Kenang Jasa Mayjen Yudomo, Namanya Jadikan Nama Jalan di Karanganyar

11 Agustus 2023 16:30 WIB
Bupati Karanganyar resmi ganti nama jalan Slamet Riyadi jadi jalan Mayjen Yudomo
Bupati Karanganyar resmi ganti nama jalan Slamet Riyadi jadi jalan Mayjen Yudomo ( tribun news)

Penulis: Tegar Taryan

Solo, Sonora.ID – Kenang jasa Jendral Yudomo Sastrosuhardjo (SHD), Juliyatmono gelar upacara peresmian nama jalan di Kecamatan/Kabupaten Karanganyar pada hari Jumat (11/8/2023).

Juliyatmono mengganti nama jalan yang berada di depan rumahnya itu menjadi Jalan Mayjen Yudomo SHD. Sebelum diganti, nama jalan sebelumnya adalah jalan Slamet Riyadi.

Peresmian nama jendral bintang dua itu diselenggarakan dengan pemotongan tumpeng bersama keluarga besar Mayjen Yudomo. Lalu diikuti dengan Bupati Karanganyar beserta jajaran Forkompinda.

Lokasi peresmian itu tepat di depan rumah Almarhum Yudomo. Di sana dilakukan upacara pembukaan tirai plang nama jalan.

Baca Juga: Kabar Baik Warga Soloraya, Akhir Agustus Jembatan Jurug Kembali Dibuka

Bupati Karanganyar itu menjelaskan bahwa pergantian nama itu pantas dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap sang jendral sebagai pahlawan asli Karanganyar.

“Beliau saat masih kepemimpinan presiden BJ Habibie, pernah jadi Pagdam Udayana,” kata Juliyatmono.

Juliyatmono juga memberitahu bahwa almarhum Yudomo meninggal dunia pada tahun 1998 akibat kecelakaan helikopter setelah misinya meninjau situasi Timor Timur (yang sekarang menjadi Timor Leste).

Kakak dari Jenderal Yudomo, Soebroto Sartrosoehardjo mengaku ikut bahagia dan bangga dengan pengabadian nama jalan Kabupaten Karanganyar ini.

“Almarhum Yudo adalah kebanggaan kita, nama Yudo pemberian ayah kami, ia sudah menjadi Jendral Yudomo, Jenderal kita,” ucap Soebroto.

Soebroto sebenarnya tidak meminta nama adiknya diabadikan sebagai nama jalan. Namun Paguyuban Warga Karanganyar Surakarta (PWKS) yang mengusulkan ide tersebut.

Baca Juga: Solo Safari Bakal Tambah Wahana Rumah Hantu Demi Tarik Wisatawan

“Sebenarnya itu usulan Almarhum Hidayat, anggota PWKS. Beliau waktu itu mengusulkan putra-putri asli Karanganyar yang punya prestasi, namanya dapat dijadikan nama jalan di Karanganyar,” ujarnya.

Meskipun saat itu banyak nama yang diusulkan menjadi nama jalan pengganti Slamet Riyadi, hanya beberapa nama yang mempunyai data administrasi utuh, salah satunya adalah nama adiknya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm