10 Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Tema dan Strukturnya

18 Agustus 2023 13:25 WIB
10 Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Tema dan Strukturnya.
10 Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Tema dan Strukturnya. ( )

Sonora.ID - Berikut adalah contoh teks eksplanasi dalam bahasa Indonesia berbagai tema yang bisa kamu pelajari sebagai referensi untuk tugas sekolah.

Pengertian Teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi, baik peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Melansir buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Kelas X, XI, XII oleh Tomi Rianto, ciri-ciri teks eksplanasi adalah adanya hubungan sebab akibat dalam teks, adanya penjelasan ilmiah yang sistematis, dan memaparkan urutan kejadian peristiwa.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat yang Paling Menginspirasi

1. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan bencana alam yang mengakibatkan getaran atau guncangan hebat pada bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang dekat dengan gunung berapi pasif maupun aktif, dan juga pada pulau yang dikelilingi oleh lautan luas.

Sebab Akibat

Gempa bumi terjadi karena pergeseran atau gerakan lapisan dasar bumi dan juga letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat, hanya dalam hitungan menit dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak, dan mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori Tektonik Plate menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak bergerak sangat lambat, sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. Itulah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik.

Interpretasi

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Meski begitu, gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pasifik. Daerah yang dikenal dengan lingkaran api karena terdapat banyak gunung berapi.

Baca Juga: 10 Contoh Cerita Rakyat Menarik dari Berbagai Daerah di Indonesia

2. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan peristiwa alam dimana aliran air berlebih memenuhi daratan yang dapat menghanyutkan benda di sekitarnya, hingga menenggelamkan rumah. Umumnya, banjir terjadi secara mendadak dan alirannya berlangsung sangat deras.

Sebab Akibat

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir terjadi di suatu wilayah. Penyebab utama banjir adalah curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan sungai tidak mampu menampung kapasitas air yang berlebih. Selain curah hujan, banyaknya sampah yang menumpuk akibat buang sampah sembarangan juga menyebabkan aliran air terhambat, dan air meluap ke daratan.

Penyebab lainnya bisa muncul karena adanya pengecoran jalan tanpa dibuatkan saluran air, sehingga tanah yang dicor tidak dapat menyerap air hujan. Akibatnya, air akan menggenang dan menyebabkan banjir.

Interpretasi

Oleh karenanya, pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, terutama bagi mereka yang tinggal disekitar kali dan sungai. Untuk mencegah banjir bisa diwujudkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, bukan membuangnya ke sungai.

3. Teks Eksplanasi Sampah

Pernyataan Umum (Pembuka)

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat dengan Tema HUT RI Ke 78

Sampah merupakan salah satu benda yang sudah tidak digunakan atau dimanfaatkan lagi. Keberadaan dari sampah sendiri sangatlah mengganggu, khususnya dari kesehatan masyarakat yang ada di sekitar. Jenis sampah sendiri dibagi menjadi dua, pertama adalah sampah organik dan kedua adalah sampah non-organik.

Sampah organik merupakan sampah yang dapat terurai oleh bakteri dengan sangat mudah. Contoh dari sampah organik di sini adalah sayuran, daun yang sudah kering dan berbagai jenis makanan yang sudah basi.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm