10 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Tema

14 Agustus 2023 12:25 WIB
Contoh teks eksposisi singkat.
Contoh teks eksposisi singkat. ( )

Sonora.ID - Dalam belajar bahasa Indonesia, ada beragam jenis teks yang wajib dipahami dalam menyusun paragraf.

Teks eksposisi merupakan jenis paragraf yang mengharuskan siswa untuk menyelidiki suatu ide, mengevaluasi bukti, menguraikan ide tersebut, dan mengemukakan argumen mengenai ide tersebut dengan cara yang jelas dan ringkas. 

Contoh teks eksposisi akan dengan mudah kalian temui di mana saja seperti media sosial, artikel berita.

Berikut Sonora.ID rangkum contoh teks ekspoisisi yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas sekolah.

Contoh teks eksposisi 1: Proses membuat masker pepaya

Manfaat pepaya untuk wajah baik untuk mencerahkan kulit. Sebuah riset menemukan bahwa kulit kusam menjadi masalah yang menganggu kepercayaan diri dan masker pepaya bisa dijadikan solusinya.

Manfaat pepaya untuk memutihkan kulit sudah terbukti dan dijelaskan oleh enzim, vitamin A dan C dalam komposisi buah ini.

Healthline mengungkap penelitian, 12 persen asam laktat topikal dapat membantu memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Ini membuat kulit lebih kencang dan halus.

Manfaat masker pepaya untuk wajah:

1. Memperbaiki tekstur kulit Anda dan memberikan cahaya
2. Melembabkan dan menutrisi kulit Anda
3. Memberikan efek anti penuaan
4. Melawan jerawat
5. Mencerahkan kulit

Baca Juga: 2 Contoh Kata Sambutan Malam Renungan 17 Agustus Paling Menyentuh Hati

Cara mendapat manfaat buah pepaya untuk wajah:

- Haluskan beberapa potong buah pepaya kemudian campurkan dengan buah lemon.

- Aplikasikan pada bagian wajah dan diamkan selama 20 menit.

- Setelah itu, bilas hingga bersih.

- Perawatan ini bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit lebih lembap.

Contoh teks eksposisi 2: Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, diantaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi:

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan "Jum'at Bersih". Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi Bertema Fenomena Alam dan Strukturnya

Contoh teks eksposisi 3 Naik Kendaraan Umum atau Kendaraan Pribadi (Teks Eksposisi Pertentangan)

Tesis:

Kota besar seperti Jakarta identik dengan kemacetan. Setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jalanan Jakarta selalu dipenuhi kendaraan. Tidak mengherankan karena sebagai pusat bisnis. Banyak perusahaan yang berkantor disini. Hal ini mengakibatkan arus manusia banyak menuju Jakarta.

Sebagai pusat bisnis setiap hari mobilitas pekerja sangat tinggi. Sebagian dari mereka memilih naik kendaraan umum. Pekerja lainnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Jika kita melihat kondisi saat ini. Lebih banyak orang menggunakan kendaraan pribadi. Mengapa demikian? Karena kemacetan yang ada tidak pernah reda.

Pekerja yang menggunakan kendaraan umum. Merasa nyaman dan lebih efisien. Sementara pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi merasa angkutan umum belum layak dan belum nyaman.

Argumentasi:

Pengguna angkutan umum kebanyakan merasa sudah jenuh. Mereka lelah harus bermacet-macetan. Lebih baik menggunakan transportasi umum. Transportasi umum yang sering digunakan adalah KRL. Saat ini sudah ditambahkan MRT untuk wilayah Jakarta. Mereka sangat menikmati perjalanan. Walaupun terkadang harus berdesak-desakan. Secara tarif menggunakan angkutan umum lebih hemat.

Apalagi untuk para pekerja back office. Mereka hanya memerlukan transportasi dari rumah ke kantor. Waktu perjalanan juga bisa diukur ketika menggunakan angkutan umum. KRL contohnya, anda bisa sampai ke kantor sekitar 1-1,5 jam.

Pengguna kendaraan pribadi merasakan hal sebaliknya. Mereka merasa sangat nyaman naik mobil atau motor. Biaya perjalanan yang lebih mahal jika naik mobil. Rasanya tidak mereka hiraukan. Apalagi harus berjam-jam dalam kemacetan. Kenyamanan dan keamanan mereka rasakan lebih didapat. Ketika mengendarai kendaraan pribadi.

Ada juga sebagian yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan keperluan pekerjaan. Mereka harus berkeliling. Karena secara pekerjaan memang dituntut mobile.

Reorientasi:

Tentu pilihan pribadi masing-masing. Ketika menentukan akan naik kendaraan umum atau pribadi. Keduanya memang berseberangan namun kita tidak bisa meratakan. Keperluan seseorang berbeda dari yang lainnya.

Contoh teks eksposisi 4 Demokrasi (Teks Eksposisi Definisi)

Tesis:

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang melibatkan rakyat serta setiap rakyat memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan. Istilah demokrasi sudah ada sejak abad 16. Istilah demokrasi sendiri pertama hadir di negara Yunani. Dalam sistem awal demokrasi ingin menjadikan hilang sistem monarki.

Istilah demokrasi saat ini sudah menyebar di penjuru dunia. Rata-rata negara saat ini menggunakan sistem demokrasi. Karena kebanyakan pemimpin negara dipilih oleh rakyatnya.

Argumentasi:

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm