Busana dan Tarian Minahasa Pukau Masyarakat Jepang di Indonesia Japan Friendship Day 2023

11 Agustus 2023 13:35 WIB
Indonesia Japan Friendship Day pada 5-6 Agustus 2023.
Indonesia Japan Friendship Day pada 5-6 Agustus 2023. ( )
 
 
Sonora.ID - Keindahan busana dan tarian asal Minahasa memukau warga Jepang yang hadir pada tiga kesempatan promosi seni, budaya dan pariwisata dalam rangkaian kegiatan Indonesia Japan Friendship Day 2023 di Kesennuma yang digelar dalam rangka peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.
 
Selama dua hari, pada 5-6 Agustus 2023 Tim Kesenian Kabupaten Minahasa yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Dolfie Janny Kuron, berhasil memukau ratusan warga Jepang yang hadir pada Parade Indonesia di Kesennuma Minato Matsuri, serta YEG Kesennuma Indonesia Matsuri (KMM). 
 
Busana dan Tarian Minahasa juga tampil apik pada makan malam penyambutan delegasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Walikota Kesennuma dan dihadiri oleh para pejabat setempat dan pebisnis di wilayah Kesennuma.
 
Kesennuma Indonesia Matsuri 2023 secara resmi dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara, serta sejumlah pajabat setempat lainnya.
 
Dalam sambutan pembukaan pada Sabtu, 5 Agustus 2023, Dubes RI menyampaikan harapan agar persahabatan Indonesia dan Jepang di tahun ke-65 ini semakin erat.
 
 
Dubes RI juga menyampaikan bahwa pada Parade Indonesia di KMM 2023, Indonesia secara khusus menampilkan seni dan budaya Minahasa, yaitu busana tradisional khas Minahasa, serta tari Kumandong.
 
"65 tahun hubungan Indonesia Jepang kita rayakan juga di kota Kesennuma Jepang. Tahun ini kita tampilkan tidak hanya parade kesenian dari Bali dan Jawa tetapi juga dari Minahasa. Festival yang sudah berusia 70 tahun merupakan cerminan dari persahabatan Indonesia - Jepang terutama persahabatan warga kedua negara," ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi dengan mengenakan baju adat Minahasa.
 
Turut hadir Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Atase Perhubungan Ikhsandy Wanto Hatta, Atase Imigrasi Arya Pradhana Anggakara, dan Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto.
 
Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi berkesinambungan Indonesia pada KMM 2023 dan berharap persahabatan warga Indonesia dan warga Kesennuma terus terjalin dengan baik. 
 
Pada Minggu, 6 Agustus 2023, usai pemotongan pita parade KMM 2023, Dubes RI bersama Ibu Nuning Akhmadi berkesempatan naik mobil terbuka mengikuti parade seni dan budaya Indonesia bersama warga negara dan diaspora Indonesia yang mengenakan pakaian nasional seperti Bali, Madura, Betawi, dan Minahasa.
 
Selain itu, sejumlah mahasiswi asing yang tertarik akan budaya Indonesia juga turut dalam Parade Indonesia, di antaranya mahasiswi asal Jepang, Tiongkok, dan Spanyol yang hadir mengenakan busana Jawa, betawi, dan Bali.
 
Ooba Rin seorang warga Jepang dari Toyo University mengaku senang berkesempatan mengenakan pakaian adat Indonesia dalam festival ini.
 
“Senang sekali karena bisa mencoba pakaian dan make up khas tradisional Indonesia. Dan saya ingin bergaul dengan orang orang Indonesia yang ada di Kesennuma,” ujarnya.
 
 
Hal yang sama dikatakan Sarah, warga Spanyol yang mengenakan busana adat Jawa Tengah mengaku senang dapat turut serta parade seni budaya Indonesia dalam festival ini.
 
Promosi Indonesia pada YEG Kesennuma Indonesia Minato Matsuri
 
Dalam rangkaian Kesennuma Minato Matsuri, di tempat terpisah berlangsung YEG Kesennuma Indonesia Minato Matsuri yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Tokyo dengan YEG Kesennuma.
 
Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas 65 tahun persahabatan Indonesia Jepang.
 
Dubes RI bersama Sdr. Hiroaki Kato berkesempatan menyanyikan lagu “Satu Hati” yang merupakan lagu tema perayaan 65 tahun Indonesia-Jepang.
 
Musisi Hiroaki Kato mengapresiasi pemilihan "Satu Hati" menjadi lagu simbol peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang. 
 
"Saya senang sekali lagu saya "Satu Hati" menjadi lagu untuk peringatan 65 tahun Indonesia Jepang. Semoga hubungan kedua negara semakin kuat dan bahagia. Terima kasih kepada KBRI Tokyo semoga kalian enjoy selalu dalam satu hati," pungkasnya.
 
Dalam rangkaian kegiatan IJFD ini KBRI Tokyo bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kesennuma, Young Entrepreneur Group (YEG) Kesennuma, serta Asosiasi Persahabatan Kesennuma Indonesia (APKI).
 
 
Parade Indonesia pada Kesennuma Minato Matsuri 2023 (KMM)
 
Kesennuma Minato Matsuri (KMM) diselenggarakan setiap tahun di Kota Kesennuma pada musim panas sejak 1951 untuk merayakan tangkapan hasil laut yang melimpah serta wisata laut yang aman.
 
Mulai 2003, festival ini selalu dibuka dengan parade budaya Indonesia yang menampilkan seni barong, ondel-ondel, reog, ogoh-ogoh, dan tarian bali di atas kendaraan hias. 
 
Dubes Heri juga berkesempatan bertemu dengan sekitar 30 Warga Negara Indonesia serta pengurus dan anggota Asosiasi Persahabatan Kesennuma-Indonesia serta perwakilan dari Japan Indonesia Association (JAPINDA).
 
Dalam kesempatan ini Dubes RI menyampaikan agar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Kesennuma dan sekitarnya saling menjaga dan menaati aturan setempat. 
 
Pelayanan dan Konsultasi Kekonsuleran & Sosialisasi Pemilu 2024 oleh PPLN Tokyo
 
Selain promosi seni dan budaya, KBRI Tokyo juga menggelar pelayanan kekonsuleran untuk WNI yang tinggal di wilayah Kesennuma dan sekitarnya. 
 
Tercatat 93 pelayanan paspor dan 87 pelayanan dan konsultasi kekonsuleran yang terdiri dari pelaporan perkawinan, konsultasi surat keterangan lahir, aplikasi surat pengantar nikah, konsultasi nikah, konsultasi KTP elektronik, legalisasi dokumen WNI, konsultasi ketenagakerjaan, dan lapor diri.
 
 
Pada kesempatan tersebut, hadir pula PPLN Tokyo yang melakukan pendaftaran Pemilu 2024 untuk 49 orang.
 
Sebelumnya pada Sabtu 5 Agustus 2023, bertempat di Dermaga Kesennuma, KBRI Tokyo menggelar sosialisasi kepelautan dan perpanjangan buku pelaut kepada ABK asal Indonesia yang bekerja di 3 unit kapal penangkap ikan Jepang. 
 
Kegiatan dimanfaatkan untuk berdialog dengan para ABK terkait isu kekonsuleran serta perpanjangan paspor.
 
Dilakukan pula peninjauan kelayakan barak dan tempat tinggal para ABK di Kesennuma oleh Atase Perhubungan dan Atase Imigrasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm