Contoh Essay Beasiswa Unggulan Singkat dan Cara Membuatnya

15 Agustus 2023 16:55 WIB
Contoh Essay Beasiswa Unggulan Singkat dan Cara Membuatnya.
Contoh Essay Beasiswa Unggulan Singkat dan Cara Membuatnya. ( )

Sonora.ID - Contoh essay beasiswa unggulan di bawah ini bisa kamu jadikan referensi ketika hendak menyusunnya sebagai syarat penerima beasiswa.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon penerima beasiswa, salah satunya dengan membuat essay beasiswa unggulan.

Contoh 1

Nama saya Gavira Palma, asal dari Yogyakarta dan lahir pada tanggal 21 April 2000. Sejak kecil, saya tinggal di lingkungan para pembudidaya kacang.

Hampir seluruh masyarakat di desa A ini, mempunyai kebun yang dikelola sebagai lahan untuk budidaya kacang. Hasil kebun kebanyakan dijual ke pasar atau ke pemasok saat panen tiba.

Namun, tidak sedikit juga banyak buah yang tidak berhasil terjual dan malah membusuk karena tidak dilakukan pengolahan lebih lanjut. Dikarenakan salah satu kerabat saya juga mempunyai masalah tersebut, saya merasa tergerak untuk ikut memberikan solusi akan masalah tersebut. Salah satu solusi yang terpikirkan dalam hal ini adalah mengolah buah jeruk tersebut untuk dijadikan makanan maupun minuman yang baik untuk kesehatan.

Hanya saja, saat ini saya merasa jika kapasitas saya untuk melakukan inovasi tersebut sangat terbatas. Ilmu dan pengetahuan yang saya miliki mengenai pengolahan makanan yang bergizi masih sangat minim dan perlu untuk dikembangkan. Untuk itu, langkah yang saya pilih untuk masuk jurusan teknologi pangan ini menjadi salah satu upaya saya untuk mengusahakan pemanfaatan hasil budidaya jeruk di lingkungan desa tempat saya tinggal. Saya ingin tidak ada lagi hasil budidaya yang terbuang sia-sia karena kurangnya pemasok.

Disamping itu, dengan bantuan beasiswa unggulan, saya percaya jika dukungan dana akademik tersebut akan memberikan motivasi terbesar bagi saya untuk melaksanakan studi dengan sungguh-sungguh, serta berkontribusi lebih lanjut untuk kemasalahatan masyarakat di sekitar.

Sejalan dengan tujuan akademik saya, sebelumnya saya juga pernah mengikuti seleksi untuk inovasi bahan pangan di tingkat nasional dan berhasil keluar sebagai juara tiga. Dengan pengalaman yang saya miliki tersebut, kiranya bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk diterima sebagai satu dari sekian banyak penerima beasiswa unggulan.

Tak lupa, saya mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas waktu Bapak/Ibu atas ketersediaan waktunya membaca essay saya dan akan menjadi sebuah kehormatan jika saya benar-benar terpilih sebagai penerima beasiswa unggulan.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm