Mengenal Platelet Rich Plasma (PRP) dalam Bidang Kecantikan Wajah

11 Agustus 2023 11:20 WIB
Ilustrasi perawatan wajah.
Ilustrasi perawatan wajah. ( jcomp / Freepik)

Palembang, Sonora.ID - Tampil cantik dan awet muda tentu menjadi impian banyak orang, terutama wanita.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa melakukan perawatan terapi plasma darah atau disebut juga sebagai Platelet Rich Plasma (PRP).

Dr.dr Yuli Kurniawati, Sp.KK (K) kepada Sonora (10/08/2023) menjelaskan PRP merupakan sediaan yang berasal dari darah pasien yang diproses untuk mendapatkan plasma atau trombosit.

PRP mengandung konsentrasi cairan yang cukup tinggi, ini diperlukan karena mengandung banyak faktor pertumbuhan, misalnya mengobati luka, mengatasi proses penuaan dan lain sebagainya.

“Pentinh digunakan tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Ini popular sekali karena lebih aman, proses yang dilakukan diambil dari darah pasien itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Masalah Kulit Berdasarkan Golongan Darah, O Banyak Jerawat

PRP dalam bidang dermatologi kosmetik bisa untuk merangsang pertumbuhan, proses penyembuhan, bekas jerawat atau bopeng, untuk peremajaan kulit, facial atau dikenal vampire facial, kelainan kulit lama seperti aligato yang tidak kunjung sembuh, mengisi lipatan-lipatan kulit, mengatasi kebotakan, juga untuk ortopedi.

Tidak semua pasien bisa dilakukan PRP, mereka harus dicek kadar trombosit darahnya terlebih dahulu.

Bila pasien ada infeksi, demam atau anemia tidak bisa dilakukan PRP. Pasien perokok berat tidak bisa dilakukan PRP karena blood faktornya tidak bagus.

Untuk perawatan wajah dengan PRP hasilnya bisa dilihat dua minggu kemudian, untuk lipatan-lipatan hasilnya lebih cepat lagi. setelah treatment PRP pasien tidak disarankan terpapar sinar matahari langsung yang berlebihan.

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan sesuai harapan, PRP sebaiknya dilakukan di rumah sakit, klinik atau dokter yang kompeten dan tidak sembarangan.

Perlu konsultasi mendalam dengan dokter PRP apakah perlu atau tidak dilakukan PRP.

Plasma darah manusia kaya akan trombosit yang mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) serta sitokin.

Baca Juga: 4 Titik Area Akupuntur Wajah yang Bagus untuk Mencerahkan Kulit

Dengan menyuntikkan kembali ke dalam tubuh, plasma darah diharapkan dapat meningkatkan peremajaan kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Terapi plasma darah sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Tujuan awalnya untuk mempercepat penyembuhan gigi, kasus ortopedi, dan tindakan bedah plastik.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, terapi plasma darah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan wajah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm