5 Teks MC Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 HUT ke 78 RI yang Sopan

14 Agustus 2023 18:20 WIB
Contoh teks pembawa acara atau MC malam tirakatan HUT ke 78 Republik Indonesia yang singkat, sopan, dan sesuai tema.
Contoh teks pembawa acara atau MC malam tirakatan HUT ke 78 Republik Indonesia yang singkat, sopan, dan sesuai tema. ( Kemensetneg RI)

Sonora.ID - Apa itu malam tirakatan? Malam tirakatan merupakan salah satu tradisi yang selalu digelar oleh masyarakat Jawa di tanggal 16 Agustus malam.

Acara malam tirakatan ini digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tradisi tirakatan bisa diartikan sebagai pencarian nilai-nilai kebenaran berupa nilai spirit perjuangan yang telah dilakukan para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Selain menjadi media untuk memperingati perjuangan para pahlawan, malam tirakatan dapat juga menjadi wahana refleksi diri memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang selalu diperingati pada tanggal 17 Agustus.

Malam tirakatan ini biasanya terdiri atas berbagai macam rangkaian acara seperti sambutan-sambutan, mengheningkan cipta, doa bersama, pembagian hadiah lomba, dan makan bersama satu kampung.

Untuk menggelar acara malam tirakatan ini tentu dibutuhkan peran seorang MC atau pembawa acara guna memandu dari awal acara hingga selesai.

Di bawah ini pun kami sajikan kumpulan contoh teks MC malam tirakatan untuk tanggal 17 Agustus 2023 nanti guna memperingati HUT ke-78 tahun RI, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 70 Soal dan Jawaban Cerdas Cermat 17 Agustus Tingkat SD Untuk HUT 78 RI

Teks MC Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 HUT ke 78 RI yang Sopan

Contoh 1

Assalamualaikum wr. Wb.

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du

Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah yang telah memberikan rahmat, nikmat, dan hidayahnya kepada umatnya, sehingga bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun umatnya dari zaman kegelapan menuju jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Yang terhormat Kepala Desa … Yang terhormat RT RW … Yang terhormat para tamu undangan dan semua hadirin yang berbahagia.

Hari ini, Rabu, 16 Agustus 2023 dilaksanakan malam tasyakuran sekaligus bersilaturahmi dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia atau Dirgahayu HUT ke-78 RI tahun 2023.

Sebelum menuju acara selanjutnya mari kita membaca basmalah bersama terlebih dahulu. Bismillahirrahmanirrahim.

Acara selanjutnya, yakni doa malam tasyakuran 17 Agustus dalam rangka HUT ke-78 tahun Indonesia. Doa akan dipimpin dan disampaikan oleh Bapak ..., kami persilahkan.

Sambutan pertama disampaikan Kepala Desa ..., kepada Bapak/Ibu ... dipersilahkan. ---Disampaikan– terima kasih Bapak/Ibu atas sambutannya. 

Sambutan kedua disampaikan RW ..., kepada Bapak/Ibu ... dipersilahkan. Disampaikan– terima kasih Bapak/Ibu atas sambutannya.

Sambutan kedua disampaikan RT ..., kepada Bapak/Ibu ... dipersilahkan. Disampaikan— terima kasih Bapak/Ibu atas sambutannya

Demikianlah acara tirakatan ini, selanjutnya yakni ramah tamah. Hadirin dipersilahkan untuk ambil suguhan yang sudah disediakan. Maaf jika ada kekurangan, mohon dimaklumi.

Sembari menikmati hidangan, mari kita saksikan penampilan dari Karang Taruna….

Terima kasih kepada Karang Taruna atas penampilannya. Berikutnya, saya selaku pembawa acara akan mengumumkan pemenang lomba 17 Agustus HUT ke-78 RI.

Kepada para pemenang dipersilakan untuk ke panggung guna menerima hadiah lomba.

Akhirnya, kita sampai di penghujung acara. Mari kita tutup acara malam tirakatan di tahun 2023 ini dengan bacaan hamdalah. Alhamdulillahi robbil 'alamin.

Saya selaku pembawa acara mohon pamit, mohon maaf jika ada kesalahan. Akhirul kalam, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Merdeka! Merdeka! Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia! Terus Melaju Untuk Indonesia Maju!

Contoh 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm