20 Contoh Teks Diskusi berbagai Tema yang Singkat, Padat, dan Jelas

11 Agustus 2023 12:30 WIB
Ilustrasi contoh teks diskusi
Ilustrasi contoh teks diskusi ( iStockphoto)

Sonora.ID - Kamu dapat menyimak penjelasan tentang 20 contoh teks diskusi berbagai tema yang singkat, padat, dan jelas berikut ini.

Teks narasi merupakan jenis teks berisikan pendapat atau gagasan yang dikemukakan untuk membahas atau menyelesaikan suatu permasalahan.

Ada banyak sekali contoh teks diskusi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi karena jenis teks ini mudah sekali ditemukan pada acara formal.

Melalui contoh teks ini, kamu pun bisa mendapatkan menyajikan perspektif yang berbeda dalam membahas suatu isu serius.

Berikut Sonora ID bagikan 20 contoh teks diskusi berbagai tema berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber.

1. Teks Diskusi I

Baca Juga: 10 Contoh Teks Rekaman Percobaan Bahasa Indonesia, Beserta Strukturnya

Seragam Sekolah, Perlukah Dihapus?

Pendahuluan

Mantan Mendiknas (Menteri Pendidikan Nasional) terdahulu, Bambang Sudibyo, punya rencana menghapus seragam sekolah. Artinya, tidak ada lagi ketentuan siswa SD sampai SMA wajib berseragam. Kita masih menunggu, apakah rencana tersebut akan menjadi kenyataan dan ditaati sekolah-sekolah? Mengingat seragam sekolah adalah sebuah identitas, baik dari sisi jenjang pendidikan maupun identitas sekolah.

Isi (Rangkaian Argumen)

Penghapusan seragam sekolah dimaksudkan untuk menghilangkan perbedaan antara siswa yang satu dengan yang lain. Seorang siswa tidak bisa bergaya dengan label senioritas dan memamerkan baju-baju mewahnya di sekolah. Di sekolah tertentu, siswa dikenai hukuman apabila melanggar ketentuan seragam sekolahnya.

Kebijakan Mendiknas untuk menghapus seragam sekolah patut dipertimbangkan. Namun, kebijakan ini dapat memberikan dampak negatif terhadap siswa. Misalnya, akan terjadi perang pamer kekayaan. Siswa dari keluarga kaya akan berpotensi memamerkan pakaian mewahnya sehingga menimbulkan kecemburuan siswa lain.

Kesimpulan

Penggunaan seragam sekolah berkaitan dengan kedisiplinan. Hal ini karena disiplin di sekolah tidak diajarkan secara formal seperti di dalam pendidikan militer, tetapi ditempatkan pada kerangka pola dan perilaku masyarakat secara lebih luas. Disiplin haruslah dimulai dari tingkat paling dasar, yakni rumah tangga. Artinya, orang tua dan anggota keluarga harus menjadi garda terdepan keteladanan bagi siswa untuk bersikap disiplin bagi diri sendiri dan orang lain. Disiplin harus dilakukan sebagai tanggung jawab, bukan sebagai indoktrinasi. Disiplin bukanlah sekadar formalitas melalui seragam sekolah karena seragam sekolah bukanlah unsur elementer dalam sistem pendidikan nasional.

2. Teks Diskusi II

Apakah Gadget Dapat Membantu Proses Pembelajaran?

Pendahuluan dan Isu

Di dunia yang didorong oleh teknologi saat ini, penggunaan gadget dalam pendidikan telah menjadi topik yang hangat diperdebatkan. Beberapa berpendapat bahwa gadget, seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop, adalah alat penting yang dapat meningkatkan pengalaman belajar dan meningkatkan hasil pendidikan. Yang lain berpendapat bahwa gadget adalah gangguan, dan dapat mengganggu proses pembelajaran. Dalam teks diskusi ini, kita akan membahas pro dan kontra penggunaan gadget dalam pendidikan.

Argumen pendukung:

Salah satu argumen yang mendukung penggunaan gadget dalam pendidikan adalah bahwa gadget memberi siswa akses ke sejumlah besar informasi dan sumber daya. Dengan internet dan berbagai aplikasi dan situs web pendidikan di ujung jari mereka, siswa dapat dengan mudah menemukan dan menjelajahi informasi terkait studi mereka. Argumen pendukung ini berpendapat bahwa akses ke informasi ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam dan hasil belajar yang lebih baik.

Argumen lain yang mendukung penggunaan gadget dalam pendidikan, adalah bahwa gadget dapat digunakan untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antara siswa dan guru. Dengan alat seperti konferensi video dan pesan instan, siswa dan guru dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan bekerja sama mempelajari materi dan mengerjakan tugas.

Argumen Penentang:

Di sisi lain, mereka yang menentang penggunaan gadget dalam pendidikan seringkali menunjuk pada potensi distraksi. Dengan begitu banyak aplikasi dan situs web yang tersedia, mungkin sulit bagi siswa untuk tetap fokus pada pelajaran mereka, dan mereka mungkin tergoda untuk menggunakan perangkat mereka untuk tujuan diluar belajar. Selain itu, gadget bisa jadi mahal dan mungkin tidak terjangkau oleh semua keluarga, menciptakan kesenjangan digital yang memperparah ketidaksetaraan yang ada dalam sistem pendidikan.

Menanggapi argumen bahwa gadget memberikan akses informasi, dapat dikatakan bahwa tidak semua informasi yang tersedia di internet akurat atau dapat dipercaya. Di sisi lain, menanggapi argumen bahwa gadget dapat menjadi gangguan, dapat dikatakan bahwa siswa dan guru bertanggung jawab untuk menetapkan pedoman dan batasan yang jelas untuk penggunaan teknologi di kelas.

Analisis dan Refleksi:

Terlepas dari potensi gangguan, tampak jelas bahwa gadget dapat memainkan peran penting dalam pendidikan. Diantaranya memberi siswa akses ke informasi dan sumber daya yang dapat meningkatkan pengalaman belajar mereka. Namun, penting untuk menggunakan gadget dengan cara yang bertanggung jawab dan produktif, serta menetapkan pedoman yang jelas untuk penggunaannya di dalam kelas.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, penggunaan gadget dalam pendidikan merupakan masalah yang kompleks, dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan mempertimbangkan potensi keuntungan dan kerugiannya, dan dengan menetapkan aturan dan batas yang jelas, kita dapat memastikan bahwa gadget digunakan dengan baik dan dapat meningkatkan proses pembelajaran. Pada akhirnya, penggunaan gadget dalam pendidikan harus dilihat bukan sebagai gangguan, tetapi sebagai alat yang dapat digunakan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman belajar.

3. Teks Diskusi III

Anak Harus Olahraga

Pendahuluan

Anak-anak di hampir seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah dan banyak menonton televisi atau bermain video gim.

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak, mulai dari yang tradisional, seperti galasin dan lompat tali, hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Syukurlah kita tinggal di Indonesia sehingga dapat memainkan semua jenis olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu sukai atau di mana kamu tinggal sebab selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan untuk mengeluh karena merasa bosan.

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Selain bermanfaat, bermain olahraga juga sangat menyenangkan karena dapat mengusir rasa bosan dan suntuk di rumah.

4. Teks Diskusi IV

Haruskah Surplus Pangan Didayagunakan? 

Pendahuluan

Kebutuhan dasar manusia terdiri atas kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Itu artinya, sebelum memenuhi kebutuhan yang lain, ketiga kebutuhan ini, yaitu kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat tinggal harus dipenuhi lebih dulu. Sayangnya, kebutuhan dasar saja masih menjadi masalah yang sampai saat ini tidaklah mudah untuk dipecahkan, terutama terkait dengan kebutuhan pangan. 

Isi (Rangkaian Argumen)

FAO (Food and Agriculture Organization) sebagai organisasi pangan internasional mencatat bahwa angka malnutrisi di dunia masih tinggi, termasuk di Indonesia. Setidaknya pada tahun 2016 sebanyak 19,4 juta penduduk Indonesia tercatat mengalami malnutrisi. 

Pada waktu yang bersamaan, Indonesia menjadi negara dengan pembuang makanan kedua terbanyak di dunia. Makanan-makanan yang dibuang tersebut berasal dari sisa makanan pesta, acara perusahaan atau perkantoran, restoran, bahkan sisa makanan rumah tangga. Apakah sisa makanan ini sebegitu tidak berharganya sehingga harus dibiarkan membusuk begitu saja di tempat sampah? Apakah ada cara lain untuk memberdayakannya?

Sebuah organisasi nirlaba telah berupaya memberikan solusi bagi permasalahan terkait pembuangan sisa makanan ini. Dengan slogan zero food waste dan zero hunger tampak jelas visi dan misi yang diusungnya. Mereka mengajak berbagai pihak untuk mendonasikan surplus dan sisa makanan “tak tersentuh” untuk disalurkan pada kelompok-kelompok yang membutuhkan, mulai dari para pengungsi sampai kaum marginal. 

Dengan pendekatan 3R yang diterapkan, yakni re-distribute, re-process, dan re-cycle atau penyaluran kembali, pemrosesan kembali, dan daur ulang, organisasi ini berkontribusi untuk menciptakan wajah Indonesia menjadi lebih baik.

Organisasi ini tidak bekerja sendiri, mereka bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendapatkan suplai surplus makanan “tak tersentuh”, makanan yang tidak diproduksi secara sempurna. Bahkan, sisa sampah organik yang disalurkan kepada orang yang membutuhkan ataupun didaur ulang sebagai makanan hewan. 

Itu artinya, semakin banyak makanan yang dikelola oleh organisasi ini, maka semakin banyak pula orang-orang yang telah terbuka keinginannya untuk turut berkontribusi. Hal ini tentu saja membawa dampak positif terhadap lingkungan sosial.

Selain bekerjasama dengan organisasi sejenis, kita juga bisa memulai dari diri sendiri. Setidaknya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi pembuangan makanan, antara lain dengan mengambil dan memesan makanan sesuai porsi yang diperlukan dan mengubah  pola pikir bahwa makanan yang dipesan untuk memenuhi kebutuhan bukanlah sekadar pemenuhan keinginan. 

Kesadaran semacam ini akan membawa dampak positif terhadap lingkungan fisik karena mengurangi pembuangan sampah makanan. Sayangnya, tidak semua pihak sadar dengan fenomena ini. Masih ada saja pihak yang menyepelekan fenomena “kelebihan makanan” . Di samping itu, sifat impulsif terhadap makanan juga menjadi faktor penyumbang sampah makanan terbesar dalam hal ini. 

Di sisi lain, sempitnya pola pikir dan anggapan bahwa memisahkan surplus makanan itu merepotkan dan tidak etis serta menurunkan gengsi juga memberikan kontribusi terhadap jumlah sampah makanan. Kalaupun surplus makanan itu disalurkan, sistem distribusi yang tidak efisien dapat membuat makanan menjadi busuk juga. 

Kesimpulan

Memberdayakan surplus makanan tidaklah sulit jika sudah muncul kesadaran dari diri sendiri. Justru dengan diri sendiri yang memulai diharapkan akan menularkannya pada orang-orang di sekitar kita hingga dapat bekerja sama dengan pihak-pihak yang mengurusi hal ini. Pada akhirnya ini merupakan proses pembentukan pola pikir yang masih harus terus dilaksanakan untuk mengubah wajah Indonesia menjadi lebih baik dalam melihat dan menyikapi makanan.

5. Teks Diskusi V

Sampah Limbah Makanan Sangat Penting Untuk Kita Atasi

Pendahuluan dan Isu

Limbah makanan adalah masalah utama bagi kita. Faktanya cukup mencengangkan, yakni sekitar sepertiga dari semua makanan yang diproduksi di seluruh dunia, berakhir terbuang dan tidak dimakan. Ini tidak hanya memiliki dampak lingkungan yang signifikan, tetapi juga berkontribusi terhadap kemiskinan dan kelaparan. 

Dalam teks diskusi ini, kita akan membahas masalah sampah limbah makanan, dengan fokus pada penyebab serta solusi yang bisa kita lakukan terkait hal ini.

Argumen pendukung:

Salah satu penyebab pemborosan makanan adalah kelebihan produksi. Dengan banyaknya petani dan produsen makanan yang diharuskan bekerja pada restoran cepat saji, ada tekanan untuk memproduksi makanan dalam jumlah besar agar jumlah permintaan terpenuhi. Tentunya, hal ini dapat mengakibatkan produksi makanan berlebih, yang sebagian besar mungkin terbuang sia-sia.

Penyebab lain dari limbah makanan adalah kurangnya fasilitas penyimpanan makanan dan transportasi yang memadai, khususnya di negara berkembang. Hal ini dapat mengakibatkan pembusukan makanan sebelum sempat untuk dikonsumsi.

Dari segi konsekuensi, limbah makanan memiliki dampak lingkungan yang signifikan. Makanan yang membusuk di tempat pembuangan sampah menghasilkan metana, dan juga memicu terjadinya efek rumah kaca.

Makanan-makan tersebut membutuhkan banyak energi, air, dan tenaga kerja sampai akhirnya bisa kita konsumsi. Saat kita membuang makanan, kita membuang sumber daya berharga yang bisa digunakan untuk memberi makan orang yang kelaparan.

Argumen tandingan:

Ketika berbicara tentang penyebab sisa makanan, beberapa orang mungkin mengatakan bahwa produksi makanan yang besar, penting agar pasokan makanan cepat tersedia. Sementara itu di lain sisi, ada potensi makanan terbuang menjadi limbah, karena tidak ada cukup tempat  untuk menyimpan atau mengangkut makanan. Untuk memperbaiki masalah ini, kita perlu merancang suatu sistem penyimpanan dan transportasi yang lebih baik.

Analisis dan Refleksi:

Masalah limbah makanan sangat kompleks dan beragam. Tentu saja ada banyak penyebab dan konsekuensi yang berbeda. Namun, dengan mengatasi penyebab sampah makanan, kita dapat mengurangi sampah makanan dan dampak negatifnya. Membangkitkan kesadaran diri sendiri untuk menghabiskan makanan di rumah juga menjadi cara paling sederhana untuk menyelesaikan masalah ini.

Kesimpulan:

Sampah limbah makanan adalah masalah serius bagi kita. Dengan bekerja sama untuk mengatasi penyebab dan akibat dari pemborosan makanan, kita dapat mengurangi dampak negatifnya dan memastikan bahwa sumber daya digunakan dengan cara yang lebih berkelanjutan.

Hal tersebut yakni melalui investasi dalam fasilitas penyimpanan dan transportasi yang tepat. Selain itu kita juga bisa menerapkan aturan produksi dan konsumsi pangan yang lebih hati-hati dan bertanggung jawab. Hal-hal tersebut adalah beberapa contoh dari banyak langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi limbah pangan.

6. Teks Diskusi VI

Sampah: Isu Nomor Satu

Pendahuluan

Sampah menjadi salah satu masalah yang sangat meresahkan karena memberikan banyak dampak buruk terhadap lingkungan. Sampah yang dibiarkan menumpuk bisa menjadi sumber penyakit dan bahkan menyebabkan banjir. Hal ini pun tak lepas dari permasalahan penanggulangan sampah yang kurang tepat. Sebenarnya, pemecahan masalah mengenai sampah pun sudah jadi perdebatan sejak dulu.

Isi (Rangkaian Argumen)

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu, sampah seharusnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut tidak menjadi sebuah solusi, tetapi justru mendatangkan bencana baru. Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara dan bisa merusak lapisan ozon.

Orang yang mencintai lingkungan tentunya lebih memilih penyelesaian yang lebih ramah lingkungan, seperti dekomposisi dan daur ulang sampah. Contohnya adalah dengan menjadikan daun kering, batang pohon, dan sampah sejenisnya sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik didaur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat dan ampuh untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Singkat, Beragam Tema, dan Artinya

7. Teks Diskusi VII

Pentingkah Anak Membawa HP?

Pendahuluan

Gawai (gadget) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan berkomunikasi. Tidak hanya komunikasi saja, tetapi smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapan pun dan di mana pun. Selain itu, adanya HP atau smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Sementara itu, pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa belum saatnya anak=anak diberi teknologi yang canggih ini. Hal ini karena tidak semua informasi di internet itu baik. Banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, pemberian  HP kepada anak-anak membuat mereka menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena lebih asyik bermain gim di HP-nya.

Kesimpulan

Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

8. Teks Diskusi VIII

Apakah Perlu Bubur Perlu Diaduk Atau Tidak Diaduk Sebelum Dimakan?

Pendahuluan dan Isu

Bubur adalah makanan pokok bagi banyak orang di seluruh dunia, disajikan sebagai pilihan sarapan yang sederhana dan bergizi. Jika beberapa orang berpendapat bubur bisa langsung dimakan tanpa perlu diaduk, yang lain berpendapat bahwa mengaduknya dengan sendok sebelum dimakan adalah langkah penting dalam proses makan bubur. Dalam diskusi ini, kita akan mengeksplorasi argumen yang mendukung dan menentang makan bubur diaduk atau tidak.

Argumen pendukung:

Salah satu argumen utama mengapa bubur harus diaduk sebelum dimakan, yakni agar semua komposisi dalam mangkok bubur bisa tercampur rata. Dengan mengaduk, kamu dapat memastikan bahwa bubur, suwiran ayam, kacang, kuah, dan bahan lainnya tercampur menjadi satu. 

Ini menciptakan pengalaman makan yang lebih menyenangkan, karena setiap sendok akan memiliki konsistensi dan rasa yang sama. Selain itu, mengapa penting untuk diaduk, karena mengaduk bubur akan lebih mudah untuk dimakan. Bubur yang telah diaduk akan tercampur dengan rata dan tidak menumpahkan printilan-printilan kecil yang akan membuat meja makan jadi kotor.

Argumen tandingan:

Salah satu argumen mengapa bubur sebaiknya tidak diaduk, yakni karena dapat menyebabkan bubur menjadi terlalu encer. Jika kamu mengaduknya terlalu rata, bubur yang kamu makan akan menjadi bubur cair yang tidak memiliki tekstur, atau variasi rasa yang diinginkan. Selain itu, bubur yang kamu makan akan memiliki bentuk yang tidak cantik, dan mungkin membuatmu tidak berselera untuk makan.

Selain itu, mengaduk bubur adalah langkah yang tidak perlu. Beberapa orang berpendapat bahwa mengaduk hanya menambah langkah ekstra pada proses dan menghabiskan waktu yang berharga.

Analisis dan Refleksi:

Jelas bahwa ada argumen yang valid di kedua sisi perdebatan ini. Di satu sisi, mengaduk bubur dengan sendok dapat membantu memastikan pemerataan bahan dan memudahkan untuk dimakan. 

Di sisi lain, pengadukan juga dapat menyebabkan campuran menjadi terlalu encer dan dianggap oleh sebagian orang sebagai langkah yang tidak perlu. Pada akhirnya, keputusan untuk mengaduk bubur dengan sendok atau tidak tergantung pada preferensi pribadi.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, perdebatan tentang boleh atau tidaknya mengaduk bubur dengan sendok sebelum makan adalah salah satu yang sudah ada sejak lama. Meskipun ada argumen yang mendukung pengadukan, ada yang mengatakan tidak perlu, pada akhirnya pilihan untuk mengaduk atau tidak adalah pilihan pribadi. Karena ini kembali pada preferensi dan kebutuhan setiap individu yang berbeda.

9. Teks Diskusi IX

Mengonsumsi Teh

Pendahuluan

Ada sebagian orang yang menjadikan minum teh sebagai kebiasaan sehari-harinya. Misalnya, setiap sarapan harus disertai teh. Teh sejak 5000 tahun lalu sudah mulai dikonsumsi dan dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat teh adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, teh ternyata juga memiliki dampak buruk.

Isi (Rangkaian Argumen)

Kandungan polyfenol dalam teh dikenal ampuh sebagai antioksidan. Selain itu, teh juga mengandung vitamin C dan E yang bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan betakaroten, kafein, dan fluor dalam teh dapat mencegah timbulnya karies pada gigi.

Tapi, jika teh dikonsumsi secara berlebihan bisa berdampak kurang baik juga pada kesehatan. Kafein yang berlebih dapat menghambat penyerapan makanan oleh tubuh. Selain itu juga bisa menjadikan ketergantungan sehingga badan kurang berstamina saat tidak meminumnya.

Kafein juga kurang baik bagi ibu yang sedang menyusui. Zat ini berdampak pada penurunan kualitas ASI. Bahkan, kandungan mineral dalam kafein yang dikonsumsi secara berlebih bisa berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Kesimpulan

Maka dari itu, mengonsumsi teh tidak perlu berlebihan. Ada baiknya memberikan batasan dalam meminum teh. Dalam sehari maksimal minum teh adalah 5 cangkir ukuran 200 ml. Untuk merasakan manfaat teh, lebih baik diseduh dengan air yang tidak terlalu banyak dan hindari penambahan gula. Usahakan juga jangan mengonsumsi teh dalam keadaan perut kosong karena dapat memicu naiknya asam lambung.

10. Teks Diskusi X

Perlukah Mengawasi Anak Saat Jelajahi Internet?

Pendahuluan

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Isi (Rangkaian Argumen)

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak dapatdimungkiri bahwa internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menerima, memanfaatkan, dan menghadapinya. 

Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran, melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan

Semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa, diharapkan mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet bersama-sama. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

11. Teks Diskusi XI

Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Pendahuluan dan Isu

Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan kita. pepohonan menyediakan habitat bagi berbagai spesies, menyimpan karbon, mengatur siklus air, dan memberi kita sumber daya penting seperti hasil hutan kayu dan non-kayu. Dalam teks diskusi ini, kita akan mengeksplorasi argumen yang mendukung dan menentang pelestarian hutan, dan mengapa hutan penting untuk masa depan kita.

Argumen pendukung:

Hutan menyediakan habitat bagi berbagai spesies, banyak di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di Bumi. Melestarikan hutan membantu melindungi keanekaragaman hayati dunia dan memastikan kelangsungan hidup spesies ini.

Selain itu, hutan memainkan peran penting dalam mengatur siklus air dengan menyerap curah hujan, melepaskan uap air ke atmosfer, dan mengurangi limpasan. Ini membantu menjaga kesehatan sungai, mencegah erosi tanah, dan mengurangi risiko banjir.

Argumen tandingan:

Beberapa berpendapat bahwa hutan perlu dibuka untuk pembangunan seperti perumahan, jalan, dan proyek infrastruktur lainnya. Pendapat ini didasari bahwa membuka hutan diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Selain itu, ada yang berpendapat bahwa hutan bukan satu-satunya cara untuk menyimpan karbon. Sebagai gantinya, ada metode lain untuk menyerap karbon yakni dengan cara reboisasi dan teknologi penyerap karbon di masa depan yang bisa dikembangkan.

Analisis dan Refleksi:

Memang benar bahwa membuka hutan untuk pembangunan dapat memberikan manfaat ekonomi, namun penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari deforestasi.

Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan kita dan melestarikannya sangat penting untuk masa depan kita. Selain itu, ada metode alternatif untuk menyimpan karbon yang dapat dilakukan bersamaan dengan pelestarian hutan.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, hutan merupakan komponen penting dari lingkungan kita dan harus dilestarikan. Mereka menyediakan habitat bagi berbagai spesies, mengatur siklus air, menyimpan karbon, dan memberi kita sumber daya penting. 

Argumen untuk melestarikan hutan jauh melebihi argumen yang menentang, dan penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk melindunginya demi generasi mendatang.

12. Teks Diskusi XII

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda

Pendahuluan

Narkoba adalah zat dan obat berbahaya yang bersifat adiktif. Narkoba dapat memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Dampak buruk tersebut bisa semakin parah jika narkoba dikonsumsi dalam jangka panjang dan jumlah yang besar.

Isi (Rangkaian Argumen)

Dampak buruk narkoba bagi kesehatan, di antaranya:

  • Kerusakan saraf dan otak,
  • Kerusakan paru-paru,
  • Mengalami mual dan muntah,
  • Menurunkan nafsu makan dan berat badan,
  • Disfungsi organ reproduksi, dsb.

Kesimpulan

Setelah menyadari dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba, disarankan untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Selain itu, tetap berhati-hati dalam bergaul agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas.

Namun, sebenarnya penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif jika dilakukan sesuai dengan aturan yang benar. Bahkan, zat-zat psikotropika dapat digunakan untuk tujuan pengobatan yang sah.

13. Teks Diskusi XIII

Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Pendahuluan

Pembangkit Listrik Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara signifikan serta teruji. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. 

Melihat sampah yang terus menumpuk, pemerintah berupaya untuk mengubah sampah menjadi sumber energi melalui pembangunan PLTSa. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi terbarukan.

Hal ini juga dilakukan untuk memenuhi kesepakatan dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015 silam di mana negara-negara anggota sepakat untuk mengurangi emisi karbon. 

Isi (Rangkaian Argumen)

Namun, upaya ini tidak berjalan mulus. Pengurangan volume sampah, emisi karbon, hingga pemanfaatan energi terbarukan dari proses pengolahan sampah belum cukup. Pembangunan PLTSa ini menuai pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. 

Masyarakat menilai, adanya PLTSa ini mengancam lingkungan dan nyawa manusia. Pasalnya, PLTSa menggunakan incinerator yang berpotensi memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin. Dalam keadaan terburuk, dioxin dapat membahayakan sistem saraf hingga menyebabkan kanker. 

Kontra lainnya adalah tidak siapnya lahan, tidak ada rencana induk persampahan, prosedur kebijakan dan mekanisme lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee tinggi, hingga pengalaman buruk yang pernah terjadi di negara lain. 

Kesimpulan

Dengan begitu, pembangunan PLTSa sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi volume sampah, emisi karbon, dan pemanfaatan sampah sebagai sumber energi memperoleh banyak penolakan dari masyarakat. Maka dari itu, sebaiknya diadakan kajian lebih lanjut mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia.

14. Teks Diskusi XIV

Bagaimana Cara Kita Menyelesaikan Masalah Tawuran Siswa Sekolah?

Pendahuluan dan Isu

Tawuran antar pelajar semakin memprihatinkan di masyarakat, dan masalah kenakalan remaja merupakan salah satu yang harus dibenahi. Dalam teks diskusi kali ini, kita akan mengkaji topik tawuran pelajar, menggali alasan mengapa pelajar melakukan tawuran dan dampaknya bagi masyarakat.

Argumen pendukung:

Ada beberapa argumen mengapa siswa terlibat dalam perkelahian. Salah satu argumennya adalah bahwa siswa mungkin merasa bahwa mereka harus membuktikan diri, baik secara fisik maupun emosional. Argumen lain adalah bahwa siswa mungkin menghadapi masalah emosional atau psikologis, membuat mereka bertindak dengan cara kekerasan.

Argumen pendukung:

Meskipun argumen ini mungkin ada benarnya, dapat juga dikatakan bahwa siswa yang terlibat dalam perkelahian memiliki kekurangan bimbingan, pendidikan, atau bimbingan orang tua dalam teknik penyelesaian konflik yang tepat. Dapat juga dikatakan bahwa lingkungan sekolah dan kurangnya tindakan pencegahan, seperti program pencegahan bullying, berkontribusi terhadap masalah tawuran pelajar.

Analisis dan Refleksi:

Terlepas dari alasan yang melatarbelakangi tawuran pelajar, jelas bahwa tawuran memiliki dampak negatif bagi sekolah dan masyarakat. Kerusakan fisik dan emosional yang diakibatkan oleh perkelahian ini dapat berdampak jangka panjang pada siswa yang terlibat. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut, seperti memberikan pendidikan tentang teknik penyelesaian konflik yang tepat, memperkuat program pencegahan intimidasi di sekolah, dan menawarkan dukungan bagi siswa yang menghadapi masalah emosional atau psikologis.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, masalah tawuran pelajar adalah masalah kompleks yang membutuhkan pendekatan banyak sisi untuk menyelesaikannya. Dengan mengatasi akar permasalahannya, sekolah dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi siswa.

15. Teks Diskusi XV

Bijak Bermedia Sosial

Pendahuluan

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran media sosial membantu manusia untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi tentang segala hal. Sifatnya yang cepat dan tidak terbatas jarak-lah yang menjadikan media sosial banyak disenangi. Apalagi saat ini pilihan media sosial sangat beragam.

Isi (Rangkaian Argumen)

Media sosial membuat kita lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi. Mulai dari berita terkini, tips dan trik, hiburan, hingga memudahkan kita menyebarkan kreativitas. Kita juga jadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang yang secara jarak terpisah jauh.

Kesimpulan

Nah, maka dari itu, kita harus pandai untuk membatasi diri. Jangan sampai terlena dengan kelebihan yang ditawarkan oleh media sosial hingga akhirnya abai dengan kehidupan nyata. Ada baiknya untuk membatasi waktu yang dihabiskan dalam bermain media sosial. Sebagai manusia, kita harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris Beserta Artinya

16. Teks Diskusi XVI

Pengaruh Positif dan Negatif Internet bagi Pelajar

Pendahuluan

Perkembangan internet yang kian cepat tentunya sangat merubah pola kehidupan menusia, termasuk pelajar. Adanya internet bagi para pelajar, mampu memberikan sisi positif maupun negatif. Contohnya, kemudahan komunikasi, mengakses informasi, hiburan, sampai sarana belajar.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pengaruh positif internet dalam kegiatan pembelajaran, di antaranya:

  • Memudahkan akses informasi dan komunikasi, sehingga siswa bisa mencari sumber referensi tambahan selain di sekolah.
  • Memudahkan komunikasi, sehingga pengumpulan dan pengerjaan tugas sekolah juga jauh lebih mudah.
  • Dengan mengenal internet sejak sekolah, siswa diharapkan tidak akan menjadi orang yang gagap teknologi, dan bisa bersaing di era globalisasi saat ini. 

Sedangkan, pengaruh negatif internet dalam kegiatan pembelajaran di antaranya:

  • Terbukanya akses informasi melalui internet bisa disalahgunakan siswa untuk mengakses konten yang tidak seharusnya.
  • Kecanduan gawai yang berefek pada produktivitas dan interaksi siswa dengan lingkungan sosial. 

Kesimpulan

Internet memang diciptakan untuk memudahkan mobilitas kegiatan manusia, terutama bagi pelajar. Namun, jika digunakan secara tidak bijak, akan menimbulkan dampak negatif bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan internet bagi siswa juga perlu pengawasan orang tua, serta tahu batasannya.

17. Teks Diskusi XVII

Apakah Kita Selama Ini Mengonsumsi Air Minum Yang Bersih?

Pendahuluan dan Isu

Air minum sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, penting juga bagi kita untuk memperhatikan kebersihan air yang kita konsumsi. Banyak orang tidak menyadari dampak dari mengkonsumsi air yang terkontaminasi dapat memiliki pada kesehatan. Dalam teks diskusi ini, kita akan membahas pentingnya memastikan bahwa air yang kita minum bersih dan higienis.

Argumen Pendukung

Mengkonsumsi air yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti disentri, kolera, dan tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit yang umumnya terdapat pada sumber air yang tercemar.

Selain itu, kebersihan air yang buruk juga dapat menyebabkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air di antara masyarakat. Hal ini dapat mengakibatkan wabah dan penyakit yang meluas, membebani sistem dan sumber daya kesehatan masyarakat.

Argumen Tandingan:

Usaha untuk memastikan semua air yang dikonsumsi masyarakat harus bersih dan higienis, bisa dikatakan tidak praktis.  Tentu saja ada keterbatasan sumber daya dan tenaga kerja yang tersedia untuk menegakkan standar kualitas air dan memantau sumber air yang sangat banyak di masyarakat.

Selain itu, kita tidak selalu perlu mengambil tindakan ekstensif untuk memastikan kebersihan air yang kita konsumsi. Misalkan, ada beberapa orang yang tinggal di lingkungan tertentu, bisa tetap hidup dengan sehat meskipun telah meminum air yang terkontaminasi selama beberapa generasi.

Analisis dan Refleksi:

Penting untuk mengakui konsekuensi potensial dari mengkonsumsi air yang terkontaminasi. Meskipun tidak mungkin untuk memastikan bahwa semua sumber air bersih dan higienis, tetap penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air. 

Hal ini mencakup pendidikan tentang pentingnya kebersihan air, memantau sumber air, dan berinvestasi dalam sistem pengolahan dan pemurnian jika diperlukan.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, kebersihan air yang kita konsumsi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Meskipun mungkin ada tantangan dalam memastikan semua sumber air bersih dan higienis, penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air.

Pendidikan dan investasi dalam sistem dan pemantauan pengolahan air dapat membantu memastikan bahwa kita memiliki akses ke air bersih dan higienis.

18. Teks Diskusi XVIII

Dampak Transportasi bagi Kehidupan Sehari-hari

Pendahuluan

Di zaman modern ini, transportasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Tranportasi memiliki peran yang sangat penting karena telah membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Kini, banyak orang juga sudah dapat memanfaatkan transportasi umum yang semakin berkembang dan mudah diakses. Tidak dapat dipungkiri, transportasi memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan rutinitas mereka sehari-hari. Namun, kemudahan tersebut juga memiliki dampak positif dan negatif.

Isi (Rangkaian Argumen)

Transportasi memberikan banyak pengaruh positif, termasuk kemudahan bagi manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Orang yang bekerja di lokasi yang jauh dari rumah, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan. Beberapa dari mereka bahkan harus menyewa tempat tinggal sementara. Dengan adanya transportasi ini, masyarakat tidak perlu lagi direpotkan dengan hal-hal seperti itu.

Transportasi juga dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Dalam hal ini, transportasi dapat membawa atau mengirim barang dari lokasi yang dekat maupun jauh. Selain itu, ada banyak anak sekolah yang sekarang bisa menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah dengan biaya yang lebih murah.

Di samping manfaat positif yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi transportasi saat ini, ada juga dampak negatif yang dimilikinya. Salah satunya kemacetan di jalan. Hal ini bisa disebabkan oleh perilaku pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, seperti supir angkutan yang berhenti sembarangan untuk menunggu penumpang. 

Dampak negatif lain dari adanya transportasi adalah kecelakaan. Banyak pengguna jalan yang tidak mengikuti aturan, seperti menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api. Selain itu, ada juga anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka karena kurangnya pengalaman dan kematangan mental.

Simpulan

Agar terhindar dari pengaruh negatif dari adanya transportasi, diharapkan semua pihak seperti orang tua, pengguna jalan, maupun pengendara bisa bekerja sama intuk mencegahnya. Anak-anak yang belum cukup umur seharusnya tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, sedangkan para orang tua harus meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak mereka agar tidak mengendarai kendaraan tersebut. Selain itu, pemerintah diharapkan dapat menegakkan aturan lalu lintas dengan tegas untuk meminimalkan dampak negatif dari transportasi.

19. Teks Diskusi XIX

Banjir Yang Kerap Terjadi Dan Cara Menanggulanginya

Pendahuluan dan Isu

Banjir adalah fenomena umum yang terjadi di banyak bagian dunia, dan dapat menyebabkan kerusakan harta benda dan korban jiwa yang signifikan. Dalam beberapa tahun terakhir, frekuensi dan tingkat keparahan banjir telah meningkat, membuat banyak orang mempertanyakan peran aktivitas manusia dalam menyebabkan banjir. Dalam teks diskusi ini, kita akan mengkaji argumen bahwa aktivitas manusia merupakan penyebab utama banjir, dan mempertimbangkan argumen tandingan terhadap posisi ini.

Argumen Pendukung

Argumen bahwa aktivitas manusia merupakan penyebab utama banjir adalah semakin banyaknya pembangunan rumah dan bangunan lainnya di daerah rawan banjir. Semakin banyak tanah yang tertutup beton dan aspal, kemampuan tanah untuk menyerap air semakin berkurang.

Hal ini menyebabkan banjir yang lebih sering dan parah. Selain itu, rusaknya habitat alami seperti hutan, lahan basah, dan kawasan lain yang menyerap air dapat memperparah dampak banjir.

Argumen tandingan:

Namun, ada pendapat lain bahwa banjir telah menjadi bagian alami dunia selama berabad-abad, jauh sebelum aktivitas manusia menjadi faktor penting. Perubahan iklim, adalah penyebab banjir yang lebih signifikan daripada aktivitas manusia, dan kita harus fokus pada pengurangan jejak karbon kita dan upaya lain untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Analisis dan Refleksi:

Dari kedua sisi argumen, jelas bahwa aktivitas manusia berperan dalam peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan banjir. Kita perlu mempertimbangkan dampak kegiatan kita terhadap lingkungan dan bekerja untuk mengurangi kerusakan akibat banjir. 

Ini mungkin termasuk mengurangi pencemaran lingkungan dan dampak emisi. Selain itu penting untuk meningkatkan praktik penggunaan lahan dengan bertanggung jawab, dan berinvestasi dalam sistem pengelolaan banjir yang lebih baik.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, solusi untuk meminimalisir banjir membutuhkan pendekatan banyak aspek. Bisa dari pandangan dengan meminimalisir pencemaran, dan juga kebutuhan akan sistem pengelolaan banjir yang lebih baik. Dengan upaya dan komitmen yang berkelanjutan, kita dapat membantu mengurangi dampak banjir dan melindungi masyarakat yang terkena dampaknya.

20. Teks Diskusi XX

Kemajuan Teknologi di Era Globalisasi

Pendahuluan

Di era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Banyak negara maju maupun berkembang yang saling berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang canggih. Adanya teknologi saat ini, berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Tak bisa dipungkiri, banyak orang bergantung pada teknologi di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi secara tepat dan bijaksana.

Isi (Rangkaian Argumen)

Salah satu contoh teknologi yang tidak bisa lepas dari genggaman kita adalah gadget. Dengan adanya gadget, manusia dapat lebih mudah mengakses informasi, melakukan transaksi secara online, bahkan berkomunikasi dengan orang lain di lokasi yang berbeda. Di bidang pendidikan sendiri, teknologi dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Dengan adanya teknologi dan internet, para siswa jadi lebih mudah untuk mengakses informasi, belajar di mana pun, dan kapan pun.

Berbeda halnya dengan zaman dulu, ketika teknologi belum secanggih sekarang, banyak orang yang kesulitan dalam berkomunikasi. Kita harus menulis surat terlebih dahulu, lalu mengirimkannya ke kantor pos. Tidak hanya itu, kita juga perlu bersusah payah memasarkan barang dagangan di pasar agar laku terjual. 

Kesimpulan

Dari sini dapat disimpulkan, perkembangan teknologi yang cukup pesat di era globalisasi saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Baik itu dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan bidang lainnya. Kita juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak, seperti tidak berlebihan dalam menggunakan teknologi agar tidak menjadi negatif untuk diri kita, maupun orang lain.

Demikianlah 20 contoh teks diskusi berbagai tema yang singkat, padat, dan jelas untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm