32 Contoh Soal ANBK SMK Kelas 11 Literasi dan Numerasi beserta Jawaban

21 Agustus 2023 09:18 WIB
Contoh Soal ANBK SMK Kelas 11 Literasi dan Numerasi beserta Jawaban
Contoh Soal ANBK SMK Kelas 11 Literasi dan Numerasi beserta Jawaban ( )

Sonora.ID - Simak contoh soal ANBK SMK Kelas 11 literasi dan numerasi lengkap beserta kunci jawabannya berikut ini.

ANBK, singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Nasional, merupakan program evaluasi yang dilakukan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Asesmen ini dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi murid serta meningkatkan mutu pendidikan, demikian dikutip dari laman Pusmendik Kemdikbud.

ANBK dilakukan pada setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang menengah untuk kelas V SD, VIII SMP, dan XI SMA/K.

Baca Juga: 20 Contoh Soal PPPK Kompetensi Manajerial dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal ANBK SMK Kelas 11

Sebagai bentuk latihan bagi kamu yang berada di jenjang kelas 11, berikut ini contoh soal ANBK literasi dan numerasi.

Perlu diperhatikan bahwa soal nomor 1-22 adalah soal literasi, sementara nomor 23-32 adalah soal numerasi.

Sejarah Glokalisasi

Glokalisasi adalah gabungan antara kata global dan lokal yang kemudian mendapatkan imbuhan -isasi untuk menunjukkan sebuah proses. Dalam dunia bisnis, kata tersebut digunakan untuk menyebut adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual. Dengan kata lain, glokalisasi mendeskripsikan hasil penyesuaian lokal terhadap tekanan global.

Ada satu jargon yang sangat populer dalam glokalisasi, yaitu Think Globally Act Locally! Jargon tersebut bermakna bahwa masyarakat sudah harus berpikir secara mendunia, tetapi tetap tidak melupakan kebudayaan-kebudayaan lokal yang telah membentuknya.

Istilah glokalisasi dipopulerkan oleh Roland Robertson pada tahun 1977 dalam konferensi "Globalization and Indigenous Culture" sebagai suatu konsep yang menekankan bagaimana proses-proses global disesuaikan dengan penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal. Jadi, ada kekuatan global dan lokal yang saling mempengaruhi secara dinamis dan kompleks.

1. Apa yang dimaksud dengan glokalisasi?

Jawaban: Glokalisasi adalah adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual ATAU Glokalisasi adalah proses-proses global dipengaruhi atau ditumbangkan oleh penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal.

2. Berikut yang bukan definisi dari glokalisasi adalah ...

a. Perpaduan antara konsep lokal dan global
b. Berpikir secara global, bertindak secara lokal.
c. Berpikir secara mendunia dan mengorbankan kebudayaan lokal
d. Proses global dipengaruhi oleh nuansa lokal
Jawaban : C

Baca Juga: 15 Contoh Soal Deret Aritmatika, dengan Pembahasan dan Jawabannya

3. Apa yang dimaksud dengan jargon?

Jawaban: Jargon adalah kosakata khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan) tertentu

Mengapa Terjadi Glokalisasi

Kata glokalisasi muncul tidak dapat terlepas dari adanya globalisasi, yaitu kondisi ketika orang-orang dan negara-negara di dunia semakin terkait sehingga saling memerlukan dan memengaruhi dalam berbagai bidang. Akan tetapi, tidak semua hal yang berasal dari negara lain dapat diterima di negara sendiri.

Manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal, termasuk penyesuaian terhadap produk-produk di dunia. Selain itu, manusia juga tidak dapat dipengaruhi dengan adat yang tidak ada di sekitar mereka. Penyesuaian ini diperlukan agar masyarakat lokal tetap menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak kehilangan identitas lokalnya.

Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi. Glokalisasi juga terjadi pada banyak bidang di kehidupan manusia, misalnya kuliner, fesyen, teknologi, hingga musik. Adaptasi dari kebudayaan global, tetapi tetap memberikan nuansa lokal adalah langkah yang dilakukan dalam proses glokalisasi.

4. Mengapa terjadi glokalisasi?

Jawaban: Glokalisasi terjadi karena manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal; manusia ingin menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak ingin kehilangan identitas lokalnya.

5. Apa maksud dari pernyataan masyarakat lokal tetap menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak kehilangan identitas lokalnya?

Jawaban: Masyarakat bisa merasakan dampak globalisasi, tetapi masih tetap dekat dengan nuansa lokal

Baca Juga: 40 Contoh Soal Cerdas Cermat 17 Agustus Tingkat SMP beserta Jawabannya

6. Kapan glokalisasi muncul?

Jawaban: Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm