Kembangkan Potensi Tanaman Obat, Mahasiswa KKN 108 UNS Sosialisasikan Pembuatan Jamu Seduh Jahe Merah

22 Agustus 2023 13:45 WIB
Kembangkan Potensi Tanaman Obat, Mahasiswa KKN 108 UNS Sosialisasikan Pembuatan Jamu Seduh Jahe Merah
Kembangkan Potensi Tanaman Obat, Mahasiswa KKN 108 UNS Sosialisasikan Pembuatan Jamu Seduh Jahe Merah ( Sonora)

Karanganyar, Sonora.ID - Sepuluh mahasiswa Universitas Sebelas Maret UNS yang tergabung dalam satu Tim KKN UNS 108 periode Juli-Agustus 2023 telah melakukan sosialisasi pembuatan jamu seduh yang terbuat dari salah satu tanaman obat yaitu jahe merah sebagai pengoptimalan potensi pada tanaman obat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di rumah salah satu warga Tuban Lor, Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Peserta dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu kader posyandu Dusun Tuban Lor.

Program kerja utama sosialisasi pembuatan jamu seduh ini merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan mengedukasi masyarakat sekitar mengenai manfaat tanaman obat dan cara mengolah tanaman obat tersebut menjadi produk jamu sebagai peluang usaha. Sosialisasi ini juga dipertimbangkan dengan alasan peminat pengguna tanaman obat yang meningkat di kalangan masyarakat.

Dalam sosialisasi ini juga membagikan leaflet mengenai jenis jenis jahe, kandungan jahe merah, keunggulan membuat jamu seduh dan resep jamu seduh jahe merah kepada peserta. Jamu seduh jahe merah yang dibuat ini terbuat dari jahe merah, sereh, daun pandan, dan gula yang dimasak lalu mengental hingga membentuk serbuk.

Baca Juga: Viral, Gibran Kenakan Seragam Jukir Pimpin Pawai Pembangunan Solo

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat sekitar Tuban Lor tentang pembuatan jamu seduh dari jahe merah sebagai minuman tradisional dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Dapat mengetahui kandungan dari jahe merah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh,” ungkap salah satu peserta sosialisasi.

Pada sosialisasi ini terlihat para peserta dengan cepat dan mudah memahami tahap-tahap pembuatan jamu seduh karena selain bahanya yang mudah didapat juga cara pembuatan jamu yang sangat sederhana dan mudah. Sosialisasi pembuatan jamu ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari ibu-ibu kader posyandu Dusun Tuban Lor.

Hasil dari program kerja sosialisasi pembuatan jamu ini adalah ibu-ibu kader posyandu Dusun Tuban Lor mampu membuat jamu seduh dari jahe merah sebanyak 25 kemasan lengkap dengan brandingnya. Sosialisasi ini diikuti oleh peserta sebanyak 10 orang pada saat praktik langsung dan ditutup langsung dengan pemberian doorprize sebagai tanda partisipasi yang cukup tinggi oleh peserta sosialisasi.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Dusun Tuba Lor khususnya ibu-ibu kader posyandu mampu memanfaatkan dan membuat jamu seduh dari salah satu tanaman obat yaitu jahe merah secara mandiri dengan baik. Selain itu, diharapkan masyarakat juga dapat meningkatkan kesejahteraan dengan menjadikan jamu seduh sebagai sebuah produk usaha dengan nilai jual tinggi.

Penulis: Zulfana Syadida

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm