Karnaval Semarak Merah Putih Khatulistiwa Berlangsung Meriah

20 Agustus 2023 12:05 WIB
Karnaval Semarak Merah Putih Khatulistiwa 2023
Karnaval Semarak Merah Putih Khatulistiwa 2023 ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Masih Dalam suasana Peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -78, Pemerintah Provinsi pada sabtu (19/8/2023), menggelar acara Karnaval dan Aneka Perlombaan yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Semaraknya Karnaval yang menampilkan budaya yang menyatu dalam keragaman 24 Etnis serta penampilan Drumband dari peserta IPDN Kalbar dan Pelajar SMA/SMK dan Madrasah Aliyah Se Kalimantan Barat dan juga pameran Alutsista dari TNI/POLRI, turut serta mewarnai Karnaval yang digelar dengan rute dari halaman Kantor Gubernur Kalbar menuju GOR Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, yang dimulai tepat pukul 07.00 wib pagi. 

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson,M.Kes, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., turut serta mengikuti Pawai Karnaval Peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023.

Baca Juga: KPU Kalbar tetapkan 937 bakal calon anggota DPRD pada Pemilu 2024

Dengan dilepas oleh Gubernur Kalimantan Barat, pawai Karnaval pun mulai bergerak beriringan dengan menampilkan berbagai atraksi dan pakaian adat serta kreasi dan buah karya dari para peserta, mulai dari pakaian tradisional dan pakaian kontemporer, penampilan kesenian khas yang dipamerkan untuk memperkenalkan keanekaragaman yang ada di Kalbar tapi tetap dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalimantan Barat menerangkan bahwa pelaksanaan Karnaval itu, merupakan ide dari Pangdam XII Tanjungpura, dimana mulanya akan diadakan Pawai Budaya seperti biasanya. Namun berkembang, dan disepakati menjadi Karnaval Merah Putih, agar lebih meriah dan semarak.

"Kita juga menggerakkan para Pelajar-pelajar namun ada yang masih libur sehingga pesertanya terbatas. Tapi bisa dilihat, komunitas - komunitas juga tak kalah semangat. Ini penting, untung menumbuhkan persatuan dan kesatuan", ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Kalbar Buka Muktamar POM Kalbar

Dirinya menambahkan, acara kemeriahan kemerdekaan tahun ini juga akan ditutup dengan panggung rakyat yang diselenggarakan di halaman depan Kantor Gubernur.

"Besok juga ada agenda lainnya dari Perbankan juga dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 78 Tahun 2023, jadi untuk tahun ini lumayan padat agenda kegiatannya. Tak lupa saya sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan ini", imbuhnya.

Usai pelaksanaan Karnaval, Gubernur Kalimantan Barat beserta Istri kemudian beranjak menuju galeri Hutan Pendopo untuk meresmikan Gazebo Kantor Gubernur, Jogging Track Hutan Pendopo Gubernur dan Coffee Shop Galeri Hasil Hutan by Aming Coffee. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm