)

Malang, Sonora.Id - Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-14 yang digelar pada 9-11 Agustus 2023 secara resmi dibuka Rektor Universitas Brawijaya (UB), Widodo di Hotel Atria Malang, Rabu (9/8/2023). Tema yang diangkat pada KPDI ke-14 ialah Menggalang Masa Depan melalui Preservasi Digital Pengetahuan Lokal Indonesia (Budaya, Pengetahuan, dan Pembelajaran).

Rektor UB dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menyelenggarakan kegiatan yang sangat bagus ini. Karena ada banyak tantangan yang pasti dihadapi oleh perpustakaan ke depan dengan masuknya era digital, salah satunya ialah maraknya informasi yang beredar secara digital.

Widodo juga menyampaikan bahwa sejatinya ada 4 (empat) kemampuan yang wajib dimiliki oleh pustakawan maupun pengelola perpustakaan di era digital yakni kemampuan mengakurasi data digital, menganilisis data penting, mengkonservasi, dan mempreservasi data.

“Di era digital ini banyak sekali konten yang masuk, sehingga pustakawan harus mampu melakukan akurasi konten dan analisis data yang masuk karena kalau tidak, konten hoaks dan tidak valid dapat tersebar di masyarakat. Konservasi dan preservasi data dahulu berbentuk kertas, tapi sekarang bentuknya digital dan rentan terkena virus atau malware yang bisa dalam sekejap menghilangkan semuanya,” jelasnya.

Sejalan dengan hal ini, Widodo menekankan saat ini pihaknya konsisten membangun UB sebagai kampus digital. Satu yang telah berjalan yakni berkolaborasi dengan pemerintah Jepang melalui Arterial Research and Educational Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC) dalam hal bantuan jaringan internet berkecepatan tinggi hingga 100 gygabyte per second (Gbps).

“Jaringan tersebut memungkinan pertukaran data yang semakin cepat dengan lembaga riset dan pendidikan lain di luar negeri. Selain itu informasi digital pun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan lancar tanpa delay karena akses internetnya sangat cepat,” ucapnya.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando menanggapi bahwa kolaborasi yang telah terjalin antara UB dan ARENA-PAC harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Kolaborasi tersebut mampu membuat sivitas akademik mengakses seluruh bahan bacaan dan jurnal dari seluruh dunia.

“Pustakawan adalah pembaca dan pengumpul pengetahuan di seluruh dunia dan sudah menjadi tugas pustakawan untuk mengumpulkan dan mengemas seluruh pengetahuan tersebut. Pustakawan itu profesi tertinggi karena seluruh profesi lain membutuhkan mereka,” ungkapnya.

Syarif Bando menilai pustakawan harus mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang pengetahuan terbaru dan yang akan datang. Di era digital saat ini, jumlah informasi elektronik menurutnya masih sangat terbatas. Sehingga dibutuhkan pustakawan yang memiliki kemampuan untuk mengemas ulang informasi.

“Buku-buku terkait potensi lokal Indonesia dan ilmu terapan harus dapat dikenalkan kepada masyarakat dalam bentuk lain. Hal ini karena mereka yang lebih mudah menyerap informasi dalam tampilan visual, membutuhkan konten kreator dan pustakawan diharap mampu menerima tantangan tersebut,” pungkasnya.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Perpusnas, didampingi Rektor UB, Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana, Ketua Forum Perpustakaan Digital Indonesia, Jonner Hasugian, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang, Yayuk Hermiati.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm