Pesona Kolaborasi Insan Pendidikan Vokasi dalam Acara HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek

17 Agustus 2023 19:40 WIB
Pesona Kolaborasi Insan Pendidikan Vokasi dalam Acara HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek
Pesona Kolaborasi Insan Pendidikan Vokasi dalam Acara HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek ( Ditjen Vokasi Kemendikbudristek)
 
Sonora.ID - Kolaborasi antara para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek, alumnus SMK Paramitha 1 Jakarta, Novia Noval Bachmid, dan alumnus SMKN 11 Medan, Novia Anjelina Situmeang, memukau di Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 RI di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Kamis (17-08-2023).
 
Memperingati HUT ke-78 RI, Kemendikbudristek melaksanakan serangkaian acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Seluruh elemen di Kemendikbudistek dengan penuh antusias mengikuti serangkaian acara ini. Sorak-sorai dan gegap gempita terpancar pada perayaan HUT RI tahun ini.
 
Sejumlah acara hiburan digelar pada pelaksanaan Upacara HUT ke-78 RI. Pada tahun ini Peringatan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ini terdapat penampilan spesial dari insan-insan pendidikan vokasi. 
 
Tidak tanggung-tanggung, dua alumnus pendidikan vokasi yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol berhasil didatangkan untuk berkolaborasi dengan para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang tergabung dalam grup MUTU Orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek.
 
 
Kolaborasi seni pertunjukan ini cukup unik mengingat pemusik yang mengiringi kedua alumnus tersebut bukan berasal dari sekolah musik, tetapi berasal dari SMK yang notabene berbau teknik industri. Akan tetapi, background kompetensi keahlian yang dimiliki oleh para siswa SMK TI Muhammadiyah Cikampek ini bukanlah suatu penghalang untuk menghasilkan sebuah karya seni kolaborasi yang sangat spektakuler.
 
Tentunya untuk menghasilkan pertunjukan yang epik ini dibutuhkan kerja sama yang baik antarinsan pendidikan vokasi. Siswa Jurusan Teknik Sepeda Motor, SMK TI Muhammadiyah Cikampek, Hari Aditya, menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan pertunjukan orkestra ini tim nya membutuhkan waktu latihan selama empat hari. Mereka digembleng dengan kedisiplinan yang tinggi agar bisa menghasilkan sesuatu yang indah.
 
“Setelah kita dikasih tahu bahwa orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek berkesempatan untuk kolaborasi dengan dua penyanyi profesional di Kemendikbudristek tentu membuat kita tertantang sehingga tekanan dalam berlatih pun ditambah. Pada kesempatan ini tim orkestra mengiringi lima lagu. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena tidak nyangka anak desa bisa tampil di kementerian dan bisa berkolaborasi dengan dua penyanyi ternama,” ucap Aditya.
 
Alumnus SMKN 11 Medan sekaligus Top 6 Indonesian Idol 2023, Novia Anjelina Situmeang, menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama Novia bisa ikut terlibat dalam acara Peringatan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek. Kesempatan ini merupakan hal yang langka karena dirinya bisa mewakili siswa SMK di Indonesia untuk mengisi di acara ini.
 
“Deg-degan pastinya karena ini pertama kalinya saya mengisi di acara kementerian tetapi saya berusaha untuk memberikan yang terbaik supaya bisa mengharumkan nama pendidikan vokasi,” ucap Novia.
 
 
Novia juga menambahkan bahwa alasan dia mengambil Jurusan Musik di SMKN 11 Medan karena Novia memiliki cita-cita untuk menjadi pengajar seni. Ilmu yang didapatkan ketika sekolah sangat berguna dalam perkembangan kariernya saat ini.
 
“Pendidikan vokasi adalah tempat yang tepat untuk kita mengasah kemampuan diri. Apabila kita sudah tahu minat kita di mana tekuni hal tersebut dan percayalah ketekunan itu akan membawa kita pada keberhasilan,” ungkap Novia.
 
Sementara itu, alumnus SMK Paramitha 1 Jakarta, Novia Bachmid, menuturkan bahwa penampilan kolaborasi ini adalah pertunjukan yang unik karena dirinya bisa diiringi oleh orkestra SMK TI Muhammadiyah Cikampek yang pada tahun sebelumnya tim ini pernah mengikuti lomba dan Novia menjadi jurinya.
 
“Out of the box sangat luar. Apalagi, ini SMK yang jurusannya bukan musik tapi kok bisa mereka main alat musik. Saya sangat yakin dan percaya setiap orang pasti memiliki keahliannya masing-masing. Sebagai alumnus dari pendidikan vokasi, saya sangat senang bisa berkolaborasi dengan mereka. Pendidikan vokasi menurutku tempat untuk generasi muda dalam mewujudkan mimpinya karena vokasi itu bekerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha, ” ucap Novia.
 
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menyampaikan apresiasinya kepada insan-insan pendidikan vokasi. Dirjen Kiki mengungkapkan bahwa sumbangsih yang diberikan oleh mereka sangat berpengaruh pada animo masyarakat terhadap keberadaan pendidikan vokasi di Indonesia.
 
“Kami sangat antusias ketika kementerian menyampaikan kembali lagi ke pendidikan vokasi untuk mengundang anak-anak SMK untuk memeriahkan HUT RI di kementerian. Tahun ini siswa SMK juga ada yang diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo,” ucap Kiki.
 
Dirjen Kiki juga menambahkan peringatan HUT ke-78 RI ini merupakan momentum bagi pendidikan vokasi untuk menunjukkan inti kompetensi yang ada di vokasi.
 
“Kami sangat berterima kasih. Mungkin bagi adik-adik yang dikerjakan tidak seberapa, tetapi bagi kami apa yang dilakukan oleh adik-adik siswa SMK maupun alumni SMK itu membawa hal yang baik bagi seluruh SMK di Indonesia. Sekali lagi terima kasih untuk prestasi yang sangat luar biasa bagi Indonesia,” ucap Kiki. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm