BKKBN Selenggarakan FGD di RS Bhayangkara Manado untuk Pelayanan KB

10 Agustus 2023 16:05 WIB
BKKBN Pusat menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Rumah Sakit Unggulan Pelayanan KB yaitu Rumah Sakit Bhayangkara yang di fasilitasi oleh Perwakilan BKKBN Prov. Sulut bekerjasama dengan Dinas PPKB Kota Manado pada Kamis (10/8/2023).
BKKBN Pusat menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Rumah Sakit Unggulan Pelayanan KB yaitu Rumah Sakit Bhayangkara yang di fasilitasi oleh Perwakilan BKKBN Prov. Sulut bekerjasama dengan Dinas PPKB Kota Manado pada Kamis (10/8/2023). ( )

Manado, Sonora.ID - Dalam rangka peningkatan peran Rumah Sakit terhadap Pelayanan KB melalui Pelayanan KB di Rumah Sakit (PKBRS) dengan memperhatikan akses dan kualitas Pelayanan KB, BKKBN Pusat menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Rumah Sakit Unggulan Pelayanan KB yaitu Rumah Sakit Bhayangkara yang di fasilitasi oleh Perwakilan BKKBN Prov. Sulut bekerjasama dengan Dinas PPKB Kota Manado pada Kamis (10/8/2023).

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN RI Dr. Eni Gustina, MPH, wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara dr. Sri Marioni Sandag, M.Kes Direktur Bina Akses Pelayanan KB BKKBN RI H. Zamhir Setiawan, M.Epid, UNFPA Mr, Shandeep Tarman, Kadis PPKB Kota Manado Drs. Sammy Kaawoan, MAP, mewakili Kadis Kesehatan Kota Manado diwakili Ketua IBI Kota Manado Master Takalase, dan Ketua Pokja Peningkatan Pelayanan KB Ignasius P. Worung, SE M.Si.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sulut Ir. D. Tino Tandaju, M.Erg dalam sambutannya mengatakan peran Rumah Sakit dalam Pelayanan KB merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

Deputi KBKR BKKBN Pusat ibu Dr. Eni Gustina, MPH memberikan arahan terkait harapan kepada Pemerintah Kabupaten/kota untuk dapat mendukung tercapainya program KB khususnya Pelayanan KB di Rumah Sakit unggulan yang sudah ditetapkan, dikarenakan Rumah Sakit merupakan Pusat Pelayanan KB yang memegang peranan yang sangat penting.

Baca Juga: Perusahan Jepang Lirik Tenaga Kerja Asal Sulut

Khususnya dalam pelayanan KB Pasca Persalinan, KB Pasca Keguguran, KB Operatif dan penanganan komplikasi KB dari seluruh penyedia Pelayanan KB.

Dalam kesempatan ini terdapat 2 (dua) Pemaparan yang disampaikan oleh dr. William Wangko, Sp. PD spesialis penyakit dalam Strategi Peningkatan Pelayanan KB di Rumah Sakit Unggulan dan dr. H. Zamhir Setiawan, M. Epid terkait Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pelayanan KB Rumah Sakit.

Tujuan kegiatan ini meningkatkan komitmen pimpinan Rumah Sakit unggulan Pelayanan KB, meningkatkan peran stakeholder dan mitra kerja terkait terhadap Rumah Sakit rujukan Pelayanan KB, serta meningkatkan capaian pelayanan KB.

Dilanjutkan peninjauan lokasi Pelayanan KB dengan jenis kontrasepsi Implan, IUD, MOP yang dilakukan oleh Rumah Sakit Bhayangkara serta peninjauan dilakukan di salah satu Rumah Sakit Swasta yaitu Rumah Sakit Hermina, untuk Rumah Sakit Hermina diharapkan dapat dijadikan Rumah Sakit Unggulan dilihat dari segi sarana prasarana yang telah memadai serta hasil capaian Pelayanan KB Pasca Persalinan yang cukup tinggi terutama dari jenis kontrasepsi IUD dan MOW Pasca Persalinan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm